Review

Inilah Bisnis yang Tengah Dirintis dan Dikembangkan oleh Para Pemain Preman Pensiun





Mungkin tidak terpikirkan oleh Anda, jika dalam adegan-adegan sinetron Preman Pensiun ternyata banyak kesamaan antara cerita dengan kenyataan. Hal ini antara cerita dengan kehidupan sehari-hari para pemain. Misalnya, kisah Diza yang baru lulus SMA dan sedang sibuk les belajar. Memang, dalam kehidupan asli Diza baru lulus SMA. Tak terkecuali kisah seputar wirausaha, misalnya cerita Jupri yang jualan sepatu. Memang keluarga Jupri alias Dicky Satria menekuni jualan sepatu. Termasuk dia sendiri dulu biasa jualan sepatu.

Kini, jangan heran jika para pemain Preman Pensiun memang tak sedikit yang terjun menekuni dunia wirausaha. Ya, di balik talenta seni peran ternyata mereka pun punya talenta lain dalam bidang enterpreneur. Penasaran apa saja usaha mereka yang sedang mereka jalankan atau tengah dirintis? Berikut ini informasinya.

1. Usaha Toko Clothing Dikdik (Andra Manihot)
Pemeran preman Dikdik ini tengah mengembangkan usaha membuka gerai kaos. Bersama rekan-rekannya, ia membuka distro dengan dengan nama Dik'Store. Ia menjual aneka kaos dan aksesoris busana di Jalan Katapang no. 12, Jln. Gatot Subroto, Bandung. Menurut Andra, ia untuk sementara menyediakan gerai dan barang-barangnya diisi melalui sistem kerja sama dengan rekan-rekannya. Salah satunya dengan para pelaku usaha clothing di Parahyangan Plaza. Bagi Anda yang penasaran ingin tahu tentang produk apa saja yang dijual di clothing yang dikelola Andra Manihot bisa berkomunikasi melalui jejaring media sosial akun Instagram: @andarmanihot99, Twitter: @andramanihot, Line: @andramanihot, E-mail: salapan_9@ yahoo.com.

2. Usaha Busana Muslim Emak (Hj. Isye Sumarni)
Pemeran Emak, mertua Kang Mus ini sudah lama menekuni bisnis busana muslimah. Emak biasa berjualan dengan jaringannya di komunitas yang ia kelola. Bahkan, baru-baru ini ia mengadakan pameran busana muslim di sebuah hotel di bilangan Jalan Peta Bandung. Menurut penuturan Emak kepada tim www.wisatabdg.com, ia menjalani bisnis ini sebagai upaya mediasi pemberdayaan masyarakat. Kebetulan teman-temannya banyak yang sudah mapan plus selalu mengadakan kegiatan rutin. Oleh sebab itu, hal ini dimanfaatkan untuk saling memberdayakan jiwa wirausaha di kalangan anggota.

3. Usaha Makanan dan Busana Ceu Edoh ( Nining Yuningsih)
Nining Yuningsih alias Ceu Edoh memang sudah lama menjalani wirausaha. Bersama keluarganya, ia menapaki usaha kantin di Pasar Baru Bandung. Letaknya di basement pasar terbesar di Kota Bandung tersebut. Selain itu, di daerah terusan Jalan Buah Batu tepatnya di dekat Pasar Kordon, ia mendirikan usaha pakaian anak dan bayi. Ia pun kini sedang merintis usaha jualan keripik singkong kering alias sampeu garing dengan label "Somering Ceu Edoh".

4. Usaha Sepatu Handmade Ujang Rambo Bojongsoang (Fajar Khuto)
Pemeran Ujang Rambo Bojongsoang di sinetron Preman Pensiun ini tengah merintis usaha sepatu kulit handmade. Ia bekerja sama dengan teman-temannya dalam produksi sepatu kulit eksklusif tersebut. Ia kini aktif menawar-nawarkan produknya di media jejaring sosial. Anda bisa melihat contoh produknya di Twitter:  @fajarkhuto atau Instagram: @fajarkhuto.

5. Usaha Batu Akik Bos Jamal (Ikang Sulung)
Bagi Anda para penggemar berat batu akik, cobalah sekali-kali untuk berdiskusi dengan Ikang Sulung. Untuk urusan batu alam ini, pemeran Bos Jamal ini memang sedang concern dalam bidang usaha batu akik. Preman dengan style ala koboy Bandung ini kini banyak beraktivitas dengan komunitas batu akik khususnya di wilayah Bandung dan Jawa Barat. Ia pun gencar mengadakan event pameran batu akik di berbagai tempat bersama komunitas-komunitas lainnya. Ia pun kini tengah bekerja sama dengan produsen kaos clothing di salah satu branded kaos ternama di Kota Bandung.

6. Usaha Clothing Bohim (Kristiano Purwo)
Bagi Anda penggemar Bohim, si preman bertato ini bisa mengunjungi gerai clotihing yang ada di Cigending, Ujungberung, Bandung. Inilah usaha yang nyambung dengan peran Bohim di Preman Pensiun, dimana ia memang diceritakan sedang belajar menyablon. Ia ingin mendirikan clothing. Dan kini, usaha tersebut benar-benar nyata di kehidupannya sendiri dengan didirikannya "Bohim Clothing".

Penasaran dengan aktivitas usaha pemain lainnya? Tunggu saja kabara selanjutnya. Kami akan menyajikan update informasi mengenai usaha yang tengah dikembangkan atau dirintis oleh para pemain Preman Pensiun.