Review

Inilah Tempat Wisata Primadona di Bandung Saat Libur Lebaran





Kesempatan libur Lebaram ini biasa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk berwisata. Tak terkecuali untuk warga Bandung dan seputaran kota lain (Jakarta, Bogor, Garut, dsb) yang sengaja datang ke Bandung. Berikut ini beberapa tempat yang biasa yang biasa banyak dikunjung oleh para wisatawan lokal.

1. Kebun Binatang Bandung

Ini masih menjadi tempat favorit pengunjung khususnya warga Bandung. Liburan melihat-lihat binatang di sini selain murah meriah juga cocok untuk anak-anak atau keluarga yang ingin bersantai. Ya, walaupun harga tiket masuk setiap lebaran pasti naik. Untuk libur lebaran tahun ini, ada sedikit perubahan pada harga tiket. 

Jika pada tahun lalu tidak ada peningkatan harga tiket, pada libur lebaran tahun ini terjadi peningkatan harga tiket masuk sebesar Rp 5 ribu. tiket dari Rp 20 ribu menjadi Rp 25 ribu plus premi Rp 1.000. Jadi, Rp 26 ribu per orang. Dalam menyambut libur Lebaran 2015, Kebun Binatang Bandung menyiapkan tiket hingga 200 ribu lembar. Hal tersebut untuk mengantisipasi jumlah pengunjung yang membludak, terutama pada H+2 hingga H+3 Lebaran.

Dari total 900-an binatang yang terdapat di Kebun Binatang Bandung, Kuda Nil merupakan jenis binatang yang paling menyedot perhatian. Terlihat cukup banyak pengunjung yang datang dan memperhatikan binatang bertubuh besar ini.  Namun pihak Kebun Binatang Bandung tidak menyelenggarakan event foto bersama satwa. Loket penjualan tiket tetap dibuka sejak pukul 07.30 WIB dan ditutup pada 16.00 WIB. Akan tetapi area kebun binatang tetap dibuka hingga pukul 18.00 WIB.

2. Lembang dan Tangkuban Parahu

Tangkuban Perahu, Floating Market, Dusun Bambu, Kampung Gajah, Imah Seniman, ataupun Curug Cimahi masih menjadi destinasi wisata favorit. Liburan Lebaran 2015, kawasan Lembang dipadati wisatawan lokal maupun luar kota yang berkunjung ke kawasan Lembang pada hari kedua lebaran (H+1). Padatnya lalu lintas ke arah Lembang, membuat pihak kepolisian melakukan sistem buka tutup jalur yang masuk ke kawasan lembang. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir kemacetan yang biasa mengular sampai terminal Ledeng Bandung

Berdasarkan pantauan, penumpukan kendaraan terdapat di berbagai jalur dari/ke Lembang dan Cisarua, yakni Jalan Raya Lembang, Jalan Sersan Bajuri, Jalan Panorama, Jalan Kolonel Masturi, Jalan Cihanjuang, maupun Jalan Tangkuban Perahu. Di Jalan Raya Lembang, mobil-mobil yang akan ke Lembang bahkan sudah mulai mengular dari Jalan Cipaganti, Kota Bandung. Kondisi serupa terjadi di Jalan Kolonel Masturi, terutama di sekitar pertigaan Beartrix hingga Polsek Cisarua karena banyak wisatawan yang hendak ke Dusun Bambu.

3. Wisata Bandung Selatan

Ciwidey masih menyimpan magnet pesona alam yang menarik para pengunjung. Tak sedikit masyarakat setelah silaturahmi hari H Lebaran, langsung tancap gas ke arah selatan Bandung ini. Kemacetan biasa terasa dari arah Sayati, Soreang, dan tentunya di Ciwidey. Lokasi wisata Kawah Putih, Cimanggu, Ciwalini, Situ Patenggang, atau perkebunan teh masih menjadi objek wisata yang biasa digunakan latar untuk foto selfie. Seperti halnya tempat wisata lain, pada musim liburan pun harga tiket masuk biasanya mengalami kenaikan harga.

4. Tempat Wisata Belanja dan Kuliner

Selain tempat-tempat tersebut, kawasan pusat kota pun biasanya ramai. Terutama di Jalan LLRE Martadinata/Jalan Riau, Jalan Dago, atau seputaran Jalan Dr. Setia Budhi. Wisatawan biasa mencari tempat belanja atau tempat makan. Bagi wisatawan dari Jakarta biasanya plus dengan menginap di hotel, villa, apartemen, atau guest house yang tersebar di beberapa titik di Kota Bandung.