Review

Mobile Masjid: Sarana Mempermudah Umat Melaksanakan Salat





Bagi yang akan melaksanakan salat, ketika di keramaian, semisal event, untuk mencari tempat representatif  adalah hal yang kadang sulit. Hal ini dari mulai mencari masjid yang kadang jauh dari lokasi, air wudu yang sulit tersedia atau campur dengan toilet, hingga untuk kaum muslimah yang harus menggunakan mukena. Inilah situasi dimana aspek ibadah kadang menjadi hal yang seakan sulit dilaksanakan. Maka, tak sedikit jika sebagian orang memilih untuk tidak salat.

Sekarang, keadaan tersebut ada solusinya. Selasa, 16 Juni 2015, di Bandung telah hadir masjid portable hasil rereongan amal umat. Namanya mobile Masjid, yang hadir berkat kerja sama Yayasan Rumah Zakat dan Yayasan Masjid Nusantara. Yayasan Masjid Nusantara (YMN) adalah institusi pembangun dan pengembang masjid profesional, mengajak masyarakat untuk mendirikan masjid.

Fasilitas Mobile Masjid
Masjid portable ini keberadaan dan bentuknya bisa disesuaikan. Masjid itu menyesuaikan di mana keramaian itu digelar. Anda yang ingin melaksanakan solat tak akan kesulitan untuk menggunakan sajadah, mukena, sarung, tempat wudlu, bahkan sandal capit sekalipun. Semua fasilitas dan perlengkapan untuk salat tersebut ada ada di dalam Mobile Masjid. Bahkan untuk kegiatan salat Jumat pun bisa dilaksanakan dengan Mobile Masjid ini, dimana syarat jumlah jamaah lebih dari 40 orang.

Mobile Masjid dapat siap dipergunaka kurang dari setengah jam. Anda pun bisa menunaikan rukun Islam kedua ini dengan khusyu. Fasilitas sajadah yang ada di Mobile Masjid ini berkapasitas sampai 70 orang. Sampai imam salat pun siap memimpin jamaah salat. Untuk pendukung pengeras suara, soundsystem siap telah juga dipersiapkan. Selain itu, Mobile Masjid ini pun menyediakan layanan kalibrasi kiblat.

Bukan hanya penyediaan masjid portable, YMN juga memiliki program Tebar 10.000 Mukena untuk Indonesia, Renovasi Masjid, THR untuk Marbot, dan Takjil on The Road. Kegiatan sosial ini tiada lain sebagai upaya pemberdayaan umat.  Mobile Masjid tujuannya memudahkan umat muslim menjalankan salat saat berada jauh dari tempat ibadah. Ke depan event-event besar, salah satunya di sekitar stadion saat pertandingan Persib digelar. Para bobotoh bisa melaksanakan solat di Mobile Masjid ini.

Sementara pada bulan Ramadhan 1436 H/2015 M ini, YMN menargertkan Mobile Masjid ini beroperasi di 30 titik di Kota Bandung. Dengan "komandan" Muhammad Sobirin bersama lima rekan kerjanya, Mobile Masjd ini beraktivitas mulai salat asar hingga salat magrib.

Inilah informasi seputar Yayasan Masjid Nusantara (YMN) atau jika Anda ingin shodaqoh silakan kontak:

Yayasan Masjid Nusantara
Jalan A.H. Nasution no. 131 Bandung
Tlp. (022) 616 666 65
Mobile: 0851-0766-6665
WA : 0851-0766-6665
BB : 2B40488A
Email : welcome@masjidnusantara.org

Rekening Donasi
Bank Mandiri Syariah
706 6116 616
(Yayasan Masjid Nusantara)
Bank Mandiri
131 001 0933 135
(Yayasan Masjid Nusantara)
Bank Muamalat Indonesia
1080005817
(Yayasan Masjid Nusantara)