Review

Preman Pensiun 2 Tamat Lebaran 2015





Gasboy (Dicky) @GasboyMrbeat:
Kang pp2 bade tamat tos lebaran bener???? @aris_nugraha

Aris Nugraha ‏@aris_nugraha:
Iya. Selasa shooting hari terakhir PP2

Itulah percakapan virtual antara penggemar dan sutradara sekaligus penulis skenario sinetron Preman Pensiun, Aris Nugraha. Sinetron karya ANP Production ini telah menjadi favorit masyarakat dari awal tayangnya di season 1 hingga season 2 sekarang. Rating tayangan sitkom ala Bandung ini pun tetap moncer di urutan teratas. Tayangan fresh dan tayangan ulangnya mendominasi acara-acara di layar kaca.

Kini menjelang akhir bulan Ramadhan, sinetron ini akan berakhir masa tayangnya. Pada Selasa, 14 Juli 2015 sinetron ini akan shooting terakhir. Begitu penjelasan dari sang sutradara. Maka, masyarakat pun akan segera kehilangan tayangan yang selama ini menjadi balad ngabuburit. Lebih dari itu, tayangan sinetron ini telah mematri dengan adanya keterikatan emosi dengan masyarakat. 

Sosok Kang Bahar, Bos Jamal, Komar, Ubed, Pipit, Murad, Dewi, Saep, Jupri, Ujang, dan tokoh lainnya telah menjadi idola bagi masyarakat pecinta tayangan sinetron komedi. Lebih dari itu, untuk warga Bandung dan Jawa Barat sendiri, kehadiran para tokoh di sinetron ini menjadi trend baru. Penggemar dari awal tayangan sinetron ini banyak yang sengaja datang ke basecamp Preman Pensiun, dari awal di Hotel Lodaya, Hotel Sebelas, hingga terakhir di Rizh Garden Hotel Jalan Talaga Bodas no. 6 Bandung. 

Berharap ada Film, FTV, atau Season 3 Preman Pensiun

Rasa kehilangan terlihat dari komentar-komentar para penggemar khususnya di media sosial Twitter, Instagram, dan Path. Mereka seakan "tak rela" sinetron ini hanya sampai season 2. Masyarakat banyak yang berharap sinetron ini dibuat versi film atau minimal versi FTV. Masukan-masukan tersebut merupakan bukti bahwa sinetron ini masih tetap diminati. Namun, ada juga masyarakat yang menginginkan sinetron ini tak lantas jadi lebay atau ikut-ikutan latah seperti sinetron kebanyakan. Dimana konsep aji mumpung biasanya diterapkan karena sedang laku. Namun, kiranya hal ini tak akan berlaku bagi Kang Aris. 

Untuk sinetron Preman Pensiun jilid 2 ini juga, Kang Aris tetap akan berhenti dengan alasan yang di-share Tweet oleh Kang Dodi Sanjaya berikut:

Preman Pensiun masih top program, masih ditunggu penonton, tapi mau stop dulu. Sebab saya mau lebaran dulu, terus liburan dulu. Da saya mah apa atuh, cuman seniman, bukan buruh pabrik, harap maklum. - Aris Nugraha, Penulis dan Sutradara

Lantas, apakah nanti ada kelanjutan season 3? Berikut ini pernyataan dari sang sutradara dari timeline akun Twitter Kang Aris Nugraha.

@asenkhoe:
@aris_nugraha @dodisanjaya bikin dunk #PremanPensiun season 3, sayang kalo dipensiunkan...

@aris_nugraha:
mudah-mudahan ada PP3