Review

Inilah Mitos di Situ Ciburuy





Selain menjadi lokasi wisata dan latihan atlet Dayung, Situ Ciburuy menjadi tempat penampungan air dari beberapa kawasan di sekitar Padalarang. Situ Ciburuy kini mulai dilakukan penataan, antara lain dengan jalan masuk yang bagus hingga ke tepi danau, bangunan d itengah danau yang dilengkapi dengan kedai-kedai makanan dan minuman, buah-buahan, cenderamata, pentas kesenian, rumah makan dan fasilitas untuk berperahu. Di danau ini biasa selalu ada pengunjung, ada yang olah raga dayung, ada yang mancing, ada juga yang hanya duduk-duduk dipinggir danau sambil menikmati pamandangan

Situ Ciburuy dari dulu mempunuai mitos antara lain:
1. Konon pada saat-saat tertentu, sering mucul pusaran air di tengah-tengah situ tersebut.
2. Ikannya susah dipancing dan hanya pribumi setempat yang bisa menancing ikannya. Konon ada kepercayaan bahwa di Situ Ciburuy terdapat ikan mas raksasa yang dipercaya sampai saat ini masih ada di danau tersebut. Ikan tersebut kira-kira sebesar pintu dan tubuh ikan tersebut dipenuhi lumut, beberapa warga yang sering menjala ikan pernah melihat penampakan dari ikan mas tersebut.
3. Ada mitos kalau ada pasangan yang pacaran di Situ Ciburuy maka hubungannya tidak akan langgeng.

Pulau di Tengah Situ Ciburuy
Di wilayah Situ Ciburuy ada bagian tidak terendam di bagian tengah danau, hingga membentuk seperti pulau kecil di tengah danau. Daratan itu yang sekarang juga sering menjadi tujuan pengunjung Situ Ciburuy saat menyewa perahu. Kalau Anda berencana datang pada siang hari, jangan lupa membawa bekal, lalu sewalah perahu untuk menuju pulau ini. Rasakan nikmatnya istirahat sambil makan siang di tengah danau sambil melihat perahu-perahu lain lalu lalang. Pulau kecil itu ditumbuhi pepohonan yang rindang sehingga membuat suasana semakin nyaman dengan udara khas Bandung yang sejuk.

Pada masa keemasannya, Situ Ciburuy menjadi favorit wisata dimana para pengunjung busa menyewa perahu ataupun sepeda air. Selain terdapat tempat penyewaan perahu dan sepeda air, di tempat ini juga  terdapat warung-warung kecil yang menyediakan makanan khas Sunda. Selain itu, helaran yang rutin digelar di Situ Ciburuy sebenarnya mampu menyedot kunjungan wisatawan.

Namun karena pengurusannya kurang maksimal, kondisi dan jumlah kunjungan wisatawan ke Situ Ciburuy kian hari kian mengalami penurunan. Padahal, tempat wisata ini bisa menjadi tujuan wisata yang dapat menarik banyak pengunjung. Dilihat dari lokasinya, danau ini mudah dijangkau dan terletak persis di pinggir jalan. Apalagi akses jalan tol dan pusat keramaian sangat dekat.