Review

Menikmati Sensasi Pedas Sambal Ayam Gorowok Jln. Naripan





Awalnya usaha kuliner yang dikelola pasangan suami-istri ini jualan di pinggir Jalan Naripan, dekat Kantor Utama Bank BJB. Adalah Kang Asep dan Teh Iyen yang mengelola usaha kuliner ayam ini sejak tahun 2009. Di Bandung sendiri, tempat makan ini dikenal dengan ayam gorowok. Gorowok merupakan kata dalam bahasa Sunda yang berarti "teriak". Maklum saja, dulu saat belum pindah ke tempat sekarang, ayam ini menjadi langganan para karyawan yang berkantor di daerah Naripan dan Braga, terutama karyawan Bank BJB.

Sajian Menu Andalan Sambal Pedas
Para karyawan BJB biasanya saat makan siang pesan ke tempat makan ini dengan berteriak dari kantornya: "Mang Asep, pesen ayamnya.. anterin!". Dari situlah, Kang Asep sendiri sudah biasa mengantarkan makanan langsung ke karyawan yang pesan. Maka, usaha Kang Asep pun dikenal dengan "ayam gorowok" hingga sekarang. Dulu sebelum pindah ke area Gedung Yayasan Pusat Kebudayaam (YPK), tempat ini kadang kena razia karena jualan di area bahu jalan. Kini, lokasinya di dalam Gedung Padepokan Seni Jaipong (dekat Kantor Biro Bandung Kantor Berita Antara).

Jika Anda datang ke tempat ini, rasakan sensasi makan ayam dengan dicoel sambel pedas. Sajian ayamnya sih mirip dengan ayam yang lainnya. Sajian yang diburu para pengunjung adalah rasa sambalnya yang nendang banget. Lalaban selada airnya juga enak banget. Kadang kalau makan di sini di atas jam 2 siang, lalaban selada airnya suka diganti kol goreng karena kehabisan Begitu pula untuk urusan harga, bagi Anda yang sedang menghemat isi dompet, tempat ini cocok pisan.

Menurut Teh Iyen, resep sambal pedas ayam goreng gorowok merupakan resep andalan dari keluarganya. Kebetulan keluarganya penggemar sambal pedas. Rahasia pedas sambal di sini adalah pemilihan bahan baku yakni cabai rawit jenis domba yang dikenal super pedas. Untuk ayam gorengnya, di sini digunakan jenis ayam pejantan alias bukan ayam broiler.

Beikut ini harga menu di Ayam Gorowok:
Ayam goreng Rp.8.000
Sate usus Rp.1.000
Tahu Rp.1.000
Nasi Rp.3.000

Lokasi Ayam Gorowok:
Jalan Naripan (belokan ke Braga dekat bank BJB dan Mandiri. Masuk ke dalam gedung kesenian YPK) Lihat Peta. Tlp. 081220295755. Di Jalan Naripan ini buka dari Senin sampai Jumat dari pukul 10.00 - 17.00 WIB. Ayam gorowok pun punya cabang di Rancaekek dan di Jalan Holis yang buka tiap hari.