Review

Profil Adam Priyono Putra Pemeran Surip (Pengamen Pasar) di Sinetron Preman Pensiun 2





Pembawaannya kalem, dengan membawa gitar sebagai alat pengais rezeki, pengamen ini kerap keluar masuk pasar. Satu-satunya lagu andalannya: "Euis ke antosan heula..." dan lagu Sunda populer tersebut tak pernah bisa ia selesaikan hingga tamat. Inilah kadang yang membuat jengkel para pedagang karena stok lagunya hanya itu-itu saja. Ia seakan sosok yang stagnan, bernyanyi dan bernyanyi dengan lagu yang tak pernah ia ganti.

Dialah Surip, pengamen pasar yang masuk dalam lingkaran cerita di Preman Pensiun season 2. Dari sekadar masuk dari satu jongko ke jongko lain, ia kerap mendapatkan urang recehan dari pedagang pasar. Namun, tak jarang pula ia tak diberi imbalan atas jasa menyanyinya.

Tokoh pengamen pasar ini malah kemudian masuk dalam lingkaran Kang Mus. Kedekatannya dengan para preman pasar membuatnya kerap berbincang dengan para preman di markas yang terletak di belakang Pasar Palasari tersebut. Bahkan, Surip pun pernah ditarik Iwan dan Jony karena dianggap mengganggu kondusivitas pasar. Hingga suatu waktu ia pun tiba-tiba "diangkat" oleh Kang Mus dan diperintahkan ikut menjaga pasar dengan juru parkir. Hal ini karena situasi pasar yang kian tidak aman, dari adanya pencurian helm sampai adanya aksi copet yang dilakukan oleh anak buah Saep.

Profil Pemeran Surip
"Saya mah lebaran teh gak mudik. Malah pas malam takbiran saya kebagian jaga. Tapi bagaimanapun juga da tugas negara, saya harus selalu siap menerima perintah," begitu kata pria bernama asli Adam Priyono Putra ini saat berbincang dengan wisatabdg.com menjelang Idul Fitri 1436 H kemarin. Di balik sosok dengan badan tegap namun selalu terlihat riang dan someah ini, wong Solo yang memerankan sosok pengamen ini adalah seorang prajurit TNI.

Ia adalah anggota pasukan elite Kopassus. Tugasnya di Sesko TNI adalah membina para siswa yang tengah belajar dan berlatih di sana. Maka, tak heran setiap subuh ia kerap menggembleng peserta didik di Sesko TNI. Prajurit berpangkat bintara ini memang bertugas sebagai pembina jasmani para peserta didik. Pria lulusan Ilmu Hukum Universitas Nusantara mengaku di Preman Pensiun merupakan kawah candradimuka tempat ia menggembleng ilmu aktingnya. Menurut penuturan Mas Adam, ia memang tidak punya basic akting. Kalaupun untuk urusan seni, ia lebih pada bakat musik. Ia punya band di tempat tugasnya dan kerap menghibur keluarga besar prajurit di markasnya.

Di keluarga Preman Pensiun sendiri, Kang Adam terlihat supel dan ramah pada semua. Ia pun tak segan berbaur dan babarakatakan dengan para penggemar yang kebetulan berkunjung ke basecamp Preman Pensiun di Garden Rizh Hotel, Jalan Talagabodas no. 6 Bandung. Bahkan, bakatnya bermain gitar dan bernyanyi kerap ditanggap oleh para pemain untuk bernyanyi bersama dengan iringan gitar dari pemeran tokoh Surip ini.