Review

Lontong Kari Gang Kebon Karet: Kuliner Legendaris di Kota Bandung





Para pembeli menempati sebagian besar kursi yang tersedia di warung berukuran sekitar 30 meter persegi itu. Hampir semuanya memesan lontong kari dan es campur. Dua menu menjadi andalan warung tersebut sederhana di gang sempit di tengah Kota Bandung tersebut. Warung kuliner ini memang dari pagi hingga malam hari selalu ramai dikunjungi para pemburu makanan khas Bandung yang sudah kahot alias lama tersebut. 

Apalagi jika weekend, Sabtu dan Minggu dipastikan jejeran pengunjung sampai berbaris menempati kursi-kursi yang disediakan sang empunya warung. Lontong Kari Kebon Karet yang terletak di Gang Kebon Karet, Jln. Otto Iskandardinata ini memang sudah jadi langganan sampai beberapa generasi. Lontong kari yang dirintis pasangan H. Engkos Kosasih dan Hj. Eti Suryati ini memang termasuk pelopor lontong kari di Kota Kembang. Kini, generasi kedua yakni Pak Teddi, Pak Aldi, dan Bu Dedeh yang meneruskan usaha kuliner orang tuanya tersebut.

Pasangan H. Engkos dan Hj. Eti awalnya berjualan di pinggir Jalan Otto Iskandardinata (depan Gang Kebon Karet) dekat kediaman resmi Gubernur Jawa Barat (Gedung Pakuan). Sekitar tahun 1999, mereka membeli sebuah rumah di Gang Kebon Karet. Selanjutnya, mereka berjualan di rumah itu hingga sekarang. Kehadiran warung itu sekaligus menghidupkan gang tersebut. Warung-warung lain pun bermunculan. Warung yang buka mulai pukul 07.00 hingga 20.00 ini setiap hari rata-rata menjual 250 porsi lontong kari.

Tampilan lontong kari khas Haji Engkos ini sama seperti gulai lainnya yang terdiri dari lontong ditambah kuah kari encer dengan isi tetelan (daging campur lemak). Makanan yang dibanderol Rp. 17.000 per porsi ini disajikan dengan kerupuk mie atau kerupuk merah. Daya tarik lontong kari di sini adalah rasanya yang bikin lidah ketagihan. Sajian kuah karinya kental dengan isi daging sengkel tanpa lemak.

Menu yang disajikan antara lain lontong, emping, acar mentimun, sambal, dan jeruk limau. Anda pasti akan merasakan sensasi spicy nan gurih, sedikit manis, dan kaya rempah saat menikmati lontong kari di sini. Lontong Kari Kebon Karet ini pun punya cabang enam counter di sejumlah arena makan pusat perbelanjaan, antara lain di Jalan Riau, Jalan Dago, dan Jalan Kepatihan (Alun-Alun).

Lontong Kari Gang Kebon Karet
Alamat: Jln. Otto Iskandardinata, Gang Kebon Karet No. 28/C Bandung
Jam Buka: Pukul 07.00 - 20.00 WIB