Review

Acara Selamatan Menjelang Syuting Preman Pensiun 3





Akhirnya, "teka-teki" kapan mulai syuting sinetron Preman Pensiun 3 terjawab. Pada Sabtu, 19 September 2015, diadakan selamatan keluarga besar Preman Pensiun dalam rangka menjelang syuting sinetron season ketiga yang tengah ditunggu-tunggu masyarakat. Para pemain, kru, produser, perwakilan RCTI, serta dari MNC Pictures menghadiri acara yang digelar di Little White Cafe, Jalan Lodaya no. 11 Bandung.

Acara yang berlangsung mulai pukul tujuh malam tersebut merupakan riung mungpulung semua pihak yang terlibat dalam sinetron Preman Pensin. Jalannya acara dipandu oleh Ucup Palentin (pemeran Ubed) dan Pangeran Tyson (pemeran Jony). Sementara syuting Preman Pensiun 3 diagendakan dimulai pada hari Senin, 21 September 2015. Untuk basecamp kru dan pemain, tetap di Rizh Garden Hotel, Jalan Talagabodas no. 6 Bandung.

Berharap Menjadi Sinetron Stripping
Pada acara tersebut, Director Programming & Production RCTI, Dini Putri memberikan sambutan pertama. Selaku perwakilan dari RCTI, ia menuturkan bahwa Preman Pensiun menjadi serial yang sangat digemari dan selalu mendapat antusiasme penonton.

"Harapan kami tentunya semua pendukung tetap solid dan fokus.  Termasuk pemain fokus ke syuting dan tidak terganggu kegiatan off air. Pengennya kita Preman Pensiun bisa stripping. Dan sinetron ini dibuat lebih panjang, ya harapannya minimal 60 episode. Namun semua kembali ke Kang Aris," tutur perwakilan RCTI tersebut yang disambut tepung tangan hadirin.

Sementara sang produser, Didi Ardiansyah, mengharapkan Preman Pensiun tidak lekas "pensiun" alias berlanjut ke season-season selanjutnya atau ada turunannya, misalnya pengembangan per karakter. Sambutan berikutnya dari sang sutradara dan penulis skenario, Aris Nugraha. Baginya, Preman Pensiun adalah sebuah karya yang bagi Kang Aris adalah "mengarang bebas" dimana baginya banyak keajaiban saat pengerjaan sinetron komedi karyanya tersebut.

Karya yang Fresh
Kang Aris pun juga memberikan bocoran rahasia tentang akan gaya dia berkarya. Dalam pengerjaan naskah, ia bergantung pada ide yang mengalir begitu saja. Misalnya, untuk bahan syuting pagi, maka ia baru menyelesaikannya hari itu pada subuh hari. Jadi, tidak ada persiapan jauh-jauh hari untuk bahan dialog pemain. Inilah keunikannya, dimana karya untuk bahan dialog para pemain dihasilkan memang fresh sebelum syuting dilaksanakan.
 
Kang Aris pun memberikan sedikut clue bagaimana jalan cerita di Preman Pensiun 3:
"Untuk Preman Pensiun 3 ada pengembangan. Saya tidak mau mengembangkan cerita sesuai keinginan penonton. Saya hanya ingin penonton menyukai perkembangan cerita yang saya buat. Pada season sebelumnya selalu dikatakan oleh Kang Bahar atau kang Mus bahwa: ini adalah bisnis yang bagus, tapi bukan bisnis yang baik. Namun di season 3, bagi yang lain ini adalah bisnis yang bagus dan bisnis yang baik!"

Pada acara tersebut, Kang Epy Kusnandar (pemeran Kang Mus) juga memberikan sambutan:
"Di season 1 pengen ikut Kang Bahar ternyata Kang Bahar pergi. Saya diserahi tugas untuk tetap jagain anak buah, Di season 3 deg-degan saya mulai mengendur. Tadinya, mau mengurus masjid saja jadi DKM. Ternyata tetap ngajak dulur-dulur untuk tetap mensukseskan Preman Pensiun 3."

Dengan gaya ngabanyol, Kang Epy pun mengatakan ia pun tetap mengurus DKM bersama anak buahnya yakni menjadi DKM: Distributor Kicimpring Mus. Acara kemudian dipungkas dengan sambutan sekaligus do'a bersama yang dipimpin Kang Aat Soeratin (pemeran Kang Bagja). Ia hanya mengingatkan kepada seluruh pihak, terutama pemain dan kru Preman Pensiun untuk selalu saling asih, saling asuh, saling asah.

Tonton videonya di sini.