Review

Ayo, Berwisata Akhir Pekan ke Bandung Air Show 2015





Bagi Anda yang ingin menikmati wekeend di Bandung, datanglah ke pameran dirgantara di Bandung Air Show (BAS) 2015. Event ini digelar selama empat hari dari Kamis hingga Minggu, 10 - 13 September 2015.  BAS diselenggarakan sebagai bagian memeriahkan HUT Kota Bandung ke-205. Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil didampingi Komandan Lapangan Udara Husein Sastranegara Kolonel Penerbang Ardhi Cahdjoko membuka event tersebut pada Kamis pagi, 10 September 2015.

Harga Tiket Bandung Air Show 2015
BAS juga merupakan ajang promosi wisata dan transaksi ekonomi warga. Dalam sambutannya, Kang Emil menargetkan pameran ini ditargetkan menarik 80.000 pengunjung. Saat hari pertama, terlihat masyarakat umu, pelajar, dan anak-anak memenuhi area pameran. Di lokasi pameran tersedia panggung hiburan yang diisi oleh penampil intern juga panggung program musik Inbox, SCTV.

Untuk memasuki area pameran, pengunjung dikenakan tiket Rp. 20.000 untuk umum dan Rp. 15.000 untuk pelajar. Selain pameran pesawat dan aneka peralatan dirgantara, juga ada stand kuliner dan kerajinan dari UMKM Jawa Barat dan daerah lainnya. Pameran ini berlangsung dari pukul 06.30 sampai pukul 20.00 WIB.

Ada Aneka Stand Kuliner dan Stand Kerajinan
Selain atraksi udara yang menjadi acara unggulan, BAS 2015 pun menyajikan puluhan stand dengan berbagai macam kuliner, mulai cilok hingga burger. Selain itu, sejumlah produk UMKM bertema militer juga dipajang di stan ini. Tentunya, ajang pameran yang jarang ini dimanfaatkan bagi pengunjung yang ingin selfie di depan pesawat. Saat hari pertama pembukaan, banyak pengunjung yang selfie dengan "bersenjatakan" tongsis. Bukan hanya di area pameran, di gerbang masuk pameran pun masyarakat terlihat berfoto dengan salah satu jenis pesawat terbang yang berada di pintu masuk Lanud Husein Sastranegara tersebut.

Di event BAS 2015 ini, masyarakat bisa menikmati pameran alutsista TNI, pameran pesawat aero modeling, pesawat air charters, pameran pesawat latih, dan beragam jenis pesawat lainnya. Jika pengunjung ingin melihat pemandangan Kota Bandung dari ketinggian, bisa menikmati fasilitas naik balon udara dengan membayar tiket Rp. 150.000 di area pintu masuk. Panitia BAS juga menyediakan sejumlah informasi perihal pendidikan kedirgantaraan seperti sekolah penerbangan, teknologi informasi, plus  atraksi di udara antara lain aerobatik, paramotor, trike dan terjun payung.

Kegiatan pendukung lainnya, fotografi air show, lomba mewarnai gambar, merakit pesawat dari barang bekas, parade marching band, parade musik pelajar, tarian tradisional, dan lainnya. Dalam acara ini juga akan ada  pemecahan rekor MURI membuat pesawat dengan perbandingan 1:1 dari botol bekas.

Tips Mengunjungi Bandung Air Show 2015
1. Jika memungkinkan, parkirlah kendaraan di dekat area lokasi pameran (di sana ada 3 titik lokasi parkir yang dijaga anak-anak Pramuka dan petugas), karena jalan kaki ke lokasi pameran lumayan jauh.
2. Bawalah payung atau topi, cuacanya lumayan panas apalagi di lapangan terbuka.
3. Untuk sekadar berteduh bisa di area tempat duduk depan panggung utama atau di area stand pas lokasi masuk. Anda pun bisa membawa perbekalan makanan dan minuman sendiri atau membelinya di stand-stand kuliner.
4. Jika membawa rombongan (misalnya anak-anak sekolah), kondisikan agar tidak tercerai berai. Karena dipastikan tingkat kunjungan akhir pekan akan membeludak.
5. Pulang dari lokasi pameran bisa mencari jalan alternatif ke daerah Jalan Pasteur - Gunung Batu. Jika melalui Jalan Pajajaran biasanya suka macet karena ada perlintasan kereta api di Jln. Garuda.
6. Untuk yang mau membawa oleh-oleh, bisa membeli di stand-stand UMKM. Di sana ada yang jualan aneka oleh-oleh kuliner, kaos, sepatu, kerajinan, mainan anak-anak, dll.

Tonton video: