Review

Cari Tempat Belanja Murah di Bandung? Inilah Lokasi-Lokasinya





Sebagai pusat wisata belanja, Bandung menyajikan aneka tempat untuk belanja dari factory outlet (FO), distro, sentra pakaian bekas, buku, aneka onderdirl, sepatu, hingga pasar tradisional. Tempat belanja tersebut menyajikan pilihan produk dari pakaian wanita, pakaian pria, pakaian anak, tas, kain, sepatu, juga busana muslim. Nah, bagi Anda yang ingin ngider alias keliling Bandung, berikut ini beberapa tempat recommended untuk belanja dengan harga produk yang murah di Bandung.

1. King Shopping Center
Lokasinya persis di jantung Kota Bandung. Tempat ini sudah dikenal dari tahun '80-an dan merupakan surga belanja bagi warga Bandung sendiri. Di sini menyediakan berbagai macam baju, sepatu, jam, tas, dan aksesoris unik dengan harga murah. Lokasinya di Jalan Kepatihan, dekat pusat perbelanjaan Yogya dan pusat distro Parahyangan Plaza. Di sini kita bisa belanja dengan sistem adu tawar. Dan untuk urusan barang, kebanyakan produk yang diproduksi limited edition. Untuk urusan perut, di sekitar sini pun banyak tempat kuliner.

2. Pasar Baru Trade Center
Dengan harga yang super miring, Anda bisa membeli kebutuhan sandang mulai dari busana muslim, busana casual, busana pesta, jeans, sepatu, tas, tekstil, kosmetik, aksesories, batik, perlengkapan bayi, perlengkapan haji, seragam sekolah, sprei, bed cover dan masih banyak produk lainnya. Ada juga oleh-oleh atau buah tangan makanan khas Jawa barat. Untuk urusan kuliner, pasar paling tua yang terletak di Jalan Oto Iskandardinata no.70 ini menyediakan area foodcourt di lantai paling atas dan juga basement.

3. Gang Tamim
Gang ini terletak tepat dibelakang Pasar Baru dan merupakan sentra penjualan kain meteran, dengan aneka bahan pakaian dan celana mulai dari jeans hingga katun, chiffon, brokat dan kebaya yang tersedia dalam berbagai motif dan warna. Harga yang ditawarkan relatif murah, terlebih jika berani menawar dengan harga lebih rendah. Disini beragam pilihan jeans berkualitas juga ditawarkan dengan harga murah. Gang Tamim lebih dulu disambangi oleh para pemburu jeans sebelum jalan Cihampelas menjadi populer. Uniknya, di sini kita dapat membeli bahan-bahan tersebut dengan sistem kiloan.

4. Sentra Jeans Cihampelas
Dengan konsep nama toko superhero plus desain tokonya yang unik-unik, kawasan ini selalu penuh dikunjungi para pelancong, khususnya saat musim liburan dan weekend. Cihampelas sudah tersohor di kalangan wisatawan untuk berbelanja jeans, serta pernak-pernik yang unik dari bahan kulit. Dikenal juga sebagai tempat belanja oleh-oleh jajanan khas dari Bandung yang berada di sepanjang jalan Cihampelas. Jika Ingin jalan-jalan, Anda bisa ke Cihampelas Walk atau mencari aneka kuliner. Untuk menginap dan layanan transportasi travel, di sini terbilang lengkap.

5. Sentra Distro Plaza Parahyangan
Letaknya dekat dengan Alun-alun Bandung tepatnya di Jalan Dalem Kaum, selatan Masjid Raya Bandung. Disini ada kurang lebih 450 pedagang distro yang berjualan disatu gedung (5 lantai), sehingga bisa disebut sebagai pusatnya distro di Bandung.

6. Sentra Rajutan Binong JatiDikenal sebagai tempat produksi perajin rajutan di Bandung. Di sekitar Gapura yang bertuliskan Sentra Industri Rajutan Binong Jati, di jalan Gatot Subroto, terdapat sebuah pasar yang bernama Pasar Binong. Anda akan melihat jalan setapak yang dipadati oleh rumah penduduk sepanjang kurang lebih lima ratus meter, bila diselusuri terus, dapat terlihat di beberapa rumah ada belasan perajin sedang merajut.

7. Sentra Kaos Suci
Sentra kaos ini adalah salah satu pelopor pembuatan kaos terlama di Bandung yang tetap bertahan di antara gempuran produk-produk impor. Jumlah pengrajin kaos di kawasan Suci diperkirakan lebih dari 200 pengrajin kaos yang diproduksi di rumahan ini untuk dipasarkan di jaringan distro, seperti dengan merek 347, Ouval, Airplane, Evile, dan Eat. Kawasan Sentra Kaos Suci berada di sepanjang jalan Surapati tak jauh dari lapangan Gasibu.

8. Pusat Kain Cigondewah
Lokasinya dekat keluar pintu tol Kopo atau Tol Pasirkoja. Di sini, Anda bisa membeli kain kiloan atau dengan satuan panjang Jar. Pandai-pandailah menawar, ditempat ini tidak ada patokan atau kesepakatan harga antar sesama pedagangnya. Jadi cari saja pedagang lain yang menjajakan dagangan kain serupa, dijamin harganya pasti berbeda.

9. Cimol Pasar Induk Gedebage
Sentra sandang ini merupakan pindahan dari Cibadak Mall atau orang Bandung biasa menyebutnya Cimol yang dulu memang dikenal di Jalan Cibadak. Pasar Induk Gedebage dikenal dengan pasar pakaian bekas yang dijual dengan sangat murah. Tapi, di sinilah anda bisa membeli baju, jins, jaket, tas, sepatu, topi, dan beragam aksesori pakaian lainnya dengan harga yang sangat miring. Namun, pandai-pandailah Anda memilih barang.

10. Sentra Sepatu Cibaduyut
Sentra belanja dekat Terminal Leuwipanjang ini dikenal di perempatannya dengan patung sepatu besar di tengah-tengahnya, belok kiri ke Jalan Cibaduyut. Produk sepatu di sini sudah terkenal hingga ke mancanegara, bahkan para tokoh nasional pun banyak yang memakai produk sepatu dari sini. Di sini dijual aneka sepatu pria dan wanita, sepatu kets maupun kulit, sepatu dewasa dan anak-anak. Sepatu-sepatu di Cibaduyut berkualitas baik dan harganya pun terjangkau.

11. Kawasan Belanja Gang Nata
Anda bisa membeli kemeja, celana panjang katun dan jeans, kaus, jaket, sandal, sepatu, hingga aksesori dengan harga murah tapi juga berkualitas. Tempat belanja murah ini ada di daerah Kopo Sayati, atau lebih tepatnya lokasinya di Gang Nata I, dekat dengan SMPN 2 Margahayu. Pakaian yang dijual di Gang Nata hampir sama dengan jenis pakaian yang di jual factory outlet (FO) yang ada di pusat Kota Bandung, bedanya disini anda dapat menawar. Para penjual pakaian ini mendapat stock pakaian dari Jakarta dan Singapura.

12. Pasar Kota Kembang 
Sepatu merupakan produk yang paling banyak dijual di sini, tas, aksesoris, kain dan kosmetik. Pasar Kota Kembang ini sering juga disebut Kokom (Kota Kembang) lokasinya berada di daerah Dalem Kaum, Alun-Alun Bandung, persis di sebelah barat Masjid Raya Bandung.

13. Pasar Buku Palasari
Namanya kian melejit setelah jadi lokasi shooting sinetron Preman Pensiun, dimana menjadi basecamp Komar, Kang Mus, Jupri, Ujang, dan kawan-kawan. Di pasar serba buku ini menjual aneka buku dengan harga murah. Lokasinya di daerah antara Lodaya dan Buah Batu.

14. Pasar Jatayu
Lokasinya dekat Pasar Ciroyom atau sebelah utara Pasar Andir Bandung. Di sini dijual aneka alat outdoor yang bercampur dengan lapak-lapak penjual alat-alat militer juga aneka onderdil kendaraan. Anda bisa menyusuri dari satu lapak ke lapak lainnya untuk mencari barang.

15. Pasar Andir Bandung
Di sini dijual aneka pakaian dan kebutuhan sandang lainnya, dari baju anak, pakaian wanita, busana pria, tas, busana muslimah. Pasar Andir termasuk "saingan" Pasar Baru Bandung. Namun, kondisi tempatnya memang jauh beda dengan Pasar Baru. Akan tetapi, bagi Anda yang ingin mencari barang dengan harga super miring, Pasar Andir bisa menjadi rekomendasi utama.