Review

Ingin Puas Ngakak? Baca Buku Humor Sunda Sabulangbentor





Urusan humor, urang Sunda memang sudah identik gudangnya akan cerita-cerita yang memancing tawa dan kelucuan. Humor memang efektif sebagai pengobat kegalauan, rasa sedih, bahkan bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Dengan media humor, kita bisa tertawa lepas. Tertawa merupakan ekspresi kebahagian yang muncul secara spontan tanpa bisa direkayasa. Tertawa memang mengandung ragam manfaat bagi kesehatan mental maupun fisik seseorang. Beberapa manfaat tertawa di antaranya: meredakan dan mencegah timbulnya hormon stres;  otot diafragma akan terlatih dan dapat menyehatkan jantung dimana tertawa 100 kali setara dengan 15 menit bersepeda; dapat memperbaiki mood; membentuk pikiran positif; dan beragam manfaat lainnya.

Bagi Anda yang senang humor-humor berbahasa Sunda, bisa mendapatkan buku Kumpulan Guguyon Sabulangbentor karya Taufik Faturohman. Buku dengan sampul karikatur ini diterbitkan tujuh jilid dengan masing-masing buku memuat aneka tema humor: rumah tangga, sosial, pendidikan, Persib, dan sebagainya. Dari awal diterbitkan, buku ini telah mengalami cetak ulang beberapa kali dan masih menjadi buruan pembaca penggemar humor Sunda. Selain isinya yang memuat aneka tema humor, juga disajikan dengan gaya tutur bahasa Sunda yang merenah. Maklum saja, penulisnya sendiri adalah ahli dalam bidang bahasa Sunda.

Bagi Anda yang ingin mengoleksi buku ini bisa membeli langsung di Penerbit Geger Sunten Jl. Dr. Setiabudhi No.228, telepon: (022) 2016923. Bisa juga didapatkan di toko-toko buku seputaran Bandung atau di Pasar Buku Palasari (Toko Buku Ampera).

Profil Pengarang Buku Humor Sunda Sabulangbentor
Taufik Faturohman atau biasa dipanggil Kang Haji Topik, lahir di Pagerageung Tasikmalaya tanggal 10 Mei 1959. Setelah lulus dari SMAN 2 Tasikmalaya, ia meneruskan kuliah di Jurusan Basa & Sastra Sunda FPBS IKIP Bandung, lulus tahun 1984. Ia pernah mengajar bahasa Sunda di SD Yahya, SMP Pasundan VI, dan SMA St. Angela, Bandung.

Pria yang dikenal juga sebagai pesulap ini biasa aktif juga di organisasi, ia pernah menjadi Ketua Himpunan Mahasiswa (1978) dan Ketua Umum Senat Mahasiswa FKSS (1981-1982). Tahun 1979, ia diangkat mejadi redaktur Koran Sipatahunan, kemudian menjadi redaktur Majalah Sunda Mangle (1981-1987). Pada1984 ia menerbitkan Penerbit Geger Sunten, sampai sekarang sudah menerbitkan lebih dari 500 judul buku pengajaran dan bacaan bahasa Sunda.

Hobi lainnya adalah pada dunia sepakbola dimana ia pernah menjadi pengurus Persib. Ia juga pernah menjadi Manajer Persib Yunior (2000), Manager Persib Selection (2001), Ketua Panpel (2004 & 2006) dan Ketua Harian (2004-2006). Sejak 2012 ia terpilih ikut menjadi bagian Komisaris PT Persib 1933. Dari tahun 1999 sampai sekarang menjadi Ketua Umum SSB & PS IPI (Ikatan Pelajar Indonesia), anggota Divisi Utama Persib.


Buku-buku karya Kang Haji Topik yang sudah terbit, diantaranyaa kumpulan humor Sunda Beregejed, Cupumanik, Katumbiri, Peperenian, Sabulangbentor (7 jilid), Kun Fayakun, Sajak-sajak Cilauteureun, Wasiat Konglomerat, Patepung di Bandung, dan buku-buku pengajaran bahasa Sunda untuk murid SD (Piwulang Basa), SMP (Gapura Basa) dan SMA (Pamager Basa). Buku Patepung di Bandung tahun 2006 mendapat penghargaan Hadiah Samsudi. Dari tahun 2002 sampai 2012 mengasuh rubrik "Mang Ohle" di HU Pikiran Rakyat. Ia juga aktif menjadi penyiar/host di Radio Mora, RRI, MQTV, Bandung TV, dan TVRI.

Sekarang, selain menjadi penyiar Kokok Pagi I-Radio dan Time Out Sindo Trijaya, juga menjadi host program "Borangan" dan "Sura Seuri Sore" di stasiun tv lokal IMTV.  Dari kesukaannya pada humor Sunda dan sulap, sekarang ia sibuk job manggung sudong (sulap jeung dongeng), termasuk pentas stand up comedy di Metro TV.