Review

Ingin Wisata Sehat? Datang Saja ke Active Park di Taman Supratman, Bandung





Satu lagi bagian dari konsep taman tematik di Bandung diresmikan oleh Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil. Pria yang akrab disapa Kang Emil tersebut secara resmi membuka Active Park yang terletak di kawasan Taman Supratman, Bandung. Hadirnya taman ini merupakan salah satu program untuk meningkatkan kesehatan masyarakat. Program ini diinisiasi Coca-Cola Indonesia sejak tahun 2013 lalu dan berkolaborasi dengan pemerintah, swasta, perhimpunan dokter dan komunitas. 

Adapun penambahan sarana outdoor gym itu adalah sumbangan dari Coca-cola dan Nike sebagai realisasi dari program Active Park. Peresmian Active Park itu juga dilakukan untuk memeriahkan Hari Olahraga Nasional. Untuk menunjang aktivitas fisik, Taman Supratman yang dikenal sebagai taman olahraga sekarang dilengkapi fasilitas outdoor gym, seperti alat latihan cardio, upper body workout, lower body workout, dan core muscle exercise. Semua perlengkapan olahraga tersebut didesain untuk penggunaan di luar ruang.

Selain di Taman Supratman, konsep active park ini juga dibangun di Taman Alun-Alun, Bandung. Kang Emil mengakui bahwa Pemkot Bandung memiliki banyak kebutuhan, tetapi memiliki keterbatasan. Dengan adanya bantuan dari pihak-pihak yang memiliki visi-misi sama, pembangunan di Kota Bandung termasuk taman-taman akan meningkat dari segi kuantitas dan kualitas. Kang Emil berharap warga bisa menggunakan fasilitas seperti ini tanpa terlalu jauh untuk melatih kebugaran. Warga Bandung tinggal pergi ke taman dan langsung menggunakan fasilitas kebugaran yang tersedia di taman tersebut.

Fasilitas olahraga ini merupakan bagian dari fungsi aktif menggerakkan manusia, apalagi di zaman sekarang dimana gaya hidup manusia lebih banyak diam, misalnya bermain gadget. Tujuan dibuatnya Active Park ini untuk mempromosikan pentingnya hidup yang sehat lewat olahraga dan aktivitas fisik yang cukup. Di Taman Supratman ini pun sebelumnya telah tersedia dua lapangan futsal yang kini bertambah menjadi enam lapangan.

Lokasi Taman Supratman, Bandung lihat di sini.