Review

Olimpiade Olah Raga Tradisional (OOTrad) ke-8 Unpad 2015





Pada Minggu, 13 September 2015, di Kampus Universitas Padjadjaran (Unpad) Jatinangor, dilaksanakan ragam lomba olah raga tradisional, antara lain: lomba egrang, ngagandong boboko, balap karung, manggul beas, nanggung suluh, nyuhun jukut, dan eyong, serta eksebisi kaulinan tradisional perepet jengkol, pencak silat, panahan, sorodot gaplok, sumpit, boiboian, damdas, nabuh lisung, galah asin, gasing, gatrik, layang hias, dan demprak.

Melestarikan Permainan Tradisional dan Promosi Wisata
Nama-nama permainan tradisional khas Sunda tersebut digelar sebagai bagian dari rangkaian Dies Natalis ke-58 Unpad. Dalam rangka dies natalis Unpad tahun ini, kembali digelar  Olimpiade Olah Raga Tradisional (OOTrad) ke-8. Kegiatan ini diikuti oleh civitas akademika Unpad, melibatkan masyarakat desa sekitar Jatinangor, mitra kerja Unpad, dan perwakilan Kabupaten/Kota di Jawa Barat seperti Kabupaten Garut, Kabupaten Subang, Kota Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Sumedang, dan Kabupaten Pangandaran.

OOTrad ke-8 tahun ini dilaksanakan di Stadion Jati Padjadjaran, Jatinangor. Rektor Unpad, Prof. Tri Hanggono Achmad, dan Deputi Bidang Pengembangan Kelembagaan Kepariwisataan Kementerian Pariwisata RI, Prof. Dr. H. M. Ahman Sya, menyalakan obor sebagai simbol pelaksaan OOTrad ke-8 Unpad di Stadion Jati Padjadjaran Unpad Jatinangor

Berbagai apresiasi positif pun disampaikan masyarakat yang berpartisipasi dalam kegiatan ini. Salah satunya seperti yang disampaikan kontingen dari Kabupaten Pangandaran yang juga dihadiri Ketua Dewan Kesenian Kabupaten Pangandaran, Cucu Gumilar dan Kepala Seksi Dinas Pendidikan, Kebudayaan, Pemuda dan Olah Raga (Disdikbudpora) Kabupaten Pangandaran, Iing Rohidin.

Kegiatan OOTrad diawali dengan Pawai Alegoris Padjadjaran (aleut-aleutan). Dalam pawai ini, setiap kontingen menampilkan kostum khas serta kesenian tradisional khas Jawa Barat. Aleut-aleutan dimulai dari Gedung Rektorat Unpad, kampus Jatinangor dan diakhiri di Stadion Jati Padjadjaran.

Lihat video OOTrad 2015:
- Video Kesenian Sisingaan
- Video Hahayaman
- Video Egrang