Review

Bandung sebagai Pasar Wisatawan Malaysia





Selain para wisatawan lokal dari Jakarta dan sekitarnya, Bandung pun menjadi kota favorit bagi wisatawan dari negara tetangga. Jika sekali-kali kebetulan Anda belanja di Pasar Baru Trade Center, jangan heran jika yang belanja di sana kebanyakan wisatawan dari Malaysia. Selain dari Malaysia, wisatawan yang datang ke Bandung pun banyak pula dari Singapura dan India. Namun prosentase pengunjung dari Malaysia memang mendominasi.Salah satu tempat belanja di pusat Kota Bandung ini merupakan destinasi wisata belanja favorit turis dari Malaysia.

Pasar Baru Trade Center memang menyajikan aneka kebutuhan sandang yang cocok dengan turis Malaysia. Di sini memang tersedia aneka pilihan pakaian, dari pakaian muslim yang banyak diburu, pakaian untuk oleh-oleh seperti kaos, hingga oleh-oleh berhaji. Lebih dari itu, wisatawan Malaysia pun banyak memilih tempat belanja tertua di Bandung juga sebagai one stop shopping, selain belanja mereka pun bisa menikmati aneka kuliner di sini.

Akses yang Mudah dan Murah
Dalam sebuah perbincangan tim Wisata Bandung dengan serombongan wisatawan Malaysia, secara umum mereka memang menjadikan Bandung sebagai destinasi wisata favorit. Termasuk Pasar Baru Trade Center yang menjadi tujuan utama berbelanja. Kata mereka, lokasi Pasar Baru Trade Center mudah dijangkau dari Bandara Husein Sastranegara. Dengan penerbangan langsung dari Malaysia, mereka turun di bandara yang terletak di kawasan Andir itu, kemudian naik kendaraan yang telah mereka sewa dari para penyedia layanan jasa wisata lokal di Bandung. Nyaman dan aman, itulah alasan mereka memilih berwisata ke Kota Kembang. Urusan harga tiket pesawat dan akomodasi selama di Bandung pun menjadi alasan lainnya.

Dalam urusan harga yang miring pun menjadi salah satu alasan mereka belanja di Pasar Baru Trade Centre. Memang tempat lain seperti Tanah Abang di Jakarta pun sebetulnya bisa menjadi buruan wisata belanja ala harga grosiran. Namun, akses dari Bandara Husein Sastranegara ke Pasar Baru Trade Center menjadi alasan lain. Bandingkan dengan turun di Bandara Soekarno-Hatta kemudian mengunjngi Pasar Tanah Abang. Selain jaraknya yang jauh, belum lagi dengan akses jalan yang kerap dihadang kemacetan. Kalau dari Bandara Husein, tak sampai satu jam untuk mencapai Pasar Baru Bandung.

Hawa yang Cocok dan Suasana Kota Bandung
Selain akses yang mudah, suasana di Bandung pun menurut mereka cocok alias tak jauh beda dengan cuaca di Negeri Jiran tersebut. Apalagi sikap warga Bandung yang ramah-ramah juga aneka fasilitas yang tergolong lengkap di Bandung. Dalam hal ini termasuk fasilitas layanan wisata di Bandung yang telah mereka percaya. Maka, para wisatawan pun sudah terbiasa bolak-balik wisata ke Bandung. Juga termasuk kerja sama dengan warga Bandung sendiri. Mereka sudah terbiasa merental kendaraan di Bandung sehingga sudak berlangganan dengan para penyedia layanan jasa wisata. Belum lagi dengan tempat menginap para wisatawan tersebut yang terbilang lengkap di Bandung, dari hotel, penginapan, juga wisma.

Saat di Bandung, selain belanja para pelancong dari Malaysia biasanya beberapa hari keliling Bandung. Para wisatawan tersebut memilih tempat wisata yang sudah dikenal di Bandung, baik di Bandung utara maupun Bandung selatan seperti: Kampung Gajah Wonderland, Trans Studio Bandung, Tangkuban Parahu, Jalan Braga, Floating Market, Dusun Bambu, Sari Ater, Kawah Putih, Situ Patengan, sentra belanja di Factory Outlet, sentra sepatu Cibaduyut, hunting kuliner di Jalan Riau, lokasi berfoto di Alun-Alun, hingga mencoba naik Bus Bandros. Maka tak heran, jika Bandung bisa dikatakan surga wisata bagi para wisatawan dari Malaysia. Belum lagi bahasa Melayu untuk komunikasi tak jauh beda dengan bahasa Indonesia.

Inilah yang kemudian menjadikan beberapa lokasi wisata "menyesuaikan" dengan para pelancong dari Negeri Jiran ini. Contohnya, di Pasar Baru Trade Center, ada saja transaksi yang dilakukan dengan menggunakan ringgit. Walaupun transaksi dengan mata uang asing ini dilarang oleh peraturan. Namun, namanya pedagang yang penting transaksi jalan. Selain itu, apa yang menjadi trend di Bandung pun ternyata menjadi hal yang ditunggu juga oleh para wisatawan dari Malaysia. Entah itu tempat wisata baru, mode fashion, kuliner, event, hingga taman baru yang ada di Bandung. Apalagi sekarang mendapatkan informasi wisata di Bandung sangat mudah dicari di internet.