Review

Daftar Akun Twitter Kecamatan di Kota Bandung





Semenjak kepimpinan Wali Kota Ridwan Kamil, interaksi warga di Kota Bandung ada hal yang berbeda. Salah satunya komunikasi dan interaksi antara warga dengan birokrasi dibuka melalui media sosial, salah satunya Twitter. Ini bukan program "gaya-gayaan" atau sekadar mengikuti trend. Lebih dari itu, warga Bandung bisa melaporkan secara langsung akan informasi atau unek-unek seputar hal-hal yang ada di wilayah tempat tinggalnya.

Sejak September 2013, era pemerintahan Kang Emil diupayakan kekakuan antara pemerintahan dengan warganya mulai dipecahkan lewat saluran media sosial. Semua elemen pemerintahan dari keluarahan, kecamatan, hingga dinas di Kota Bandung diminta untuk aktif di media sosial. Kini warga bisa lebih mudah untuk berkomunikasi langsung dengan pemerintah.

Lewat interaksi di layanan mikroblog online tersebut, masyarakat bisa berinteraksi dengan mudah dan informasi bersifat realtime. Apalagi Bandung adalah salah satu kota yang masyarakatnya aktif menggunakan twitter. Hal itu yang memicu jajaran birokrasi untuk mendekatkan diri kepada masyarakat melalui media sosial twitter. Ridwan Kamil sendiri aktif menggunakan media sosial Twitter, Facebook, dan Instagram untuk media sosialisasi dan berbagi informasi kepada warga Bandung. 

Hingga saat ini, layanan media sosial 140 karakter itu memiliki peranan penting dalam roda pemerintahan Kota Bandung. Masyarakat yang dulu tidak tahu harus mengeluh atau melapor ke mana, kini hanya dengan berkicau dan me-mention akun-akun milik pemerintahan di Bandung dan langsung mendapatkan respon. Dengan demikian diharapkan tidak ada sumput salindung alias disembunyikan dari kinerja yang dilakukan oleh sang Wali Kota juga jajaran bawahannya. Informasi juga laporan warga bisa berlangsung interaktif dan dimonitor bersama antara warga dan pemimpinnya.

Di Kota Bandung sendiri terdapat 30 kecamatan dan 153 kelurahan. Adanya media interaksi masyarakat di media sosial ini sekaligus juga dalam upaya mendukung Bandung Smart City. Bagi Anda yang memerlukan informasi info akun Twtitter kecamatan, inilah daftar akun setiap kecamatan yang ada di Bandung. Untuk melihat atau berinteraksi langsung dengan admin akun Twitter kecamatan di Bandung berikut, klik pada alamat link akun yang berwarna biru.

1. Kecamatan Astanananyar: @Kec_Astananyar
2. Kecamatan Babakan Ciparay: @KecBacip
3. Kecamatan Bandung Kulon: @KecBankul
4. Kecamatan Bandung Wetan: @bdgstarlight
5. Kecamatan Bandung Kidul: @BdgKidul
6. Kecamatan Andir: @kecamatan_andir
7. Kecamatan Arcamanik: @camat_arcamanik
8. Kecamatan Antapani: @Kec_Antapani1
9. Kecamatan Batununggal: @kec_batununggal
10. Kecamatan Bojongloa Kaler: @KecBojongloakal

11. Kecamatan Bojongloa Kidul: @kecbojkid_ktbdg
12. Kecamatan Buah Batu: @kecamatanbubat
13. Kecamatan Cibeunying Kaler: @KecCibKal
14. Kecamatan Cicendo: @kec_cicendo
15. Kecamatan Cidadap: @Kec_Cidadap
16. Kecamatan Cinambo: @Cinambokec_
17. Kecamatan Coblong: @CoblongJITU
18. Kecamatan Gedebage: @KecGedebage
19. Kecamatan Kiaracondong: @Kec_Kircon
20. Kecamatan Lengkong: @keclengkong

21. Kecamatan Mandalajati: @kec_mandalajati
22. Kecamatan Panyileukan: @KecPanyileukan
23. Kecamatan Rancasari: @rancasari_OK
24. Kecamatan Regol: @kec_regolbdg
25. Kecamatan Sukajadi: @Kec_Sukajadi
26. Kecamatan Sumur Bandung: @kec_surban
27. Kecamatan Sukasari: @KecSukasari
28. Kecamatan Ujungberung: @Ujungberung_Kec
29. Kecamatan  Cibiru: @KecamatanCibiru
30. Kecamatan Cibeunying Kidul: @kec_cibkidul