Review

Juara Piala Presiden 2015, Persib Disambut Ribuan Bobotoh di Gerbang Tol Pasteur





Minggu, 18 Oktober 2015 kembali menjadi hari yang bersejarah bagi persekbolaan Bandung. Tim Maung Bandung menjadi kampiun Piala Presiden 2015. Persib berhasil unggul 2-0 atas Laskar Wong Kito, Sriwijaya FC di laga final yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Gol Achmad Jufriyanto dan gol bunuh diri Dian Agus membuat para bobotoh membuncah dalam euforia kegembiraan. Persib merupakan bagian dari hati masyarakat Jawa Barat, khususnya warga Bandung. Kemenangan inilah yang bisa mempersatukan warga Jawa Barat dalam euforia yang sama.

Puluhan ribu bobotoh Persib berangkat ke SUGBK di Jakarta. Gelaran laga final Piala Presiden pun bak hajat negara. Dimana ribuan personel petugas gabungan ikut menjaga keamanan. Hingga Presiden, Joko Widodo pun turut hadir menyaksikan laga super big match ini. Sementara, di berbagai daerah di Jawa Barat para pendukung dengan setia mengadakan nonton bareng di wilayah masing-masing. Persib pun akan mendapatkan Rp4,2 miliar dan tambahan uang Rp1,2 miliar yang merupakan hadiah atas keberhasilan keduanya melaju ke final.

Kemenangan Persib 2-0 telah menjadi pengobat kerinduan atas kondisi persekbolaan Tanah Air yang tengah dilanda beragam masalah. Di Bandung, para Bobotoh memenuhi tempat-tempat nonton bareng: di Taman Alun-Alun Bandung, Gasibu, Cikapundung Riverspot, hingga kelurahan-kelurahan dan cafe-cafe di Bandung. Pesta pora pun dilakukan di jalanan. Ratusan ribu bobotoh konvoi bersama di jalanan sambil meneriakan yel-yel Persib. Inilah pesta sesungguhnya urang Bandung dimana tim kebanggaan mereka membuktikan diri sebagai juara sejati. 

Diarak dari Tol Pasteur hingga Stadion Sidolig
Persib sukses menjadi juara Piala Presiden 2015 dengan mengalahkan Sriwijaya FC dengan skor 2-0 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan, Jakarta, Minggu (18/10) malam WIB. Kemenangan ini pun menjadi euforia bagi para Bobotoh. Lautan biru pun tumpah ruah di beberapa titik di Kota Bandung. Tak terkecuali saat penyambutan tim Maung Bandung yang pulang dari Jakarta.  Senin (19/10) malam Juara Piala Presiden 2015 itu disambut para Bobotoh sejak keluar dari pintu tol Pasteur. Sekitar pukul 21.00 WIB, pemain Persib tiba di Gerbang Tol Pasteur. Nyanyian "Halo-halo Bandung" menggema dinyanyikan ribuan bobotoh yang dimeriahkan dengan kembang api.

Sebelumnya, skuad Maung Bandung pun diundang ke Istana Negara dan diterima oleh Presiden Joko Widodo, Senin (19 Oktober 2015). Tim Persib mudik ke Bandung melalui jalan Tol Cipularang. Zulham, Firman, dan lainnya disambut bak pahlawan begitu keluar dari tol di Pasteur. Bus yang ditumpangi oleh skuad Persib, yang dikawal oleh petugas kepolisian, mendapatkan sambutan luar biasa dari bobotoh yang menggunakan motor. Bobotoh pun mengiringi kedatangan bus yang membawa para pemain kesayangan mereka di sepanjang jalan di Bandung.

Tim kebanggan urang Bandung dan Jawa Barat itu pun langsung diarak keliling kota. Wali Kota Bandung pun, di akun twitter mewanti-wanti warga Bandung untuk menghindari Jalan Pasteur karena penuh oleh lautan bobotoh. Dalam penyambutan, Ridwan Kamil ikut hadir menyambut kedatangan Persib. Atep dan kawan-kawan langsung memamerkan Piala Presiden 2015 dengan menggunakan bus Bandros menuju Stadion Sidolig di Jalan Ahmad Yani. Rencananya, di Bandung pun akan digelar acara sebagai bentuk syukuran atas kemenangan tim asuhan Djajang Nurjaman tersebut.