Review

Konferensi Nama Asep Sedunia di Bandung, 25 Oktober 2015





Asep adalah nama khas dari Jawa Barat. Ada yang menyebutkan nama ini berasal dari Kasep (tampan) yang memang khusus diberikan bagi anak laki-laki. Versi lain menyebutkan nama Asep artinya adalah dupa wangi yang diberikan untuk seorang anak laki-laki.  Dimana nama ini  berasal dari India (Sansekerta). Namun bagaimanapun asal muasal nama ini, bagi pemberi nama serta pemiliknya mempunyai makna tersendiri. Apalagi jika nama Asep ini jika dikumpulkan bisa ribuan jumlahnya. Tak percaya? Coba lihat Yellow Pages.

Sejarah Paguyuban Asep
Nama Asep sendiri di Tatar Sunda banyak yang terkenal, seperti Asep Sunandar Sunarya (dalang wayang golek), Asep Dayat (mantan pemain Persib), Asep Irama (penyanyi dangdut), dan lain-lain. Pada 2009. pemilik nama Asep Iwan membuat grup di facebook. Tak disangka, satu bulan group dibentuk ada 100 orang anggotanya. Setelah itu, dibentuklah Paguyuban Asep untuk media ajang riung mungpulung (kopi darat) sesama nama Kopdar tersebut dilaksanakan pada Agustus 2010 di Kota Tua.

Pada kopdar awal tersebut, ada lebih dari 20 nama Asep yang ikut kumpul yang berasal dari berbagai kota di Jawa Barat. Inilah yang kemudian menjadikan baraya pemilik nama Asep ini kian eksis dimana para pemilik nama Asep yang lain banyak yang bergabung jadi anggota. Hingga sekarang anggotanya sudah sekitar 3000-an. Paguyuban ini dijadikan komunitas untuk ajang bakti sosial kepada masyarakat. Selain itu, paguyuban nama Asep ini pun berasal dari ragam usia, profesi, hinggal asal tinggal. Bahkan, ada juga anggota yang sedang ngumbara di mancanegara, seperti Jepang, Amerika, dan negara lainnya.

Dari kesamaan nama, melahirkan sesuatu yang bisa memberikan manfaat. Selain untuk mempererat tali duduluran, paguyuban ini pun memang mempunyai visi-misi untuk lebih memberi nilai lebih bagi sekitar. Kekayaan ciri khas Indonesia memang salah satunya dari nama-nama yang identik mewakili nama kedaerahan. Selain nama Asep, di Indonesia pun ada paguyuban nama lain: Endang, Sri, Sugeng, hingga Bambang. Mungkin Anda tertarik untuk menyatukan nama-nama yang sama dengan nama Anda dalam  sebuah komunitas?

KAA: Konperensi Asep Asep
Itulah acara yang bakal digelar pada Minggu, 25 Oktober 2015. Paguyuban bagi pemilik nama Asep ini akan dimulai pukul 08.30-17.00 WIB. Berdasarkan keterangan dari undangan, pada pukul 09.00 - 14.00 bertempat di Rumah Makan Ampera, Jl. PHH Mustofa No.25 (samping Itenas akan diadakan Konperensi Asep Asep, Pengukuhan Dewam Pembina, dan Pengurus Pusat, Pembahasan AD/ART. Selanjutnya pada pukul 14.00 - 17.00 WIB, di Saung Angklung Udjo (Jln. Padasuka No.118) rombongan Asep akan mengikuti pertunjukan dan bermain angklung bersama-sama.

Nah, bagi Anda para pemilik nama Asep, siapkan kocek Rp.100.000,-  untuk biaya pendaftaran dimana sudah termasuk: makan siang, souvenir, welcome drink, tiket masuk.  Adapun cara pendaftarannya:
1. Daftar via SMS dengan format: [KAA / nama lengkap / nomor KTP / nomor HP / email / jumlah yg akan ikut ]
2. Panitia akan membalas dengan nomor urut Anda
3. Kemudian transfer via rek. Bank Mandiri 1310004701621, an. Asep Tutuy Turyana dengan menambahkan tiga digit nomor urut Anda.
Contoh: Asep Benny mendapatkan nomor urut 007, maka transfer sejumlah Rp.100.007,- 

Info selanjutnya, pendaftaran akan ditutup pada 24 Oktober 2015. Undangan ini terbatas hanya bagi para pemilik nama Asep (sesuai KTP). Setiap peserta wajib memakai dresscode putih.  Untuk informasi selanjutnya, silakan hubungi: 082116288818 atau 087805580908. Dan saat KAA berlangsung, jangan iseng berteriak memanggil nama Asep. Pasti semua menengok!

Link terkait Paguyuban Asep: