Review

Kesejukan Bandung Utara di The Cipaku Garden Hotel





Bila Anda benar-benar ingin menikmati kesejukan alami di Bandung, tempat ini sangat direkomendasikan. Terletak di seberang kampus Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Jika dari arah bawah, pas di belokan Kampus UPI yang ada penjual-penjual nanas, ambil masuk ke arah kanan.  Di sini Anda bisa menikmati keasrian alam plus bisa mengenal lebih dekat seni budaya Sunda.

The Cipaku Garden Hotel memang bukan sekadar tempat istirahat dan menginap. Di sini, Anda bisa menikmati nuansa lingkungan alami yang tidak dibuat-buat. Dengan luas lebih dari empat hektare, Anda bisa jalan-jalan sekitaran hotel, makan di Kemangi Resto, memancing di pemancingan Cipaku, berenang dengan air biasa atau air hangat di Kolam Renang Bukit Cipaku, atau menyaksikan pementasan seni-budaya Sunda di ECOBambu Cipaku.

Berikut ini fasilitas yang ada di kawasan Jln. Cipaku Indah XI No. 2, Setiabudi (Ledeng)  KM 7,2, Bandung.

1. The Cipaku Garden Hotel
Hotel dengan kenyamanan yang alami ini menawarkan tempat peristirahatan yang damai. Di sini tersedia dengan kolam renang indoor dan outdoor. Di sini juga tersedia jasa perjalanan wisata, layanan pijat di kamar, dan Wi-Fi gratis juga tersedia.  Kamar-kamar yang nyaman dilengkapi dengan perabotan kayu dan TV. Setiap kamar memiliki kamar mandi pribadi dengan fasilitas shower dan perlengkapan mandi. Juga balkon pribadi yang menghadap ke kawasan hijau yang subur tersedia di kamar-kamar tertentu.

Fasilitas lainnya disediakan koran, brankas, dan penitipan bagasi. Juga ada fasilitas karaoke. Penyewaan mobil dan layanan antar-jemput ditawarkan jika Anda ingin menjelajahi daerah sekitarnya. Di sini pun Anda bisa menyantap makanan lezat-lezat di restoran hotel. Restoran ini menyajikan aneka hidangan Indonesia, Timur, dan Barat. Hidangan untuk disantap di dalam kamar tersedia melalui layanan kamar.

Estetika Cipaku Oase Barisan Muda Bandung Utara) atau biasa disebut ECO Bambu Cipaku adalah tempat kegiatan dan sanggar seni budaya Sunda. Ini merupakan kawasan edukasi, seni dan budaya Sunda yang bisa diterima oleh semua lapisan masyarakat Sanggar Di sini, Anda bisa menikmati duduk di saung-saung bambu sambil menikmati aneka pertunjukan ala Sunda (angklung, pencak silat, jaipongan, dan sebagainya). Di ECOBambu Cipaku juga ada hutan bambu observasi dan budi daya sekaligus museum bambu hidup. Target pada tahun 2020 direncanakan akan dibangun Institut Bambu dengan areal tanah sekitar lima belas hektare.

3. Kolam Pemancingan Cipaku
Inilah area yang pas bagi yang ingin wisata memancing bersama keluarga. Di sekitar kolam pemancingan ada area lapangan rumput luas yang pas buat main anak-anak. Anda bisa menyewa pancingan dan umpan kepada petugas. Kemudian, Anda dan keluarga bisa menjajal memancing ikan yang ada di pemancingan Cipaku. Jika Anda bingung cara memancing, petugas yang ada di sana siap membantu. Keseruan akan semakin terasa ketika ada ikan yang berhasil Anda pancing. Ikan hasil tangkapan Anda pun bisa diolah dan disantap bareng-bareng bersama keluarga di Saung Kemangi.

Jika Anda ingin melepas penat sambil menghirup udara segar, coba ke seputaran Saung Kemangi. Di sini pun Anda bisa bersantai sejenak sambil memancing ikan di kolam yang sekelilingnya sangat asri. Anda bisa memancing ikan dan meminta mengolahnya di sana. Di dekat kolam ada area lapangan rumput yang hijau. Ada pula aliran sungai yang alami mengalir dari sumber air.

Anda bisa duduk di sekitaran sungai sambil menikmati kesejukan alam. Atau berolahraga di jogging track. Jika ingin menyantap makanan yang super enak, bisa mencobanya di restoran yang ada dekat pemancingan. Salah satu menu andalah yang bisa Anda coba di sini adalah sajian ikan nila acar kuning yang rasanya top banget

5. Kolam Renang Bukit Cipaku
Kolam renang air biasa dan air panas di area The Cipaku Garden Hotel ini terbuka untuk umum. Untuk harga tiket masuk:
- Tiket hari biasa Rp. 40.000
- Tiket hari Minggu/libur Rp. 45.000
* Harga tiket masuk bisa berubah sewaktu-waktu.

Untuk fasilitas, pengunjung bisa memarkirkan kendaraan di depan area kolam renang. Saat masuk, langsung membeli tiket masuk. Dan di dekat loket pembelian tiket ada ruang ganti, tempat penitipan barang, serta mushola. Untuk yang nongkrong di kantin ada di bagian atas. Kolam renangnya sendiri ada di bagian bawah.

Untuk kedalaman kolam renang:
- Kolam renang dewasa panjang 25 m x lebar 14 m dengan kedalaman 1,1 s.d. 2,25 m
- Kolam renang hangat panjang 20 m x lebar 11 m dengan kedalaman 1,1 s.d. 1,5 m
- Kolam renang anak  panjang 20 m x 9 m dengan kedalamam 0,5 s.d. 0,6 m
Nah, bagi Anda yang ingin berlibur di Bandung serta mencari lokasi penginapan yang lengkap dengan adanya wisata alam, pemancingan, kolam renang, hingga pertunjukan seni budaya Sunda, bisa datang ke Cipaku.

Cipaku Garden Hotel
Jln. Cipaku Indah XI No. 2, Setiabudi KM 7,2
Bandung [lihat peta]
Telepon/SMS/WA: 0857-2270-0945