Review

Nongkrong Sambil Menikmati Kesegaran Es Goyobod Jln. Kliningan, Buah Batu




Jika Anda penikmat kuliner khas Bandung, banyak minuman dingin khas Sunda yang bisa menjadi pilihan. Anda bisa menikmati es cendol, es lilin, es campur, atau es goyobod. Nama yang terakhir adalah minuman dingin Indonesia yang berbasis pada santan yang mirip dengan es campur. Minuman ini terbuat dari es serut, santan, gula cair, dan sari pati kacang hijau yang dibekukan yang dikenal seabgai hunkwe. Bahan lainnya termasuk alpukat dan kelapa yang diparut. Es goyobod konon awalnya dikenal sebagai minuman dingin khas Garut. Minuman segar yang secara fisik atau kasat mata mirip dengan es campur dan es doger.

Es Goyobod Jln. Kliningan, Bandung

Jika Anda ingin menikmati es goyobod di Kota Bandung, rasanya tak lengkap jika tak mencoba es goyobod di Jalan Kliningan Buah Batu. Letaknya dekat dengan kampus ISBI (dulu STSI) atau sebelum pertigaan Jln. Buah Batu - Jln. Cijagra (dari selatan sebelum belok kanan ke arah Jln. Kliningan). Anda juga bisa melalui dari Jln. Karawitan.  Tempat dagangnya persis di seberang sekolah SMK. Tempat ini memang bisa jadi tempat nongkrong anak-anak sekolah yang ada di sini. Namun, untuk es goyobod yang dikenal dengan Gokil ini biasanya selalu penuh oleh pengunjung dengan ragam profesi dan usia. Para pekerja kantoran pun banyak yang menyengajakan diri mereguk segelas es goyobod ini.

Dengan harga Rp. 5.000 per gelasnya, Anda bisa menikmati kesegaran es goyobod Jln. Kliningan ini. Maknyus banget pokona mah, bikin segar di mulut dan kerongkongan. Bahkan, bisa saja Anda nambah satu gelas lagi jika memang sedang kehausan pisan. Usaha ini dirintis oleh  biasa yang dipanggil Abah sejak 5 Maret 2000. Untuk urusan omzet setiap harinya, Gokil bisa menghabiskan 2000 - 3000 gelas. Apalagi jika bulan Ramadhan, 5000 gelas Gokil bisa laku setiap harinya. Memang, goyobod ini sangat cocok untuk ta'jil pas buka puasa.

Di sini, Anda bisa memarkirka kendaraan di sekitar Gokil. Untuk motor sih bisa langsung parkir di dekat tempat-tempat duduk. Namun untuk yang bawa roda empat, harus ekstra saja nyari lokasi parkiran. Maklum sja di sini lokasinya persis di jalan raya yang lumayan ramai oleh lalu-lalang kendaraan. Untuk mengunjungi tempat ini, bisa menjelang siang (biasanya mulai buka pukul 09.00). Kalau pas siang hari atau waktu istirihat kantor, sudah pasti penuh. Usahakan juga jangan terlalu sore, karena sore biasanya sudah habis. Tempat di sini pun cocok buat nongkrong. Anda pun bisa menikmati jajanan lainnya seperti tahu gejrot, batagor, lumpia, dan lain-lain.

Goyobod Kiliningan
Jl. Kiliningan B-9
Lengkong, Buah Batu,
Bandung (lihat peta lokasi)
Telepon : (022) 7312611

Video goyobod Jln. Kliningan tonton di sini.