Review

Nostalgia Bandung Tahun '80-an




Foto Alun-Alun Bandung Tahun 80-an

"Bandung, bagiku, bukan cuma masalah geografis, lebih dari sekedar itu, melibatkan perasaan"

begitu quote dari Pidi Baiq, Imam Besar The Panas Dalam. Bandung sejak dulu menyimpan sejuta pesona dan kegembiraan bagi para penghuninya atau orang luar yang pernah merasakan suasananya. Tak heran jika dari zaman Belanda hingga zaman sekarang, kota ini tetap menyimpan kenangan tersendiri bagi yang pernah merasakan atmosfer Kota Bandung tempo dulu.

Berikut ini nostalgia di Bandung tahun '80-an:

Gaya dan Gaul
- di Bandung, pernah demam rambut gaya Demi Moore karena trend dari film Ghost. Sampai salon pun penuh antrean. Untuk kaum lelaki? Lihat saja gambar poster aneka model rambut yang modelnya unik-unik.
- "Badaaaaag... Enjuuuum!!!" menjadi trend karena sinetron Karnadi Anemer Bangkong yang diperankan Kang Ibing. Sebelumnya trend juga ungkapan: "Ceuk si Dodo bari heuay!"
- Rela kabur dari sekolah demi mendengarkan dongeng Sunda "si Rawing" yang dibawakan Uwa Kepoh. Trend lain mendengarkan sandiwara radio "Saur Sepuh".
- Ingin punya teman jauh? Kirim surat ke sahabat pena. Alamat calon sahabat pena bisa didapatkan di kolom-kolom majalah atau di sampul belakang LKS. Ingin surat-suratan sama si doi? Pakai kertas wangi plus kartu kata-kata bijak cinta produk Harvest.
- Nonton pertunjukan musik di Gelora Saparua atau di Kolam Renang Karangsetra. Nonton Harry Moekti bergaya bajing luncat, berjingkrak naik turun sound system. Artis terkenal made in Bandung kala itu Nicky Astria, Nike Ardilla, Conny Dio, Yosie Lucky, dkk.
- Musim hujan adalah waktu gaya-gayaanan buat pake sweater dan jacket Esprit dan Benetton.
- Sepatu sekolah memakai merk Titania dan ke sini pakai sepatu Warior. Beli seragam di toko seragam Resko atau Remaja.
- Naik angkot nyebutnya Honda, apapun merk mobilnya.
- Kalau lagi apes, KTP dijaminkan di rumah makan.
- Renang bisa Tirtalega, Karang Setra, Centrum, Yulies Jln. Rancagoong, atau Pasundan Plaza.
- Nonton Persib di Stadion Siliwangi. Belum ada organisasi-organisasi, semua menyebutnya Bobotoh. Kadang di stadion bisa botram. Kang Ibing pun menyanyikan lagu "Maung Bandung" khusus buat Persib.
- Dago atau Gazibu tempat nongkrong favorit anak muda Bandung. Filmnya Catatan Si Boy, pasang tasbih digantung di spion tengah.
- Nonton film murah meriah di Panti Karya atau bioskop Dian atau Paramount di Jalan Sudirman..
- Beli kaset kosong buat ngerekam lagu favorit dari radio. Harus pandai kapan menekan tombol record atau stop, kalau tidak iklan bisa kerekam. Pokoknya cepat merusah head tape recorder.
- Main atau latihan sepatu roda di Jln. Cilamaya.
- Ingin rekues lagu? Kirim via kartu pos mau cepat bisa via telepon (kalau di rumah punya itu juga atau bawa radio transistor di telepon umum).
- Makan permen karet biar kayak si Lupus. Bekasnya? Simpan di bangku teman atau di bawah bangku.
- Stiker Cobra, anak No Problem, atau kata-kata bijak. Tempel di kaca jendela atau lemari.

Sosial dan Pemerintahan
- Saat Agustusan atau ulang tahun Bandung biasa diadakan Pameran Pembangunan.
- Masih ada tukang piano suami istri udah tua yg pakemazda sabun kotak dgn lampu warna warni nyetirnya lama apalagi di tanjakan Jln. Siliwangi.
- Gubernur Alm. Bapak Aang Kunaefi juga Yogi S Memet. Sedangkan Wali Kota Alm. Ateng Wahyudi. Pak Ateng terkenal salah satu Wali Kota yang bebeakan dalam urusan Persib. Ia pun sempat jadi cameo di film si Kabayan bersama Didi Petet, Kang Ibing, Nurul Arifin dengan lokasi shooting di Stadion Siliwangi.

Transportasi
- Terminal Kebon Kalapa masih ramai oleh bus dan angkot. Di sekitarnya ada pasar, warung-warung makan, hingga sentra jualan burung.
- Naik bus DAMRI, pakai tiket abudemen. 
- Naik omprengan dari Alun-Alun ke Cicaheum. 
- Masih ada oplet jurusan Ciumbuleuit - Stasion dan Kelapa Ledeng.
- Tersisa juga beberapa bemo di beberapa kawasan di Bandung.
- 4848 rajanya travel di Bandung. Lokasinya di Viaduct, dekat tukang velg ban.

Kuliner dan Tempat Belanja
- Rumah Makan Ampera di Terminal Kebon Kalapa masih kayak warteg dengan pelanggan supir, kenek, pengunjung terminal, dan tukang becak.
- Beli buku dan kaset bekas di Jln. Dewi Sartika atau Cikapundung. Hati-hati ada yang nguntit di belakang sambil berbisik nawarin buku atau majalah "aneh" dengan jurus bisikan: "A.. bade buku Eni Erow?".
- Belanja buku favorit di Palasari, peduli bajakan juga yang penting murah. Tempat lainnya di Pasar Balubur atau Toko Buku Lutju Jln. Sunda.
- Makan perkedel dan kerupuk bondon di Stasiun Bandung (selatan)
- Dapat bonus kalender dari Kalimas, Ramayana, atau Matahari.

Hiburan
- "Buanglah sampah pada tempatnya. Pesan ini disampaikan oleh Lidya Wave Salon..." itulah iklan layanan masyarakat di radio yang terkenal era '80-an. Iklan lainnya: "Kecap Asri Sari... Kecap yang bermutu tinggi..." biasa muncul dalam acara radio "Sempal Guyon Si Kundang" di Radio Garuda.
- Radio beken: Radio Oz (Jln. Geusan Ulun), Radio KLCBS (Jln. Karang Layung), Radio Ardan (Jln. Jurang); atau para kaum muda jika ingin mendengar musik cadas, ada Generasi Muda Radio alias GMR.
- "Media sosial" ada break-breakan pakai radio khusus dalam wadah RAPI dan ORARI. Mau yang sederhana bisa pasang kabel antar rumah dan kalau punya duit bisa pasang antena tower di rumah. Gaya komunikasi sosial tahun '80-an ini pernah juga diangkat dalam lagu yang dibawakan Farid Hardja.
- Buat nonton film di rumah atau rumah kawan, bisa patungan sewa kaset video.
- Main games baru sebatas Atari atau Nintendo. Di sekolah, hiburan berteknologi cukup sewa game watch dengan harga sewa gocap alias Rp. 50,- yang biasa dipasangin rantai monyet oleh si Emang tukang sewanya. Jika ingin sambil main, bisa main dingdong. Cuman hati-hati buat yang pakai seragam, nanti kena operasi.
- Buat jalan-jalan ke tengah kota, bisa ke Jalan Braga. Dulu masih ada Mang Supeno, si Braga Stone.
- Tempat gaul lainnya ada di rumah Kang Harri Roesli, di Jln. Supratman (DKSB).
- Baca komik si Gareng, Siksa Neraka, atau baca cerita silat Kho Ping Hoo. Komik bisa beli di Toko Buku Maranatha, Jln. Ciateul.

Tambahan nostalgia lainnya di Kota Bandung tahun '80-an dari forum indoflyer.net dan sumber lainnya:

- Lengan seragam dilinting. kaos kerahnya diangkat kacamata BL atau gaya papatong (capung), tas sekolah yang bentuknya kaya ikat pinggang untuk mengikat buku. Ke sini-ke sini ada tas Dody/Jayagiri dan Alpina.
- Pembalap motorcross yang terkenal Popo Hartopo, trail kuning sebagai motor andalan Ali Topan.
- Legenda Persib: Adjat Sudrajat. sebagai striker andalan Persib, Sutiono Lamso, Djajang Nurjaman, atau Kang Robby Darwis "Halik ku aing!".
- Tikungan ABOW adalah salah satu strategi ngembat pacar temen..
- Belanja jaket dan ransel tentara di Jatayu.
- Foto-foto dengan background Gedung Sate atau air mancur Alun-alun merupakan foto wajib.
- Makan nangka ama nanas goreng. Minumnya bandrek dan bajigur. Asyiknya di kakilima Jl. Cibeunying atau Jl. Surapati atau Jl. Diponegoro.
- Mobil mobil diceperin dan bunyinya cekeces.cekecess. yang jadi mobil andalan Jimny,Lancer, Corolla DX. - Geng yang ada, T2R, Dr. Jazz, S2RV, TRM, TRZ, SGE, DYR.
- Buat yang doyan petualangan dan agak berjiwa tarzan. WANADRI dengan ciri-ciri pake baju flannel, celana Alpine. Kuliah juga tetap dengan kostum naik gunung.
- Bangga banget jadi anaknya Elfas.
- Toko Tiga dan Dezon. buat beli celana Levis.
- Mau beli atau jual jam harga cekak? Datanglah ke kios-kios di sepanjang Jln. ABC.
- Acara slalom test. Hari Minggu di area Gedung Sate. Bintangnya waktu itu Cuplis. Mobilnya masih Suzuki pick up (pake karung di belakang sebagai pemberat).
- Kanikea, The Turtle rajin ngadain acara yang berhubungan dengan otomotif.
- Taman Maluku. jadi tempat iseng buat dilewatin dulu ada waria namanya Dayat yang selalu ramah kalo dipanggil sekalipun kita hanya lewat doang
- Tempat dugem atau disko? Ga ada lagi selain STUDIO EAST. Lengkap dengan acara SUNDAY AFTERNOON-nya.
- Centrum gak lengkap tanpa POLCE, preman andalan anak sekolah.
- Endras manggung. Ekki Soekarno dan Indra Lesmana pentolannya.
- Yoghurt Cisangkuy tempat wajib buat nongkrong, jagung dan Ketan Bakar.
- Lembang, SUMUR Lembang, Es Campur, Siomay Jl. Bungsu dan Toko You.
- Sate Mbok. sate sapi yang digendong.. dan. Siomay Hockey (Hoki).
- Bumi Sangkuriang. Mau angkatan berapa juga di Bandung numplek di sana juga dengan Geng Taekwondonya. Ade Bule sebagai superstar. he. he. Lamting. sabam yang sabar serta Oom Achen sebagai salah satu sesepuh.
- Toko Setiabudhi yang menyenangkan juga toko Borobudur di Jl. Setiabudi.
- Toko Kue La Belle yang pernah jadi pilihan favorit buat beli kue selain Toko Soes Merdeka dan Bawean dengan wafers coklatnya.
- Hot Dog Gelael.
- Padhayangan muncul. pentolannya Izhur dan Denny Mochtar. Gabungan anak Unpad dan Unpar.
- Wanna Be dancer. udah pasti identik dengan cewek cantik dan begaul. nama bossnya Acan, maskotnya Bara, tempatnya di Jl. Sumatra No. 53.
- Vokal Group kompetisi. Kang Deden. Mas Lucky.Latihannya di tempat KSP Jl. Siliwangi Tamansari.
- Pernah ada perkelahian hebat di lapangan SMAK Dago, namanya DARRAS. Bintang tamunya ROBERT.
- Geng cewe SMA SUMATERA 40 yang dikenal PIPI LONG STOCKING, dandan lengkap dengan sweater diikat di pinggul atau bahu, anting lumba-lumba warna warni dan kaos kaki panjang garis garis. pokonya semua satu warna.
- Bubur Mang Oyo dan Gardujati jadi pilihan makanan subuh.
- Geng Cikendi Hegarmanah. di Jl. Diponegoro. Jl.Nakula dan Jl. Dago, mewakili cewe-cewek kece dan begaul di Bandung.
- Breakdance. Bintangnya Rudi Sagir dan Iwan Adjie.
- Taman Dago yang ada pohon beringin besar masih enak buat dinikmati sembari main gaple.
- Dulu di Dago ada Toko Tengah, toko kaset yang cukup asyik, Toko Boss buat cari kado ulang tahun, kartu-kartu Hallmark, Black Cat yang terkenal dengan kartu dan posternya. Dan satu lagi toko kaset di Pasar Cihapit.
- Sepeda BMX. udah pastilah. Kiki Kasoem gank.
- Main sepatu roda di Lipstick dan Romano Plaza. Ada toko mainan GOW and GOW
- Group Softball Gergous ama Rusa Hitam merajai Lapangan Lodaya.
- Laga. pilihan seru buat dengerin live music (Mas Erlan, Kang Harry Pochang dkk.).
- Tizis, Braga Permai dan Glossis, bangku paling belakang tempat yang cocok buat romantis-romantisan
- Buat yang siang mau pacaran. ada Taman Es Krim di Jln. Setiabudhi (Ledeng).
- Pangalengan dan Ciwidey jadi pilihan buat wisata alam selain Cikole Lembang.
- Bahasa bencong, bahasa prokem mulai berkembang.
- Zippo jadi korek andalan.
- Langganan pinjem video beta di IBC. Jln. Bahureksa.khusus buat film silat Condor The Heroes, Sin Tiau Hiap Lu.
- Makan nasi kuning tiap minggu di Ny. Beng Jln. Bahureksa.
- Pinjem komik silat di taman bacaan Jl. Purnawarman dan Jln. Nias.
- Toko Bagelen. Jln. Purnawarman.
- Makan ice creamdi PT Rasa Jln. Tamblong dan makan baksonya di Jln. Kejaksaan atau di belakang Dian Theater Jl. Balong Gede.
- Salon Hetty, buat mbak-mbak. Tukang cukur di Gg. Saad. Buat ibu-ibunya yang masih gemar disasak dan dikonde rajin ke Salon Nur di Jl. Sulanjana.
- Masih di Gg. Saad, tempat vermak celana jeans masih jadi andalan buat celana jeans yang kepanjangan.
- Cerita horror di Bandung, Rumah Mummy dan Rumah Ambulance di Jln. Bahureksa.
- Butuh training spak dan alat olahraga nyari ke Celebes di Jl. Tamblong dan Smess Jl. Merak.
- Tukang Jahit..Tailor 007 di Jl. Titiran.
- Kaos distro? Ke C59 saja.
- Geng motor Harley Davidson (Bang But) dan Brotherhood (Kang Bebeng).
- Club mobil Volkswagen yang asyik pameran, Kijang Club yang sibuk parkir depan halaman Gedung Sate setiap minggu sore.
- Perlu jok mobil RECARO dan Velg keren atau ingin mendandani mobil lebihbagus? Silakan berkunjung ke LEONIDAS pemiliknya Irawan di Jln. Siliwangi.
- Penjara Banceuy mulai dihancurkan dan hanya tersisa bekas penjara Soekarno.
- Foto keluarga atau bikin pas photo di Studio Photo Abadi. Jl. Merdeka
- Studio foto Jonas buat yang ingin difoto lebih gaya.
- Wajib untuk kursus komputer di LPKIA Dago yang diajarin Basic, Cobol, WordStar, dll.
- Petrus (penembak misterius) untuk para preman bertato, saking takut orang-orang menyetrika tato nya biar nggak dikarungin.
- Bandung jadi pusat industri Nurtanio (pesawat), Pindad (senjata), PT INTI (telekomunikasi).
- Siaran Dunia Dalam Berita Jam 9 adalah waktu yang paling tepat buat ngusir pacar anaknya.
- Anak kolong. khusus buat anak-anak yang tinggal di kawasan Gegerkalong (KPAD) dan tempat lainnya di kawasan Kodam III Siliwangi (Jln. Gandapura, Kosambi, Jln. Patrakomala, Jln. Gudang Utara/Selatan, dsk.).