Review

Film "Lembar Jawaban Kita" Menangkan Festival Film Jawa Barat 2015




Festival Film jawa Barat (FFJ) 2015

Penghargaan bagi insan sineas dan komunitas sinema digelar lewat Festival Film Jawa Barat 2015. Para peminatnya berasal dari berbagai daerah di Jawa Barat, mengirimkan 300-an film pendek. Pemenang 5 kategori berhadiah total Rp 242,5 juta itu diumumkan 28 November 2015 di Gedung Merdeka, Bandung.

Setelah  bekerja  keras sejak akhir Oktober 2015,  juri  Festival Film Jawa Barat (FFJB) 2015 akhirnya memilih film "Lembar Jawaban Kita" sebagai pemenang kategori Film Terbaik, pada acara  penganugerahan  FFJB  2015 di Gedung Merdeka, Jl. Asia  Afrika,  Sabtu (28/11/2015).

Penghargaan  lain  yang dianugerahkan pada ajang  FFJB  2015  ini adalah Cerita Terbaik yang diraih film "Divergen"; Penata Kamera Terbaik ("Ketika Angin Bicara pada Awan"); Poster  Terbaik  FFJB  2015 ("Gadget"); dan gelar Sutradara Terbaik   yang  diraih Sofiana Ali, sutradara film "Lembar Jawaban Kita".

Para  juri memang harus berkonsentrasi penuh untuk memilih  pemenang  festival ini karena di luar dugaan, jumlah  peserta  begitu membeludak. Menurut ketua panitia, Aria Kusumadewa, tercatat ada sekitar  237 film  yang   terdaftar dan dinilai. Dari jumlah itu,  sekitar  20 persen  bahkan  disebut-sebut layak  untuk  diikutsertakan  dalam kompetisi film tingkat nasional dan internasional.

Tak  heran bila Aria menyatakan bahwa Jawa Barat  sebagai  tempat terbentuknya embrio film di Indonesia karena antusiasme  peserta sangat  tinggi. Jumlah 237 film didapat hanya dari  sekitar  tiga minggu pendaftaran  dan 23 minggu  sosialisasi.  Hebatnya  lagi, tema-tema yang diangkat begitu kaya dan beragam.

Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar berharap ajang ini  sebagai  awal kemunculan sineas-sineas asal Jawa Barat yang  mewarnai dan memajukan industri perfilman Indonesia. Apalagi, film pertama Indonesia  lahir di Kota Bandung dan itu merupakan fakta  sejarah yang tak terbantahkan.

Festival Film Jawa Barat 2015 diadakan untuk merangsang gairah produksi film dan menggali potensi daerah yang ada di Jawa Barat. Adapun pengumuman festival tersebut dimulai Oktober melalu medos dan pesan berantai ke kalangan komunitas pembuat film. Selanjutnya pemutaran film sekaligus penjaringan karya peserta di berbagai daerah, yakni Bogor, Tasikmalaya, Cirebon, Kabupaten Bandung, dan Purwakarta.

Tonton film:
- Lembar Jawaban Kita
- Ketika Angin Bicara pada Awan (Trailer)