Review

Wahana Hiburan Disneyland Bakal Hadir di Walini City, Cikalong Wetan, Kab. Bandung Barat





Potensi Bandung dan sekitarnya (Kota Bandung, Kab. Bandung, Kab. Bandung Barat, Cimahi) sebagai tujuan wisata dan bisnis ke depan kiranya akan lebih menggeliat. Pembenahan dan pembangunan terus dilakukan. Potensi wisata Bandung ke depannya bukan hanya segmen wisatawan lokal atau Nasional, bahkan bisa lebih mendunia. Apalagi pembangunan fasilitas dan sarana publik yang terintegritas akan lebih membawa Bandung juga sekitarnya menjadi kota kelas dunia.

Beberapa pembangunan mulai digarap, dari jalan tol, kawasan terpadu, kereta api cepat Jakarta-Bandung, hingga bandara internasional. Inilah yang jika sudah dibangun nanti akan mengubah wajah Bandung menjadi kota yang patut menjadi destinasi wisatawan maupun pebisnis kelas dunia. Bandung dan sekitarnya tentunya akan lebih moderen dengan pergerakan penduduk dan ekonomi yang lebih pesat. Apalagi beberapa kawasan di seputaran Bandung masih terbuka peluang untuk dikembangkan.

Selain  pembangunan  jaringan kereta api cepat  koridor  Jakarta-Bandung,  akan  ada  proyek besar lain di Jawa  Barat  yang  akan bersinergi dengan jaringan kereta api cepat ini, yaitu  pembangu nan taman rekreasi Disneyland. Ke depannya, wahana  hiburan  yang akan menjadi  yang  terbesar  di Indonesia ini akan dibangun di Kota Walini, Cikalong Wetan,  Kab. Bandung  Barat (KBB). Kawasan ini untuk sekarang baru dikenal sebagai salah satu kawasan yang dilewati jalan tol Cipularang juga jalan raya biasa yang menghubungkan Bandung dan Purwakarta.

Rencana kehadiran wahana hiburan kelas dunia ini pembangunannya berkaitan dengan  pembangunan  kereta api  cepat  Jakarta- Bandung. Karena seperti diketahui, Walini akan menjadi salah satu  stasiun dan merupakan bagian dari trase kereta supercepat  Jakarta-Bandung,  yang berawal dari Gedebage dan berakhir  di  kawasan Halim Perdanakusumah.

Walini City
Bila Disneyland benar-benar berdiri di Kota Walini,  maka Bandung akan  bergabung dengan beberapa kota lain di dunia  yang  menjadi cabang  tempat  hiburan ternama ini, di antaranya  Anaheim,  Lake Buena  Vista, Paris, Hong Kong, dan Tokyo. Jadi, orang  Indonesia nantinya  tidak perlu jauh-jauh pergi ke Hong Kong untuk  mengunjungi Disneyland, cukup ke Kota Walini saja. 

Rencana  pembangunan ini memang baru sebatas  penjajakan  melalui koordinasi  dengan pihak Disneyland. Kabar gembiranya, pihak Disneyland sudah memberikan lampu hijau alias berminat untuk membangun arena hiburan di Indonesia. Rencana pembangunan Disneyland di Kota Walini juga akan sejalan dengan keinginan Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang akan membangun kawasan terpadu seluas 3.000 hektare bernama Kota Raya Walini.  Di kawasan tersebut akan terdapat perumahan,  pusat  bisnis, pusat pemerintahan, wisata hiburan, dan Kampung Asia Afrika.

Bahkan  kabarnya,  seluruh kegiatan  pemerintahan  Pemprov  Jabar nantinya  akan berpusat di Kota Raya Walini. Hal itu  tentu  saja bisa terwujud bila sudah ada kesepakatan dengan PTPN VIII sebagai pemilik lahan, yang juga merupakan salah satu anggota  konsorsium BUMN yang membentuk PT Pilar Sinergi BUMN, yang menjadi  investor dalam pembangunan kereta api supercepat koridor Jakarta-Bandung.