Review

Alun-alun Bandung Akan Dipenuhi Kain Perca Antikorupsi




Kain Perca Alun-Alun Bandung Hari Antikorupsi
Sumber: Akun Path @Indrabayu_
Bila  jalan-jalan ke Alun-alun Bandung pada  Kamis  (10/12/2015), Anda  akan menyaksikan pemandangan menarik  berupa  bentangan 20 ribu helai kain perca. Bukan kain perca biasa, itu adalah  bentuk penolakan  dan komitmen masyarakat untuk menolak  korupsi,  dalam gerakan "Perca Integritas Antikorupsi".

Kegiatan ini merupakan bagian dari Festival Antikorupsi 2015 yang diselenggarakan  Komisi Pemberantasan Korupsi  (KPK),  Konsorsium Komunitas  Festival Antikorupsi 2015, dan Ruang  Media  Perempuan (Rumpun) Indonesia.

Seperti  diketahui, Bandung ditunjuk KPK untuk   menyelenggarakan Festival  Antikorupsi 2015 pada 10-11 Desember 2015.  Rencananya, Festival Antikorupsi ini akan dipusatkan di Sasana Budaya Ganesha (Sabuga) Bandung dan akan dibuka Presiden Joko Widodo.

Jujur,  peduli, mandiri, disiplin, kerja keras, sederhana,  tanggung  jawab, berani, adil, dan sabar. Itulah sepuluh nilai  integritas  yang harus dimiliki bangsa Indonesia agar  terbebas  dari korupsi.  Nilai-nilai integritas itu harus ditanamkan sejak  dini dari unit yang paling kecil, yaitu keluarga.

Hal itu diungkapkan Aryani Murchayani dari Ruang Media  Perempuan (Rumpun)  Indonesia di Roemah Keboen, Jln. L.L.R.E.  Martadinata, Bandung, Selasa (8/12). Pembubuhan cap tangan dan ungkapan pemikiran dalam kain perca ukuran 30 x 42 cm ini diharapkan  menjadi gerakan bersama yang bertenaga untuk mengenyahkan perilaku korup. Apalagi,  Presiden  Joko Widodo pun  rencananya juga  akan  turut serta  membubuhkan  cap tangannya saat membuka  festival  ini  di Sabuga, dengan disaksikan peserta PercaIntegritas Antikorupsi  di Alun-alun Bandung melalui video conference.

Anda  yang sedang berwisata ke Jalan Asia Afrika, Alun-alun  Bandung,  dan  sekitarnya pada Kamis (10/12/2015), bisa  ikut  ambil bagian dalam gerakan ini. Jadikan momentum ini untuk  menunjukkan kebencian dan penolakan Anda pada korupsi, kolusi, dan  nepotisme (KKN) untuk menciptakan Indonesia yang bersih dan berintegritas.