Review

D'Pakar, Kafe Nuansa Hutan di Dekat Tahura




Cafe D'Pakar Tahura Dago Bandung

Setelah puas dan capek menjelajah Taman Hutan Raya (Tahura) Ir. H. Djuanda, perut Anda pasti mulai berdemo meminta segera diisi. Tenang saja, yang namanya di Bandung, tempat enak untuk mengisi perut bertebaran di mana-mana. Tapi, bila Anda ingin tidak sekadar makan alias ada nilai plusnya, Anda perlu mencoba Cafe D'Pakar yang letaknya relatif tidak begitu jauh dari Taman Hutan Raya Djuanda, sekitar 2-3 kilometer dari gerbang masuk Tahura.

Dekat Tahura
Untuk sebuah kafe, letak Cafe D'Pakar lumayan agak tersembunyi. Begitu kita keluar dari Tahura Djuanda, arahkan kendaraan ke kiri melalui Jl. Pakar Barat, lalu sekitar seratus meter, Anda belok kanan untuk menyusuri Jl. Bukit Pakar Utara. Jangan khawatir salah jalur bila jalan yang Anda lalui makin menanjak dan di kanan-kiri dihiasi tanaman dan pepohonan yang rimbun. Terus saja naik, hingga kemudian Anda akan menemui kafe ini di sebelah kiri jalan.

Selalu banyak pengunjung ke kafe di ketinggian Bandung yang sejuk dan segar ini, sehingga Anda tidak akan sulit menemukannya. Mobil-mobil yang terparkir berjejer di pinggir jalan bisa menjadi salah satu petunjuk Anda sudah sampai di Cafe D'Pakar.

Tak heran kalau kafe ini selalu dipenuhi pengunjung walaupun letaknya cukup terpencil dan harus melewati hutan-hutan, karena memang selain menjual makanan, kafe ini pun memiliki andalan lain yang layak jual, yaitu keindahan alam yang berada di sekelilingnya. Begitu sampai di tempat ini dan mendapat tempat yang strategis dengan view yang menawan, Anda dijamin betah dan tak ingin segera beranjak dari tempat duduk.

Indoor dan Outdoor
Ada dua pilihan yang ditawarkan kepada pengunjung kafe ini, apakah mau makan di dalam alias indoor, atau di luar (outdoor). Sebagian besar pengunjung biasanya akan memilih yang kedua (outdoor), karena sambil makan, juga bisa sepuas-puasnya menikmati pemandangan pegunungan yang indah di sekelilingnya dari tebing yang berudara yang sejuk-segar. Di bagian outdoor, pengelola menyediakan meja-meja dan kursi kayu yang cantik dan bentuknya terkadang unik. Hal lain tentunya yang tidak ingin dilewatkan saat makan di bagian luar adalah ber-selfie ria.

Bila beruntung ketika kafe sedang sepi, Anda bisa memilih meja dan kursi untuk makan yang letaknya strategis di bagian outdoor. Namun bila sedang penuh tentu meja dan kursi yang ada pun tidak masalah, toh view yang bagus tetap bisa Anda nikmati. Dan yang paling penting tentu saja Anda tetap bisa makan. Bahkan bila pengunjung sedang membeludak, Anda yang datang terlambat dan keukeuh ingin memilih outdoor, Anda akan dimasukkan ke dalam waiting list, sehingga tentulah tidak bisa pilih-pilih spot tempat duduk sekehendak hati. Karena itu, bila memang hendak makan di sini, datanglah sejak kafe ini mulai dibuka.

Akan tetapi, pada musim hujan seperti sekarang, tentunya bijaksana bila Anda memilih bagian outdoor ketika datang cuaca sedang mendung dan tampak akan segera turun hujan. Jangan sampai Anda basah kuyup ketika sedang tanggung melahap makanan. Apalagi kalau datang dengan keluarga dan membawa anak-anak, Anda bisa kerepotan.

Bagian indoor juga cukup bagus kok, berupa bangunan joglo dengan meja-meja dan kursi dari kayu berplitur nan cantik. Oya, bagi perokok, tidak diperkenankan merokok sambil jalan-jalan atau beranjak dari meja yang Anda tempati. Kebersihan tempat ini memang benar-benar diperhatikan, sehingga tempat sampah pun dapat dengan mudah ditemui di setiap sudut.

Harga dan Pilihan Menu
Sebagai kafe yang dikelilingi pemandangan yang menawan, harga yang ditawarkan D'Pakar cukup ramah di kantong dan rasanya pun enak dan sepadan. Harga minuman seperti bandrek, kopi aroma, cappucino, sekoteng, dan es jeruk berkisar antara Rp 12.000 hingga Rp 20.000.

Sementara bila Anda memesan makanan berat seperti nasi goreng, nasi soto bandung, nasi tutug oncom ayam penyet, dan nasi gepuk penyet, harganya sekitar Rp 28.000 hingga Rp 38.000. Di sini juga Anda bisa memasan hidangan beberapa jenis mi dengan harga sekitar Rp 20.000-Rp 27.000.  Bila Anda hanya ingin ngemil, D'Pakar juga menyediakan camilan seperti roti bakar, pisang bakar, dan donat ice cream dengan harga Rp 18.000-Rp 30.000.

Cafe D'Pakar
Alamat : Jalan Dago Pakar Utara, Sekejolang, Bandung, Jawa Barat
[lihat peta lokasi]

Kontak
Telepon: 085102677787
PIN BB: 57C1A546
Line: @inf6612h (gunakan @) 

Jam Operasional:
Rabu    11.00–18.00 WIB
Kamis    11.00–18.00 WIB
Jumat    11.00–18.00 WIB
Sabtu    09.00–18.00 WIB
Minggu    09.00–18.00 WIB
Senin    Tutup
Selasa    11.00–18.00 WIB

- Akun Instagram: @dpakarbandung
- Video Cafe D'Pakar tonton di sini