Review

Festival Isola Menari 12 Jam Nonstop 2015 Digelar Himastar UPI




Festival Isola Menari 12 Jam Nonstop 2015 Digelar Himastar UPI

Sejak pertama kali diselenggarakan pada 2010, mahasiswa Jurusan Seni Tari Fakultas Pendidikan Seni dan Desain (FPSD) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) rutin menyelenggarakan Festival Isola Menari 12 Jam Nonstop setiap tahun. Tahun ini, Himpunan Mahasiswa Seni Tari (Himastar) kembali mengadakan Festival Isola Menari 12 Jam Nonstop 2015 dengan tema "Give Me Five, Semua Berawal dari Sentuhan" di kampus UPI, Jln. Dr. Setiabudhi Bandung, Rabu (2/12/2015).

Kegiatan yang merupakan hasil kerja sama Departemen Pendidikan Seni Tari dengan KIG Dance Community dan Wirahma ini memang menjadi agenda seni unggulan yang menumbuhkan harapan semakin tumbuh dan berkembangnya kegiatan-kegiatan pendidikan yang bersendikan pada kebudayaan. Apalagi sejak UPI memiliki fakultas yang lebih spesifik di bidang seni, yaitu Fakultas Pendidikan Seni dan Desain (FPSD) sejak tahun 2014, diharapkan lahirseniman-seniman andal --khususnya seniman tari-- yang mampu menjaga dan memajukan seni dan kebudayaan bangsa.

Kolaborasi Penari Dalam dan Luar Bandung
Festival Isola Menari 12 Jam ini berlangsung di beberapa arena yang terpisah. Antara lain di Gedung Amfiteater UPI, halaman parkir UPI, gerbang kampus, dan di sekitar lingkungan kampus lainnya. Kegiatan yang dimulai sejak pukul 09.00-21.00 WIB itu,diisi oleh banyak penari dari dalam dan luar Kota Bandung. Penari yang tampil antara lain Sasenda yang membawakan tarian "Water Cai" dan grup tari Arum Sari yang membawakan tarian "Kamelang"".  

Pada akhir 2012, pernah pula digelar Isola Menari 12 Jam. Waktu itu, para penari Jurusan Seni Tari dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Universitas Negeri Jakarta (UNJ), STSI Bandung, dan Universitas Surabaya ini ambil bagian pada Isola Menari 12 Jam yang digelar Himpunan Mahasiswa Seni Tari (Himastar), Jurusan Pendidikan Seni Tari Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni UPI.
Sesuai dengan kegiatannya, waktu itu pun para penari terus-menerus menari selama 12 jam. Tercatat mereka mulai menari sekitar pukul 09.00 dan berakhir pada pukul 21.00. Kegiatan waktu itu mengambil tema Let's Move Your Body.