Review

Hadapi MEA, STBA Gelar Seminar Pariwisata 2015




Seminar Pariwisata STBA Yapari ABA Bandung.jpg

Saat ini, Indonesia sedang bersiap-siap menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang akan dimulai pada 31 Desember 2015. Di satu sisi penyelenggaraan MEA menumbuhkan harapan akan meningkatkan perekonomian Indonesia, namun di sisi lain juga menimbulkan kekhawatiran apakah Indonesia siap menghadapi persaingan bebas di tingkat Asia Tenggara ini.

Pembentukan pasar tunggal dalam MEA akan memungkinkan satu negara menjual barang dan jasa ke seluruh Asia Tenggara dengan bebas, tetapi juga menimbulkan persaingan yang ketat.Dalam Masyarakat Ekonomi ASEAN, tidak hanya keran arus perdagangan, pariwisata, dan jasa yang dibuka, tapi juga pasar tenaga kerja.

Pembentukan MEA diyakini akan membuat negara-negara di Asia Tenggara mampu bersaing dengan negara dari wilayah lainnya, terutama Cina dan India, dan membuat posisi negara-negara Asia Tenggara menjadi lebih strategis.

Di bidang pariwisata, Indonesia juga harus menangkap peluang MEA untuk semakin meningkatkan kunjungan wisatawan. Apalagi di bidang pariwisata Indonesia cukup percaya diri karena memiliki sumber daya manusia (SDM) yang kompeten dan tersertifikasi. Hal itu antara lain pernah dilontarkan Menteri Ketenagakerjaan, Muhammad Hanif Dhakiri.

Untuk membahas kesiapan menghadapi MEA di bidang pariwisata, maka pada Jumat, 11 Desember 2015, STBA YApari-ABA Bandung akan mengadakan Seminar Pariwisata 2015 yang diselenggarakan di Gedung STBA Yapari, Jl. Cihampelas No. 194 Bandung, pukul 08.00 WIB sampai dengan selesai.

Dalam seminar bertema "Peluang dan Tantangan SDM Bidang Pariwisata Jawa Barat Dalam Menyambut MEA" ini, akan hadir Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat, H. Nunung Sobari dan Kepala Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Kota Bandung, Deden Y. Hidayat. Batas pendaftaran acara ini hingga 9 Desember 2015, dengan ongkos pendaftaran Rp 40.000 untuk mahasiswa STBA, dan Rp 50.000 untuk umum.

Contact Person:
Sarah  : 087722404521
Line ID: sarahgrac
Yusep  : 089686523906
LINE ID: yusepardiansyah