Review

Inilah Daftar Tempat Wisata Favorit di Bandung Saat Musim Liburan




Tempat Wisata Favorit di Bandung Tahun 2015

Food, fun, fashion itulah yang mungkin cocok untuk menggambarkan Bandung. Apalagi saat musim liburan, Bandung sudah biasa menjadi destinasi wisata yang sangat digemari. Kota Kembang menjadi tujuan utama bagi mereka yang liburan, baik liburan sekolah, liburan hari raya, maupun liburan akhir tahun menyambut tahun baru. Tak jarang, kemacetan kerap menyergap beberapa titik lalu lintas Kota Bandung.

Apalagi kawasan Bandung utara. Ke daerah Lembang yang saat waktu normal bisa ditempuh setengah hingga satu jam, saat musim liburan bisa berjam-jam. Belum lagi kawasan wisata belanja seperti di Jalan Cihampelas, Dago, Jalan Riau, atau Pasar Baru pasti tumpah ruah oleh pengunjung. Bagi Anda yang akan ke Lembang namun ingin mencari jalan alternatif alias tak ingin terjebak kemacetan? lihat di sini.

Nah, bagi Anda yang berniat mengisi liburan di Bandung, berikut ini kami sajikan informasi beberapa tempat wisata favorit di seputaran Bandung.

1. Kawasan Wisata Alun-Alun Bandung
Kawasan ini langsung jadi trend setelah pelaksanaan peringataan KAA ke-60 pada bulan April lalu. Apalagi seiring dengan trend foto selfie. Kawasan Alun-Alun Bandung kini menjadi salah satu spot paling diminati oleh para pelancong.Di sini, Anda bisa berfoto di depan Gedung Merdeka, Taman Alun-alun Bandung, Cikapundung Riverspot, atau mengunjungi bekas sel Presiden pertama RI, Ir. Soekarno di Banceuy. Belum lagi di kawasan Cikapundung yang kerap digelar aneka event. Lokasi ini juga berpadu dengan kawasan wisata terkenal di Bandung, Jln. Braga. Anda tinggal berjalan beberapa ratus meter ke arah utara. Jalan Braga salah satu tempat paling favorit untuk foto selfie.

2. Kawasan Wisata Lembang
Tentunya pula kawasan Lembang pun tetap menjadi primadona. Kawasan yang cocok untuk menentramkan diri ini menyajikan aneka tempat wisata. Anda bisa berkunjung ke Kampung Gajah Wonderland, Floating Market, Kampung Daun, Imah Seniman, Grafika, Observatorium Bosscha, Ciwangun Indah Camp (CIC), Curug Pelangi, Dusun Bambu, Sapu Lidi, Jendela Alam, kawasan bunga Cihideung, Farmhouse (susu Lembang), Maribaya, De'Ranch, dan tempat lainnya. Belum lagi dengan urusan kuliner, Anda bisa mencoba susu, tahu, ketan bakar, jagung bakar, dan aneka minuman hangat. Tidak lupa pula untuk urusan souvenir banyak dijumpai di sentar-sentar wisata yang ada di Lembang. Daftar tempat wisata Lembang selengkapnya: lihat di sini.

3.  Tangkuban Parahu dan Ciater
Walaupun masuk ke kawasan Subang, namun lebih dikenal destinasi wisata Bandung. Karena jalur yang digunakan untuk ke kawasan ini biasanya banyak mengambil dari arah Bandung. Keindahan Gunung Tangkuban Perahu masih menjadi tujuan wisata populer di kawasan Bandung dan sekitarnya ini memiliki banyak sekali peminat baik itu wisatawan lokal maupun mancanegara.

4.  Kawasan Wisata Bandung Utara
Ini lebih dikenal sebagai kawasan wisata yang masih berada di Kota Bandung, yakni di kawasan Dago,  Ledeng, dan kawasan Padasuka. Daftar tempat wisata Bandung utara: lihat di sini. Di tempat wisata Bandung utara ini, Anda bisa ke Taman Hutan Raya Ir. H. Juanda, Bukit Moko, Tebing Keraton, sepanjang Jalan Dago, Rumah Sosis, dan lokasi lainnya. Kawasan ini dikenal sebagai sentra belanja, sentra kuliner, hingga kawasan perhotelan dan penginapan yang representatif.  Kawasan wisata Bandung utara dikenal juga sebagai salah satu destinasi wisata malam di Kota Bandung. 

5. Kawasan Wisata Bandung Selatan
Ciwidey, itulah tempat yang biasa dikenal para wisatawan luar Bandung. Memang Ciwidey masih menjadi tempat wisata favorit. Di kawasan ini ada Kawah Putih, Situ Patengan, Ciwalini, juga sentra kuliner. Bagi Anda yang ingin menjajal tempat wisata lain di Bandung selatan, bisa mencoba ke daerah Pangalengan. Anda bisa mengunjungi Situ Cileunca atau membeli susu di pusat pabrik susu Bandung selatan yang biasa dikenal dengan susu KPBS. Daftar tempat wisata Bandung selatan: lihat di sini.

6. Wisata Belanja
Factory Outlet (FO) dan distro biasa menjadi buruan para penggemar wisata belanja. Hampir di setiap titik di kawasan Bandung tersedia tempat kawasan belanja. Misalnya beli celana jeans dan kaos di Jalan Cihampelas, beli aneka sandang di Pasar Baru, atau beli sepatu di Jln. Cibaduyut. Namun, jika Anda ingin belanja yang anti-mainstream, bisa belanja di Pasar Andri, kawasan tekstil Cigondewah,  belanja aneka kaos distro di Parahyangan Plaza atau di Jalan Trunojoyo. Daftar tempat wisata belanja di Bandung: lihat di sini.

6. Wisata Taman
Inilah salah satu trend wisata di Kota Bandung. Aneka taman tematik mulai menjadi pilihan para wisatawan yang berkunjung ke Bandung. Anda bisa berfoto ria di Taman Jomblo, Taman Musik, Taman Film, Taman Vanda, Taman Lansia, dan taman-taman lainnya. Daftar tempat wisata taman di Bandung lihat di sini.

7. Wisata Kuliner 
Inilah yang jika dituliskan, satu bulan pun tidak akan cukup. Banyak pisan tempat wisata kuliner di Bandung mah. Anda tinggal memilih mau makan di mana? Mau sekelas hotel bintang lima, restoran/cafe, atau sekelas kakilima? Untuk urusan rasa, jangan ditanya! Bandung mah jagonya untuk urusan perut. Penasaran dimana saja tempat wisata kuliner di Bandung? Silakan lihat di sini.