Review

Inilah Lokasi-lokasi Perayaan Menyambut Tahun Baru 2016 di Kabupaten Bandung




Lokasi perayaan malam tahun baru 2016 di Ciwidey Kabupaten Bandung

Sebagai destinasi wisata yang paling banyak dikunjungi wisatawan di Kab. Bandung, Ciwidey dan Rancabali memiliki banyak spot yang dapat diandalkan untuk menjaring para pengunjung. Apalagi pada malam tahun baru Kamis (31/12/2015),di Ciwidey dan Rancabali akan ada 15 lokasi perayaan malam tahun baru. Tentu dapat dibayangkan bagaimana ramainya situasi di sana. Kondisi lalu lintas yang kerap dilanda kemacetan setiap liburan, dipastikan akan semakin padat karena berjubelnya jumlah wisatawan.

Menurut Kapolres Bandung, AKBP Erwin Kurniawan di Mapolres Soreang,Rabu (30/12/2015), titik yang akan menjadi lokasi perayaan malam pergantian tahun di Ciwidey dan Rancabali adalah Kawah Putih, Pemandian Air Panas Cimanggu, Ciwalini, Bumi Perkemahan Rancaupas, Taman Strawberry MT, Situ Patenggang, Penginapan Entang, Penginapan Nugraha, Hotel Abang, Pondok Stevia, Penginapan Arum Asih, Penginapan Mayang Arum, Pondok Gemyang, Rumah Makan Sindang Ponyo, dan Rumah Makan Giri Wangi.

Lokasi-Lokasi Perayaan Malam di Kab. Bandung
Erwin mengatakan, ia telah menginstruksikan setiap Polsek melakukan persiapan dengan memantau beberapa titik yang akan menjadi lokasi perayaan tahun baru untuk mengantisipasi kepadatan kendaraan di jalur-jalur menuju lokasi wisata Ciwidey dan Rancabali.

Oleh karena itu, Polres Bandung menyiapkan 1.165 personel untuk melakukan pengamanan pada perayaan datangnya tahun 2016, Kamis (31/12/2015). Personel ini tentu saja tidak hanya dipusatkan di area-area wisata Ciwidey dan Rancabali karena daerah-daerah lainnya pun menggelar acara serupa. Antara lain 35 lokasi di Kecamatan Cimenyan, 7 lokasi di Pasirjambu, 3 lokasi di Cimaung, 5 lokasi di Pangalengan, 1 lokasi di Cicalengka, 2 lokasi di Kertasari, 3 lokasi di Cileunyi, dan 1 lokasi di Kecamatan Ibun.

Acara perayaan tahun baru yang terbesar di Kab. Bandung akan digelar di sekitaran kompleks Gedung Sabilulungan. Di ibu kota kabupaten yang dipimpin Dadang M.Naser ini pesta akhir tahun akan dilakukan di lima lokasi dan pusatnya berada di Bale Rame.

Rayakan Secara Sederhana
Meski sudah menerima laporan mengenai titik-titik yang akan menjadi tempat perayaan tahun baru, imbuh Erwin, namun hingga Rabu (30/12/2015),pihaknya belum menerima laporan mengenai pesta kembang api besar-besaran di wilayah hukumnya. Ia mengimbau pesta tahun baru dilakukan secara wajar dan tidak berlebihan.

Selain mengamankan lokasi perayaan tahun baru, Erwin juga memerintahkan anggotanya untuk mengamankan 22 gereja dan rumah ibadah umat kristiani yang akan melakukan misa dan kebaktian yang akan berlangsung hingga pukul 22.00 WIB.