Review

Pameran Kerajinan Jawa Barat, 23 - 27 Desember 2015 di Graha Manggala Siliwangi




Pekan Kerajinan Jawa Barat 23-27 Desember 2015

Indonesia merupakan salah satu negara yang mempunyai khazanah kekayaan hasil kreativitas masyarakat, salah satunya kerajinan. Kerajinan ini biasa berbasis bahan media alami seperti bambu, kayu, tanah liat, dan sebagainya. Sementara untuk Jawa Barat sendiri, para perajin tumbuh di berbagai daerah. Sebut saja daerah Tasikmalaya yang terkenal dengan kerajinan payung geulis, kelom geulis, tikar mendong, kerajinan bahan eceng gondok, sampai kerajinan bordir. Begitu pula tempat lainnya seperti di Plered Purwakarta yang terkenal dengan kerajinan gerabah. Sementara di Bandung pun banyak kerajinan berbasis usaha kerakyatan yang tumbuh dan berkembang seiring dengan perkembangan wisata dan sentra belanja.

Dengan disadarinya peranan dan arti penting dari keberadaan industri kerajinan sebagai suatu wahana pemerataan pendapatan, penciptaan usaha baru serta upaya pelestarian hasil budaya bangsa, maka celah-celah keberadaannya mulai tersimak dan menggugah tokoh-tokoh masyarakat dari berbagai kalangan, utamanya mereka yang erat kaitannya dengan seni budaya kerajinan itu sendiri, seperti para pecinta/peminat barang-barang seni dan kerajinan, tokoh masyarakat dan para seniman serta para ahli yang menggeluti bidang seni serta kerajinan.

Pameraan Kerajinan Terbesar dan Terlengkap
Untuk lebih mempromosikan potensi produk kerajinan Jawa Barat, Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jawa Barat kembali menggelar Pekan Kerajinan Jawa Barat (PKJB) 2015 yang akan digelar pada 23-27 Desember 2015 di Graha Manggala Siliwangi, Kota Bandung. Kegiatan yang berlangsung dua tahunan ini memamerkan sejumlah produk unggulan karya perajin Jabar seperti peralatan rumah tangga, pakaian, perhiasan, cinderamata, aksesoris, mainan, hingga kuliner.

PKJB 2015 adalah event yang digelar ke-11 kalinya yang ini telah dimulai 20 tahun yang lalu (1995) dan rutin dilaksanakan dua tahunan. PKJB di penghujung tahun 2015 kali ini merupakan event terbesar dan terlengkap dimana menampilkan karya-karya dari para perajin binaan dari 27 Dekranasda Kabupaten/Kota se-Jawa Barat. Adapun Tema yang diusung dalam event pameran kali ini adalah“My Craft My Style”. Dari tema ini, Dekranasda Jawa Barat secara konsisten mendorong produk kerajinan dijadikan sebagai life style dalam keseharian, sehingga kerajinan menjadi sangat berdaya dan berkembang di masyarakat.

Pekan Kerajinan Jawa Barat yang akan dilaksanaka pada akhir tahun ini berbarengan dengan masa liburan sekolah dan liburan menyambut Natal dan tahun baru. Adapun kegiatan PKJB tahun ini akan diisi dengan kegiatan:
1. Pameran produk kerajinan khas Jawa Barat
2. Talkshow dan Workshop yang berkaitan dengan industri kerajinan
3. Aneka lomba kreativitas berbasis produk kerajinan

Sementara untuk segmentasi peserta dan pengunjung PKJB 2015 di antaranya para perajin se-Jawa Barat, masyarakat umum, para pelaku usaha, kolektor kerajinan, wisatawan domestik dan mancanegara, pelajar tingkat TK/PAUD, SD dan SMP. Selain itu, dalam event ini akan digelar pula penghargaan  bagai para perajin dan peserta pameran PKJB berupa PKJB Award.

Penyelenggara: Dekranasda Jawa Barat
Alamat: Gedung Jabar Craft Center (JCC), Jl. Ir. Juanda/Dago No. 19, Bandung
Untuk rute angkot: cek di sini
Telepon: (022) 4203914
Kontak panitia: Info@PKJB2015.com