Review

Pentas Sarewu Merak Tandang di CFD Jln. Asia Afrika, 13 Desember 2015




Pentas Tari Merak Massal di CFD Jln Asia Afrika 13 Desember 2015

Dalam  rangka  memperingati 50 tahun tari  merak  sebagai  tarian kebanggaan Jawa Barat, Kota Bandung akan menjadi tempat  pementasan "Sarewu Merak Tandang" yang akan digelar di Jalan Asia Afrika Bandung, pada Minggu, 13 Desember 2015.

Kegiatan  ini tidak akan mengganggu arus lalu lintas di Jln.  Asia Afrika   karena  pada saat yang bersamaan  jalan  bersejarah  itu menjadi  area car free day. Acara ini akan  menghadirkan  sekitar 750  penari  dari beberapa komunitas di Kota  Bandung,  Sumedang, Purwakarta, Subang, Bekasi, Jakarta.

Sebelum  kegiatan Pentas Akbar Sarewu Merak Tandang,  pada  21 - 22 November  2015 lalu diadakan Pasanggiri Tari Merak di  Auditorium Sri Baduga Bandung. Kegiatan ini merupakan bagian dari  rangkaian kegiatan Festival Tari Merak 50 Tahun.

Tarian Indah dan Memesona
Diciptakan oleh Raden Tjetjep Somantri pada tahun 1950. Gerakan-gerakan tari merak kemudian beberapa kali direvisi dan  mengalami penambahan koreografi, sehingga menjadi tarian yang semakin indah dan memesona layaknya keanggunan dan keagungan merak jantan  yang sedang  berusaha  memikat pasangannya. Orang  yang  berjasa  atas penyempurnaan ini adalah Irawati Durban Ardjo pada tahun 1965.

Presiden  pertama Indonesia, Soekarno turut berperan  dalam  memperkenalkan tari merak. Beliau mengirimkan misi kesenian  --salah satunya tari merak-- ke berbagai negara. Tak heran bila  kemudian keindahan tari merak mulai dikenal dan dikagumi di dunia internasional.

Kini, sejak direka ulang oleh maestro tari Irawati Durban  Ardjo, tari merak telah mengarungi lima dekade menjadi kesenian  kebanggaan  masyarakat Jawa Barat dan Indonesia. Tarian  yang  biasanya dipergelarkan dalam upacara adat menyambut pengantin pria  dalam pernikahan di Jawa Barat ini, akan hadir menghibur warga  Bandung dan  wisatawan sebagai peringatan kiprahnya dalam dunia  kesenian Indonesia di depan gedung yang juga saksi sejarah bangsa  Indonesia,  Gedung Merdeka. Menurut Irawati, para penari terbagi dalam beberapa  kelompok yang tampil secara bergantian.  Diakhiri  oleh penampilan  anak-anak  usia dini yang  membawakan  tarian  merak seutuhnya.

Bagi  Anda  yang tengah berwisata ke Bandung, tentu  saja  sayang kalau melewatkan acara di area car free day (CFD) Jln. Asia Afrika  yang  akan digelar dari mulai pukul 06.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB ini.