Review

Perayaan Malam Tahun Baru 2016 Dipusatkan di Sekitar Alun-Alun Bandung




Lokasi Pusat Perayaan  Malam Tahun Baru 2016 di Bandung

Malam tahun baru identik dengan pesta kembang api, suara terompet yang bersahutan, dan pesta meriah yang ingar-bingar. Semua kegaduhan  itu mencapai puncaknya pada detik-detik  bergantinya  tahun yang lama dengan tahun baru. Akan tetapi, pada malam pergantian tahun ini, Kota Bandung dipastikan tidak akan mengadakan pesta secara besar-besaran. Titik keramaian jelang pergantian tahun di Bandung akan berlangsung di Jalan Asia Afrika, Jalan Merdeka, Jalan Djuanda (Dago), Jalan Martadinata, dan Jalan Ujungberung, juga beberapa titik lainnya.

Pengisi Acara Malam Tahun Baru di Bandung
Adapun perayaan malam tahun baru di Bandung diberi nama "Bandung Bloom Blast". Untuk pengisi acara bekerjasama dengan sejumlah komunitas dan seniman di Kota Bandung. Pengisi acara tersebut disebar di Taman Alun-alun, Jalan Sukarno, Cikapundung Riverspot, Braga Pendek, dan sepanjang Jalan Asia Afrika. Para pengisi acara di antaranya: Mat Beatles, Bottlesmoker, Man Jasad, Pidi Baiq, Time Boom Bluse, Gebegdrum dan lainnya. Adapun dari komunitas seni, antara lain: Seniman Bangun Pagi, Bandung Violin, Divisi Piomongeun, Pemuda Daur Ulang dan Bandung Percussion. Acara lainnya akan ada pertunjukan film dokumenter, komunitas mendongeng, ngamen keren, kuliner dan masih banyak agenda lainnya.

Pengaturan Arus Lalu Lintas
Dua ruas jalan di Kota Bandung ditutup saat perayaan menyambut tahun baru 2016. Kedua jalan utama di pusat kota ini difungsikan untuk area Car Free Night (CFN), yakni Jalan Merdeka dan Jalan Asia Afrika. Jalan Merdeka yang digunakan CFN batasnya dari perempatan Jalan Aceh atau depan Balaikota Bandung hingga Jalan Jawa atau depan Mapolrestabes Bandung. Adapun untuk penutupan Jalan Asia Afrika titiknya mulai perempatan Jalan Tamblong (Hotel Preanger) hingga Jalan Cikapundung Barat/samping Gedung PLN.

Zona parkir sudah disiapkan bagi masyarakat yang berniat mendatangi dua lokasi CFN tersebut. Di CFN Merdeka, kendaraan bisa parkir di dalam Balaikota Bandung dan dekat Taman Vanda. Sementara warga yang ingin merayakan tahun baru di CFN Asia Afrika, lahan parkir disiapkan di eks mal Palaguna dan basement Masjid Agung atau Taman Alun-Alun.

Seperti biasa, perayaan tahun baru di Bandung akan dipusatkan  di kawasan  Alun-alun Bandung, Jln. Asia Afrika, Jln. Braga,  dan  Jln. Sukarno (Cikapundung Timur). Menurut  Kepala  Dinas Kebudayaan dan  Pariwisata  Kota  Bandung, Herlan J.S., Sabtu (26/12/2015), perayaan secara sederhana dilakukan untuk mengikuti instruksi Presiden Jokowi.

Semula,  imbuh Herlan, perayaan malam tahun baru di Kota  Bandung akan  dilakukan secara meriah selama tiga  malam  berturut-turut. Namun karena Presiden menginstruksikan agar perayaan malam pergantian  tahun  tidak dilakukan secara  berlebihan,  Pemkot Bandung  pun  akan mematuhinya dan  akan  menyelenggarakan  pesta tahun  baru  secara sederhana dan hanya satu malam saja.  Beberapa tempat akan diintensifkan untuk menyambut tahun baru kalender Masehi tersebut.

Pemkot Bandung pun akan mengikuti imbauan pihak kepolisian  untuk tidak  menyalakan  kembang api dan petasan saat  awal  pergantian tahun.  Namun,  Herlan menyatakan pihaknya  tidak  bisa  melarang kalau ada warga yang membawa dan menyalakan  kembang  api  atau petasan. Hal lain yang perlu diantisipasi adalah jika malam penyambutan tahun baru turun hujan.

Konsep  perayaan tahun baru yang akan dipusatkan di  sekitar  Jln. Asia  Afrika, seperti car free night, berupa sajian musik,  seni, budaya, dan kuliner. Selain di Alun-alun, car free night pun akan dilaksanakan di beberapa kecamatan.

Menurut rencana, acara akan dimulai dari pukul 18.00 hingga pukul 01.00 dini hari. Jika lebih dari pukul 01.00 WIB ada masyarakat yang masih konvoi berkeliling,  pihak kepolisan akan turun langsung membubarkan. Adapun untuk mendukung pengamanan, Polrestabes Bandung mengerahkan kekuatan 2.404 personel. Pada 31 Desember 2015 mendatang juga akan dilakukan peresmian proyek revitalisasi tepian Sungai Cikapundung. Proyek amphitheater bernama “Teras Cikapundung” ini akan diresmikan oleh Wali Kota Bandung Ridwan Kamil.

Cimahi dan Kab. Bandung Barat, Tak Ada Acara Khusus Menyambut Tahun Baru
Jika di Kota Bandung akan digelar event menyambut Tahun Baru, di Kabupaten Bandung Barat dan Cimahi  tak ada perayaan apapun di penghujung tahun ini. Meski demikian, menurut rencana Wali Kota Cimahi, Atty Suharti akan berkeliling untuk memantau jalannya pergantian tahun nanti.‬

‪Hanya saja, dalam rangka menyambut pergantian tahun, seniman lukis asal Kota Cimahi akan memecahkan rekor melukis selama 2016 detik, di Pendopo Kantor DPRD Kota Cimahi, Jalan Djulaeha Karmita, Kota Cimahi. Bahar Malaka, salah satu seniman Kota Cimahi yang akan memecahkan rekor tersebut mengatakan, ia ingin menjadi orang pertama yang melukis di tahun 2016.