Review

Wisata Rafting di Aliran Sungai Citarum, Cipatat, Kab. Bandung Barat




Arung Jeram di Sungai Citarum

Jawa  Barat  bisa menggenjot potensi wisata dari  olahraga  arung jeram (rafting) karena memiliki beberapa sungai yang ideal  untuk arena  olahraga  ini, di antaranya yang sudah  mulai  dikenal  di kalangan wisatawan adalah arung jeram di Sungai Palayangan Pangalengan,  Sungai  Citarik  di Sukabumi, dan Sungai  Citarum  Kab. Bandung  Barat.

Apalagi  pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016, Jawa  Barat akan menjadi tuan rumah sehingga bisa memperkenalkan  objek-objek wisata rafting kepada masyarakat dan atlet-atlet dari luar  daerah. Meskipun  pada PON tahun depan rafting masih  merupakan  olahraga ekshibisi dan bukan olahraga resmi yang dilombakan, namun  kesempatan  besar  mempromosikan objek-objek  wisata  potensial  tentu tidak boleh dilewatkan begitu saja.

Citarum Rafting Competition 2015 Piala Gubernur Jawa Barat
Menurut Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, Sabtu  (26/12/2015), saat  membuka  Kejuaraan  Arung Jeram  2015  memperebutkan  Piala Gubernur Jabar di Sungai Citarum, Kampung Cisameng, Desa Rajamandalakulon,  Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung  Barat,  rafting memiliki  banyak manfaat. Selain untuk rekreasi  dan  menyalurkan hobi,   rafting  juga merupakan olahraga  yang  bisa menumbuhkan kecintaan terhadap alam.

Pemilihan  Citarum untuk kejuaraan rafting Piala  Gubernur  Jabar tentu  saja karena sungai ini juga akan menjadi lokasi  ekshibisi arung jeram pada PON XIX/2016. Terkenal karena memiliki  beberapa titik aliran yang sangat deras, Sungai Citarum di Kampung  Cisameng ini memang pantas dijadikan salah satu lokasi ekshibisi.

Bukan  hanya  untuk para atlet yang telah  berpengalaman,  Sungai Citarum  pun  terbuka untuk masyarakat umum  yang  ingin  menguji adrenalin diombang-ambing derasnya arus air.  Dimulai  beberapa ratus meter dari Gua Sanghyang Tikoro,  rafting di Sungai Citarum akan finis di bawah jembatan lama  Rajamandala, Kab.  Cianjur.  Arung jeram di Citarum cukup terkenal  bagi  para penyuka wisata  petualangan. Apalagi arung jeram di  sungai  ini disebut-sebut sebagai yang pertama di Indonesia.

Sepanjang  perjalanan  mengarungi Sungai  Citarum,  para  peserta rafting  juga akan mendapat sajian pemandangan  yang  menakjubkan berupa  pemandangan menjulangnya bukit-bukit kapur yang  termasuk kawasan  karst Citatah. Rafting di sungai ini termasuk  aman  dan gradenya  cocok untuk pemula karena debit airnya  dikontrol  PLTA Saguling. Panjang lintasan arung jeram di Sungai Citarum sekitar 7 kilometer yang dapat ditempuh dalam waktu 1-2 jam.

Tarif Rafting di Sungai Citarum, Cipatat
Untuk melakukan arung jeram di Sungai Citarum, Anda bisa  melakukan reservasi melalui para pengelola olahraga arung jeram  dengan membayar  biaya paket yang memiliki beberapa fasilitas, seperti peralatan keselamatan, peralata keselamatan, instruktur, tim rescue, dan lain-lain. Biaya paket yang ditawarkan  setiap provider rafting  berbeda-beda,   namun range-nya antara Rp 175.000-Rp 280.000 per orang dengan jumlah minimal peserta bergantung ketentuan provider.

Rute ke Arung Jeram Citarum
Anda yang berasal dari Kota Bandung atau dari Jakarta, dapat menuju lokasi rafting Citarum melalui Tol Cipularang, kemudian keluar dari pintu Tol Padalarang, terus menuju ke Cipatat. Dari sini, Anda bisa menuju lokasi yang sudah ditentukan saat melakukan reservasi dengan provider rafting.

Salah Satu Provider Rafting di Sungai Citarum
Kirana Group
Alamat: Griya Prima Asri, Jl. Garuda E17 No.9 Baleendah, Jawa Barat 40375
Telp. : 085721513948-082126279847
Email : maja@kiranagroup.com