Review

Curug Layung, Magnet Baru Petualangan Wisata Alam di Cisarua




Curug Layung Cisarua Lembang

Jika Anda ingin menjajal petualangan alam di Bandung utara, rasanya belum lengkap jika belum ke curug ini. Curug (air terjun) Putri Layung kini menjadi trending topic di media sosial. Pengunjung bisa merasakan keseruan menjejaki ketinggian Bandung di dekat Gunung Tangkuban Perahu dan tentunya merasakan harmonisasi keindahan serta kesejukan alam di Curug Putri Layung. Air terjun nan eksotis ini memang lebih dikenal dengan Curug Layung. Lokasinya yang masih alami membuat para petualang alam terbuka ingin mencoba ke tempat ini. Selain air terjun, tempat favorit untuk dirambah adalah kawasan hutan pinus yang asri dan memesona.

Curug Layung salah satu dari air terjun yang ada di aliran Sungai Cimahi. Curug yang kini jadi favorit ini dulu sempat tertutup untuk umum ketika dulu wilayahnya termasuk ke dalam area latihan Kopassus (di kaki Gunung Burangrang). Kemudian, pada tahun 2012 tempat ini mulai dibuka lagi sebagai objek wisata. Karakteristik Curug Layung ini tidak terlalu tinggi alirannya. Namun kolam alami yang cukup luas dengan airnya yang bening menjadi daya pikat tersendiri. Curug merupakan "si cikal" alias berada di bagian hulu aliran Sungai Cimahi. Dimana "adik-adiknya" ke arah hilir ada Curug Tilu, Curug Bugbrug, Curug Cimahi (Curug Pelangi), Curug Panganten, dan Curug Lalay.

Rute Menuju Putri Layung
Curug Putri Layung berada di kaki Gunung Tangkuban Perahu (arah sebelah barat), yakni di antara dua buah tebing dan rimbunan pohon pinus. Lokasi persisnya ada di Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat. Anda bisa menikmati tempat nan alami ini dengan hiking setelah turun di parkiran. Namun bagi Anda yang hobi bersepeda, bisa juga menjajal hobi Anda tersebut untuk ke tempat ini. Di sini memang menyajikan objek wisata yang terpadu antara kawasan hutan pinus, Curug Layung, juga bisa merambah ke perkebunan teh Sukawarna yang letakna tidak terlalu jauh dari curug.

1. Rute Dari Arah Bandung/Jln. Setiabudhi
Anda bisa melewati Jln. Kolonel Masturi atau Jl. Cihanjuang Cimahi.  Curug ini terdapat di dua jalan utama yang bisa dilewati, yakni lewat jalur Komando dan lewat jalur daerah wisata Ciwangun Indah Camp (CIC). Dari arah Bandung Anda bisa melalu arah Jln. Setiabudhi (seberang Terminal Ledeng) kemudian belok kiri ke Jln. Kolonel Masturi, ke arah Cihideung, hingga melewati objek wisata Curug Cimahi (dekat CIC), lalu ke Jln. Komando.

2. Rute dari Cimahi
Jika dari arah Cimahi, ambil arah ke Jln. Kolonel Masturi lalu masuk ke Jln. Komando sebelum objek Wisata Curug Cimahi/Curug Pelangi. Dari sana, ikuti jalur menanjak hingga masuk gerbang wisata Curug Layung. Di sinilah tempat Anda memarkirkan kendaraan roda dua atau roda empat. Di sana Anda penduduk/petugas yang mengelola parkir dan tiket masuk yang dikeluarkan pihak Perhutani. Tiket masuknya Rp 10.000. Anda lalu hiking menuju kawasan hutan pinus di kaki Gunung Burangrang. Ya, walaupun ada juga jalur yang free dengan menempuh jalur alternatif. Namun, daripada bikin bingung, ikuti saja jalur konvensional ini.

3. Menggunakan Angkutan Kota
Untuk ke lokasi Curug Layung bisa menggunakan angkot warna kuning ke Cisarua. Anda turun di daerah Komando.

Di Curug Layung dan sekitarnya banyak spot yang menarik untuk latar foto. Begitu pula untuk Anda yang ingin membebaskan diri dalam dekapan alam, bisa berenang di Curug Layung asal tahan dingin airnya. Namun, jika bercebur ria bareng-bareng teman rasanya akan lebih asyik. Namun, tetap jagalah kehati-hatian. Tips lainnya untuk ke daerah ini: siapkan fisik dan mental alias bawa enjoy saja; bawa baju ganti plus persediaan makanan; pakai sepatu yang cocok buat hiking; siapkan kamera/HP yang full baterai; saling mengawasi dan melindungi antarteman; bawa persediaan obat bagi yang punya penyakit rentan dingin/capek; dan tentunya jagalah selalu kebersihan dan kenyamanan alam sekitar. Jangan tinggalkan apapun kecuali jejak; Jangan ambil apapun kecuali gambar; Jangan membunuh apapun kecuali waktu. Selamat berpetualang!

Curug Putri Layung
Desa Kertawangi, Cisarua, Kab. Bandung Barat

Info lainnya:
- Foto-foto di Curug Layung lihat di sini. Foto Anda ingin ikut nampang di grid tersebut? Upload foto yang berlatar lokasi Curug Layung di akun Instagram Anda. Gunakah hashtag #curuglayung.
- Video "My Trip My Adventure" di Curug Layung tonton di sini.
- Video lainnya tonton di sini