Review

Jalan-Jalan Nyaman di Sepanjang Jalan Dalem Kaum, Bandung




Jalan Dalem Kaum Bandung sekarang

Nama Jln. Dalem Kaum Bandung tak bisa dilepaskan dari sejarah Kota Bandung. Jalan Dalem Kaum berada di samping kiri Masjid Agung dan di depan Pendopo Kota Bandung (bersimpangan dengan Jalan Dewi Sartika). Jalan ini telah menjadi landmark pusat Kota Bandung. Dulu, kawasan Alun-alun menjadi pusat keramaian. Apalagi saat menjelang Lebaran orang berbondong-bondong menyesaki jalan di tengah kota ini.

Di sini segala ada dari pertokoan modern, tempat kuliner, pedagang DVD, para PKL, hingga tempat nongkrong. Malah, jarang yang mengetahui bahwa di dekat Jalan Dalem Kaum pun ada kompleks pemakaman. Kompleks pemakaman berada persis dii belakang Masjid Raya Bandung/Masjid Agung.

Di sini terdapat makam, Wiranatakusumah II yang mendapat julukan Dalem Kaum.Makam Wiranatakusumah II berada dalam kompleks pemakaman di belakang Masjid Agung Bandung. Di sana tak hanya terdapat makam Wiratanakusumah II, istri, cucu, dan cicitnya juga ada di pemakaman tersebut, di pemakaman ini juga terdapat pula makam Patih Bandung, wedana, bahkan Gubernur ke-5 Jawa Barat dan Wali Kota ke-14 Bandung, Oekar Bratakusumah.

Namun, Jalan Dalem Kaum yang terlihat sekarang sebagai pusat keramaian. Jika dulu sangat sareukseuk oleh para pedagang dan pengunjung, kini tempat ini jadi jalur pedestrian. Dua gapura jumbo bercat putih berdiri di tiap ujung jalan, Jalan Dalem Kaum. Ya, jalan di tengah kota ini kini menjadi kawasan bagi para pejalan kaki yang ingin belanja atau ke Masjid Agung.

Tempat ini sudah "disulap" dengan lantai granit area bagi pejalan kaki yang sisi kanan kirinya pertokoan. Adapun gapura di bagian barat berada di antara Jalan Dalem Kaum - Jalan Oto Iskandardinata. Gapura bagian timur letaknya di Jalan Dalem Kaum - Jalan Dewi Sartika. Sebelumnya, tempat ini dipenuhu para pedagang kaki lima (PKL). Jalan ini tambaah sumpek dengan dijadikannya bahu jalan sebagai area parkir kendaraan.

Kini, Pemkot Bandung telah menata area tersebut sehinga nampak nyaman dan cocok buat tempat wisata jalan-jalan di pusat Kota Bandung. Warga bebas lalu lalang di jalanan yang kini bebas kendaraan. Lampu hias 'Maung Bandung' dan bangku klasik bergaya Eropa turut menghiasi lokasi ini. Untuk parkir telah disediakan di bagian barat dan timur. Dari tempat ini, pengunjung bisa main ke Taman Alun-Alun Bandung; naik ke menara Masjid Raya; belanja ke Pasar Baru; atau berbelanja dari satu toko ke toko lainnya yang berada di pinggir Jalan Dalem Kaum.

Lokasi Jalan Dalem Kaum Bandung lihat di sini.