Review

Memiliki Potensi Wisata, Karst Citatah Akan Menjadi Geoteater




Stone Garden Citatah Padalarang Kabupaten Bandung Barat

Kawasan Citatah yang sejak lama dijadikan area penambangan batu kapur, perlahan-lahan fungsinya akan dialihkan menjadi geoteater yang diharapkan akan menjadi salah satu objek wisata favorit di Kabupaten Bandung Barat. Keindahan alam, tebing, dan bebatuan di sekitar kawasan ini memang menakjubkan dan diyakini sudah dihuni manusia sejak zaman prasejarah. Terbukti dari ditemukannya peralatan dari batu, tulang belulang, gerabah, dan lain-lain.Spot-spot menarik di kawasan yang masuk wilayah Kec. Cipatat ini adalah Gua Pawon di Gunung Masigit, Stone Garden, dan Gunung Hawu.

Konsep Garuda Wisnu Kencana (GWK), Bali
Gua Pawon sebagai tempat tinggal manusia prasejarah, Stone Garden dengan hamparan batu-batu gamping yang menakjubkan sekaligus terasa ganjil karena berada di ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut, serta Gunung Hawu dengan tebing-tebingnya yang menantang adrenalin dan natural bridge yang menyerupai gerbang raksasa, terlalu berharga untuk diabaikan begitu saja dan rusak oleh penambangan batu kapur yang tidak terkendali.

Melihat potensi besar di bidang pariwisata dan untuk menyelamatkan lingkungan di sekitarnya, Wakil Gubernur Jawa Barat, beberapa waktu lalu, menyatakan kawasan ini akan dijadikan sebagai geoteater. Geoteater tersebut nantinya membutuhkan lahan seluas 100 hektare, sehingga nantinya kawasan ini diharapkan menjadi tempat tumbuhnya kegiatan ekonomi kreatif yang menyejahterakan masyarakat setempat. Oleh karena itu, nantinya di kawasan ini akan dibangun sarana untuk mendukung industri kreatif, fashion, pentas teater, kampung-kampung adat, dan festival. Konsepnya nanti mirip dengan kawasan Garuda Wisnu Kencana (GWK) di Bali.

Pembangunan geoteater nantinya diharapkan akan mengikis penambangan batu kapur dan mengubah mata pencaharian masyarakat dari penambang menjadi para pelaku di dunia pariwisata, seperti membuka kerajinan, pemandu wisata, pedagang pernak-pernik dan cenderamata, membuka usaha kuliner, dan lain-lain.

Perekonomian Baru dari Sektor Wisata
Hal itu pula yang dikatakan Bupati Bandung Barat, Abubakar saat meninjau lokasi-lokasi yang akan masuk ke dalam zona geoteater di kawasan karst Citatah di Kec. Padalarang, Rabu (27/1/2016). Sebagai orang nomor satu di Kabupaten Bandung Barat, Abubakar berharap magnet wisata kawasan karst Citatah bisa menghidupi dan mendatangkan manfaat ekonomis bagi masyarakat sekitarnya.

Abubakar  mengatakan,  seiring pembangunan geoteater  di  kawasan karst Citatah, kegiatan penambangan lambat laun akan berhenti dan masyarakat  akan  beralih mata pencaharian menjalani  profesi  di bidang pariwisata.  Hal itu memang tidak  mudah  dan  memerlukan kesabaran karena profesi penambang merupakan profesi  turun-temurun  dan sudah mendarah daging, namun bukan tidak  mungkin  untuk dilakukan.  Apalagi kalau masyarakat sudah menyadari bahwa  dunia pariwisata  lebih  menguntungkan dan lebih  menjamin  keselamatan kerja dibandingkan menjadi penambang.

Karst Citatah (Stone Garden Geo Park)
Padalarang, Kab. Bandung Barat
[lihat peta lokasi]

- Foto-foto di Stone Garden Geo Park, Citatah lihat di sini
- Video di Stone Garden Geo Park, Citatah tonton di sini