Pesta Buku Bandung 29 Januari - 4 Februari 2016




Pesta Buku Bandung 2016

Bandung selain kota wisata, juga menyandang gelar sebagai Kota Pelajar layaknya Yogyakarta. Selain sekolah tingkat dasar hingga menengah, di Kota Bandung ada puluhan perguruan tinggi yang tersebar di kota ini. Adapun "amunisi" yang berhubungan dengan dunia akademik dan ilmiah atau budaya literasi ini pasti ada kaitannya dengan buku.

Nah, Bandung sebetulnya sangat potensial untuk mengembangkan lagi salah satu wisata yang patut diperhatikan yaitu "wisata buku". Mungkin bagi masyarakat Bandung atau mereka yang berkunjung ke Bandung, membeli buku di kota ini tidaklah terlalu sulit. Banyak pilihan untuk membeli buku. Satu hal lagi yang perlu dicatat adalah kegiatan pameran buku yang biasa diselenggarakan oleh Ikatan Penerbit Indonesia (Ikapi) Jawa Barat. Ikapi Jawa Barat biasa mengadakan acara tahunan berupa pameran buku dengan label "Pameran Buku Bandung", "Pesta Buku Bandung", dan juga "Islamic Book Fair". Pameran Buku Bandung sendiri menjadi agenda rutin yang biasanya diselenggarakan pada akhir tahun. Event ini biasa diselenggarakan di Gedung Landmark, Jalan Braga No. 129 Bandung.

Acara pameran biasa diisi oleh ratusan penerbit plus distributor buku yang berasal, khususnya, dari Kota Bandung (patut diingat, penerbit di Bandung termasuk yang terbesar di Indonesia malah mungkin Asia). Di sini biasa juga diselenggarakan acara di panggung utama dengan kegiatan bedah buku, pertunjukan seni budaya, lomba-lomba yang berhubungan dengan kreativitas, hingga diskusi terbuka.

Hal lain yang tak kalah penting bagi mereka yang doyan berburu buku, bisa mendapatkan potongan harga menarik di sini. Adapun untuk buku yang dijual, tentunya sangat variatif, dari buku pelajaran, buku anak, buku agama, dan buku umum lainnya. Ada juga yang memasang stand multimedia dan aneka pernak-pernik lainnya juga mainan edukatif bagi anak-anak. Anda bisa meminta katalog pada penjaga stand sebagai bahan referensi. Pameran Buku Bandung memang salah satu ajang bertemunya produsen dengan konsumen buku.

Pesta Buku Bandung 2016
Event ini akan digelar dari Jumat hingga Kamis, 29 Januari - 4 Februari 2016. Pameran buku kali ini menyajikan kombinasi pameran buku dengan pameran benda-benda bersejarah dari Nusantara. Jika Anda ingin menambah ilmu, wawasan, serta menggunakan waktu libur bisa datang ke Pesta Buku Bandung 2016. Di sini akan dipamerkan benda-benda peninggalan sejarah dari Museum Sri Baduga Bandung. Untuk masuk lokasi tidak dipungut biaya alias gratis.

Acara unggulan dalam Pesta Buku Bandung 2016 kali ini yakni:
1. Lomba baca puisi memperebutkan piala Ajip Rosidi tingkat SMA/sederajat se-Jawa Barat dengan total hadiah Rp. 10 juta.
2. Pengumuman pemenang Hadiah Sastra Rancage 2016 sekaligus sosialisasi megaproyeh Kamus Umum Bahasa Indonesa yang akan dihadiri Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedam Ph.D.
3. Meet and greet artis pemeran film "Ketika Mas Gagah Pergi".
4. Talkshow Cinta positif dengan pembicara Kang Abay (motivator dan penyanyi religi) serta Ust. Arif Rahman (@teladanrasul).

Lokasi: Gedung Landmark, Jln. Braga no. 129 Bandung
[lihat peta lokasi]

Ikapi Jabar
Jln. Inggit Garnasih (Ciateul) No. 30C Bandung
Telepon: (022) 5224572. 72205000
Fax: (022) 5224572
E-mail: panitiapameran@gmail.com  / ikapi_jabar@yahoo.com
Website: www.ikapijabar.com

-----------

Baca info-info wisatabdg.com lainnya di GOOGLE NEWS