Review

Planter Craft Bandung, Boneka Lumut yang Unik dan Imut




planter craft boneka lumut Bandung

Satu lagi karya kreatif urang Bandung yang kini banyak diburu pembeli. Karya kreatif itu adalah boneka lumut. Di bawah bendera Planter Craft, Faldi Adisajana, seorang mahasiswa Unpad membuat boneka lumut yang banyak dipesan di media online. Boneka hasil karyanya terbuat dari tanaman sukulen, kembang goyang, kaktus, anggrek, dan bonsai dengan tatakan kayu. Boneka kemudian ditambah aksesori lebah atau bunga yang dijadikan mata, hidung dan lainnya. Sementara untuk bagian tangan dan kaki menggunakan bahan dari kabel, sehingga menjadi boneka seutuhnya. Faldi menyatakan, proses pembuatan boneka tidak sulit.

Mahasiswa Jurusan Agribisnis Unpad ini menjual bonek lumut karyanya seharga Rp 50.000 - Rp 65.000 di wilayah Bandung, dan Rp 75.000 per unit di area Jakarta.  Khusus boneka tanaman anggrek dihargai mulai Rp 150.000-Rp 180.000. Dalam sebulan, Faldi bisa membuat 200-500 boneka. Bila pesanan sedang banyak, produksi bisa mencapai 1.000 boneka per bulan dengan omzet Rp 20 juta. Saat ini, produk bonekanya sudah dipasarkan ke seluruh daerah di Indonesia, seperti Bogor, Jakarta, Medan, NTT, Makassar hingga Bali.

Boneka hasil karyanya itu banyak digunakan untuk hiasan, souvenir pernikahan, hingga aksesoris dekorasi. Dengan usaha di bawah bendera Planter Craft, Faldi  mampu menarik para pembeli. Adapun ide awal membaut ini didapat setelah melihat banyaknya potensi tanaman hias di Indonesia dibandingkan negara lainnya. Ternyata, setelah dikreasikan menjadi boneka, nilai jualnya menjadi tinggi dan responnya positif. Faldi yang merintis usaha bersama rekannya bernama Anwar Imannurdin.

Untuk promosi produk uniknya tersebut biasa diikutsertakan dalam ragam kegiatan yang diselenggarakan sejumlah komunitas di Kota Bandung. Di antaranya kegiatan komunitas seribu kebun, agri market Cikapundung, dan lainnya. Planter Craft pun menjajal Ibu Kota dengan menjadi peserta event bulanan yang digelar komunitas organik di Indonesia di Kemang, Jakarta.

Planter Craft - Boneka Lumut Bandung
Jalan Sukagalih No 58, Kelurahan Cipedes
Kecamatan Sukajadi, Kota Bandung

Telepon:
- (022) 2036129
- 082217588818
Line: faldiadisajana
BBM: 7DA7F1D8
E-mail: plantercraftbdg@gmail.com
Instagram @plantercraftbdg