Review

Sensasi Wisata Petualangan Ketinggian di Bandung Treetop Adventure Park




Bandung Treetop Adventure Park Cikole Lembang

Banyak yang bilang, di zaman modern seperti sekarang, orang-orang tidak terlalu banyak melakukan aktivitas fisik. Kemajuan teknologi saat ini memanjakan manusia sehingga gerak tubuh semakin terbatas. Bahkan saat bekerja --terutama pekerja kantoran-- orang-orang lebih banyak menghabiskan waktu di tempat duduk dan memelototi layar komputer. Bukan hanya orang dewasa, anak-anak yang notabene sedang dalam masa perkembangan dan membutuhkan lebih banyak aktivitas fisik untuk mengasah kemampuan motorik mereka, ikut terbawa gelombang kemajuan teknologi. Kini banyak anak yang seharian hanya terpaku di depan layar televisi atau menekuni layar gadget, atau memenuhi warnet yang menyediakan game online dan rental Play Station.

Bila terus-menerus melakukan kegiatan monoton seperti itu, tentu tidak baik bagi tubuh Anda. Sesekali otot-otot Anda memerlukan latihan dan kegiatan yang memeras keringat sehingga tubuh menjadi segar dan sehat. Oleh karena itu, tidak ada salahnya bila Anda meluangkan waktu untuk melakukan refreshing ke tempat-tempat wisata yang mengajak para pengunjungnya ikut terlibat aktif menaklukkan tantangan. Nah, bila Anda mencari-cari arena wisata petualangan yang cocok bagi Anda dan keluarga, maka Bandung Treetop Adventure Park harus Anda coba. Di tempat wisata yang terletak di kawasan Lembang, Bandung ini, Anda dan keluarga akan menguji keberanian untuk melewati berbagai permainan yang menantang dan menuntut "kerja keras". 

Bandung Treetop Adventure Park adalah objek wisata yang menawarkan tantangan dengan bertualang dari pohon ke pohon. Taman petualangan ini merupakan bagian dari Treetop Adventure Park yang rintisannya didirikan di Prancis pada tahun 1995. Sejak itu, Treetop mengembangkan cabangnya di berbagai tempat di Prancis, bahkan kemudian merambah ke mancanegara seperti Inggris, Spanyol, Italia, dan pada tahun 2010 mencapai Bandung, Indonesia. Lebih dari 350 jaringan Treetop Adventure Park yang kini telah tersebar di dunia.

Sejak pertama kali didirikan, wahana permainan ini langsung digemari karena menawarkan sajian wisata yang berbeda. Di sini, para pengunjung dituntut untuk bergelantungan, meniti, meluncur, dan merayap di antara ketinggian pepohonan, dengan berbagai tingkat kesulitan. Setiap arena permainan di tempat ini disebut sirkuit yang terdiri dari 88 tantangan dan 24 flying fox.

Ada delapan tingkat kesulitan di dalam Treetop yang disimbolkan dengan enam warna.
1. Sirkuit warna kuning (2 - Yellow Circuit) yang merupakan level paling mudah, cocok untuk anak-anak minimal 4 tahun maupun untuk orang dewasa, dengan ketinggian hanya 2 meter dari tanah;
2. Sirkuit warna hijau (Discovery/Green Circuit) memiliki kesulitan di atas sirkuit warna kuning, dengan ketinggian platform 5 meter. Di sini pengelola meminta persyaratan tinggi badan minimal 130 cm;
3. Sirkuit warna biru (2 - Blue Circuit) memiliki banyak tantangan berayun, lintasan flying fox yang lebih panjang, dengan ketinggian yang juga ditambah, yaitu 8 meter. Tinggi badan peserta untuk diizinkan mencoba tantangan ini harus di atas 130 cm;
4. Sirkuit warna oranye (Orange Circuit) sudah semakin meningkat kesulitannya, sehingga tinggi badan yang dipersyaratkan pun bertambah menjadi 150 cm dengan jalur tantangan dan flying fox yang lebih panjang lebih dari 16 meter.
5. Sirkuit warna merah (Emotion/Red Circuit) dilabeli kesulitan cukup tinggi, dengan ketinggian platform hingga 8 meter, dengan tantangan seperti Tarzan Jump dan Flying Fox yang panjangnya 100 meter.
6. Sirkuit warna hitam (Adrenalin/Black Circuit) yang merupakan sirkuit dengan kesulitan tertinggi sehingga memerlukan keberanian dan kekuatan fisik untuk menyelesaikannya. Ketinggian platformnya mencapai 20 meter dengan panjang lintasan flying fox mencapai 135 meter.

Bagaimana? Masih memiliki keberanian? Jangan khawatir, selama menempuh sirkuit-sirkuit di Bandung Treetop Adventure Park keselamatan Anda menjadi perhatian pengelola. Treetop menyediakan lif-line support begitu Anda membeli tiket di tempat ini. Selain itu, patrol guide terlatih juga berada di sepanjang sirkuit untuk memberikan bantuan atau petunjuk kepada pengunjung. Mereka mendapat pengawasan dari technical advisor asal Prancis. Peralatan yang dipakai pun bersandar Eropa (prEN:15567-1).

Anda yang masih awam dengan kegiatan seperti ini juga tidak usah waswas karena sebelum mulai menjajal semua sirkuit, patrol guide akan memberikan instruksi agar keselamatan tetap terjaga, seperti menjelaskan tentang cara kerja sirkuit dan cara menggunakan peralatan.
Tarif

Tarif Bandung Treetop Adventure Park
Untuk menjajal sirkuit di Bandung Treetop Adventure Park, ada beberapa jenis tarif yang dikenakan, yaitu untuk turis lokal dewasa Rp 180.000, anak-anak Rp 125.000, dan keluarga (2 dewasa dan 2 anak) Rp 480.000. Sementara untuk turis mancanegara, tarif yang dikenakan untuk dewasa US$ 20 dan untuk anak-anak US$ 14. Tarif sewaktu-waktu bisa berubah.

Rute Menuju Bandung Treetop Adventure Park 
Bandung Treetop Adventure Park terletak di Jl. Bumi Perkemahan Cikole, Lembang, Jawa Barat, Anda yang berasal dari luar Kota Bandung bisa menempuhnya dari dua jalur, yaitu dari arah Kota Bandung, atau dari arah Subang. Melalui jalur Bandung, begitu keluar dari pintu Tol Pasteur, arahkan kendaraan Anda ke Jl. Sukajadi, Jl. Dr. Setiabudhi, terus hingga mencapai Lembang. Dari Lembang lanjutkan perjalanan ke Jalan Raya Tangkubanparahu. Setelah menempuh jarak sekitar 8 kilometer, Anda pun sampai di Bandung Treetop Adventur Park di sebelah kanan jalan.

Sementara bila Anda menuju kawasan wisata petualangan ini melalui jalur Subang, Anda yang berasal dari Jakarta atau dari kota wilayah timur Jawa Barat, bisa melalui jalan Tol Cikopo-Palimanan dan keluar dari gerbang Tol Subang, melalui Jl. Oto Iskandar Di Nata Subang, lalu masuk Jl. Ahmad Yani, Jl. Raya Cijambe, Jl. Raya Subang, masuk Jl. Tangkubanperahu arah ke Bandung. Nah, dari Subang objek wisata petualangan ini ada di sebelah kiri jalan.

Bandung Treetop Adventure Park
Jln. Bumi Perkemahan Cikole, Jawa Barat
Telepon: 022-82780672
Info layanan kunjungi: www.bandungtreetop.com
Buka setiap hari pukul 08.00 - 17.00 WIB

Dokumentasi:
- Foto-foto Bandung Treetop Adventure Park lihat di sini
- Video Bandung Treetop Adventure Park tonton di sini