Review

Curug Bugbrug, Surga Tersembunyi di Kawasan Bandung Utara




Curug Bugbrug  Jalan Kolonel Masturi, Desa Kertawangi  Kec. Cisarua, Kabupaten Bandung Barat

Destinasi wisata di Cisarua, Lembang yang sekarang dikenal adalah Curug Pelangi/Curug Cimahi. Namun sebetulnya di kawasan ini pun masih banyak wisata air terjun lainnya yang tak kalah memesona. Mungkin karena curug (air terjun) lainnya belum digarap optimal layaknya Curug Pelangi, keberadaan curug-curug tersebut masih belum masuk salah satu objek wisata yang diprioritaskan. Seiring dengan banyaknya yang hunting destinasi wisata alam di Bandung utara, tak menutup kemungkinan curug lainnya akan jadi trending, antara lain: Curug Layung, Curug Tilu, Curug Panganten, dan Curug Lalay. Semua curug tersebut berada dalam aliran Sungai Cimahi.

Salah satu tempat wisata yang potensial akan jadi idola adalah Curug Bugbrug. Lokasinya masih satu kawasan dengan Curug Pelangi. Lokasi objek wisata dekat Villa Istana Bunga ini berada di ketinggian 1.050 mdpl. Curug Bugbrug memiliki ketinggian kurang lebih 50 meter. Debit air curug ini tergolong tinggi hingga menimbulkan suara jatuhan 'brug.. brug.. brug'. Inilah mungkin kenapa air terjun ini dinamakan Curug Bugbrug (bahasa Sunda = bertumpuk). Adapun sungai yang menjadi aliran air dari air terjun memiliki kedalaman sekitar 3 - 4 meter.

Lokasi wisata dekat Ciwangun Indah Camp (CIC) ini cocok banget buat selfie. Di bawah curug terdapat kolam sedalam tiga meter dengan air yang cukup jernih dan dingin khas pegunungan. Lebar Curug Bugbrug ini dua meter, dengan debit air yang melimpah, apalagi saat musim penghujan. Bagi Anda yang menyukai suasana hening dan tenang, Curug Bugbrug bisa menjadi pilihan untuk tempat relaksasi sekaligus membebaskan diri sesaat dari hiruk-pikuk kesibukan sehari-hari.

Curug ini merupakan saksi bisu sejarah Bandung purba. Curug ini terbentuk dari aliran lava gunung purba yang terbentuk ribuan tahun yang lalu. Curug ini merupakan bagian patahan jalur Lembang. Untuk ke tempat ini, pengunjung disarankan hanya bermain di pinggir atau mengambil gambar di sekitaran air terjun saja. Walaupun terlihat eksotis, pusaran airnya lumayan. Pengunjung tidak disarankan ngojay (berenang) di curug ini. Untuk foto-foto bisa di batu-batu besar yang menghiasi sisi timur curug. Lokasi lainnya bisa di depan curug dimana terdapat titian dari kayu dan bambu sederhana.

Rute Menuju Curug Bugbrug
Bagi para petualang sejati, bisa mengunjungi tempat ini bareng teman-teman. Untuk yang pakai angkutan umum, bisa naik angkot ke Cisarua dari Terminal Ledeng. Adapun akses menuju Curug Bugbrug bisa dari:
1. Jalur dari Curug Cimahi yakni dengan berjalan ke arah timur dan dekat jembatan berbelok ke arah utara menyusuri jalan setapak, melewati ladang-ladang dan perkebunan selada air. Curug ini berada persis di sudut sebuah tebing patahan lembang.
2. Jalur Villa Istana Bunga, dari belakang Villa Isana Bunga jaraknya kurang lebih 300 meteran (terlebih dahulu melewati jalan besar dan setapak).
3. Jalur Komando (dekat Dusun Bambu Cisarua). Bagi yang ke sini membawa motor, titipkan saja di sini/dekat masjid. Butuh waktu sekitar 30 menit jalan kaki untuk ke lokasi Curug Bugbrug. Untuk tiket masuk, siapkan saja uang Rp. 7.500 (plus parkir motor Rp. 2.000 dan mobil Rp. 5.000). Untuk fasilitas ada saung, mushola, dan WC yang alakadarnya. Ya, memang lokasi wisata ini belum digarap secara maksimal seperti halnya Curug Pelangi.

Di musim penghujan, jalan menuju Curug Bugbrug, yang sebagian besar masih berupa tanah menjadi sangat becek dan berlumpur. Jadi, sebaiknya Anda menggunakan boot atau sendal/sepatu gunung saja jika mau berkunjung ke Curug Bugbrug di musim penghujan.

Curug Bugbrug
Jalan Kolonel Masturi, Desa Kertawangi
Kec. Cisarua, Kabupaten Bandung Barat
[lihat peta lokasi]
- Foto-foto di Curug Bugbrug lihat di sini
- Video Curug Bugbrug "My Trip My Adventure" tonton di sini