Review

Genjot Kunjungan Wisatawan, Bandung Gelar Spektaculinary Night




Bandung Spektaculinary Night

Sebagai salah  satu  kota wisata yang banyak dikunjungi, Kota Bandung  tahun ini akan semakin memperluas target wisatawan  yang akan melancong. Apabila sebelumnya wisatawan mancanegara  yang berkunjung  ke Kota Kembang sebagian besar berasal dari  Malaysia dan Singapura,  maka tahun ini Kota  Bandung  juga memancangkan target dikunjungi  wisatawan asal negara  Asia  Pasifik, Timur Tengah,  dan Amerika Latin.  Negara-negara dari  Amerika Selatan dimasukkan ke dalam daftar karena potensi wisatawan dari  kawasan tersebut selama ini kurang dioptimalkan Kota Bandung.

Oleh karena itu, Pemerintah Kota Bandung akan melakukan promosi yang masif agar wisatawan mancanegara berminat berkunjung ke kota yang dipimpin  Ridwan Kamil ini. Anggaran yang disiapkan untuk kegiatan promosi ini un tidak sedikit, sekitar Rp 10 miliar.

Salah satunya, tahun ini Pemerintah Kota Bandung melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung akan menyiapkan sejumlah program dan kegiatan berskala lokal, nasional, dan internasional. Festival  dan event kuliner akan diandalkan  Kota Bandung untuk memperkenalkan salah satu kota besar di Indonesia ini.

Spektaculinary Night
Mulai Februari ini, Pemerintah Kota Bandung akan menyelenggarakan Spektaculinary Night.  Dalam  setiap Spektaculinary Night gelarannya,  kegiatan  ini megangkat tema berbeda, sesuai dengan hari-hari besar yang sedang terjadi  ketika kegiatan berlangsung. Antara lain pada Februari 2016 ini, Spektaculinary Night bertema Imlek yang selalu didomin asi warna merah. Kemudian pada Juni nanti, Specktaculinary Night akan bertema Lebaran atau Eid Festival dan Desember akan bertema tahun baru.

Kegiatan  Specktaculinary Night ini akan diselenggarakan di enam titik,  akan diawali  dari Cibeunying Kidul pada 27 Februari 2016. Lokasi lainnya yakni Tegallega, Bojongnegara, Karees, Ujungberung, dan Gedebage. Cibeunying Kidul akan mengawali kegiatan ini, lalu disusul kegiatan serupa di tempat-tempat lainnya. Event akan diadakan tiap dua bulan sekali hingga akhir tahun.

Keseriusan Pemerintah Kota Bandung dalam menyelenggarakan Spektaculinary Night adalah mempersiapkan anggaran sebesar Rp 100 juta dengan melibatkan pihak hotel, restoran, dan sejumlah chef. Menurut Kabid Promosi Disbudpar Kota Bandung, Kenny Dewi Kaniasari pada program Bandung Menjawab di Balai Kota Bandung, Jln. Wastukancana, Kamis (18/2), target Kota Bandung tahun ini adalah 5,6 juta wisatawan berkunjung ke Kota Kembang.

Event Lainnya
Target ini realistis karena tahun sebelumnya, Kota Bandung  mampu mencapai target  5 juta wisatawan. Bila tahun lalu, target wisatawan  asing  sebanyak 500 ribu orang, maka tahun ini satu  juta wisatawan ditargetkan akan masuk Kota Bandung. Selain Spektaculinary Night, kegiatan lain yang diharapkan  bisa menjadi magnet wisatawan adalah Jambore Sepeda, Asian-African Carnival pada Mei mendatang, Konferensi  Music, hingga International Photo Competition.

Nantinya,  para wisatawan juga bisa diperkenalkan dengan objek-objek  wisata  seperti Teras Cikapundung, Gedung  Merdeka,  taman tematik, dan bangunan-bangunan heritage lainnya. Atau bisa  juga dibawa ke daerah-daerah luar Kota Bandung yang sering dikunjungi, seperti Lembang dan lokasi lainnya di Kab. Bandung Barat.