Review

Genjot Pariwisata, Pihak Bandara Husein Minta Tambah Rute Penerbangan Baru




Bandara Husein Sastranegara Baru

Di zaman modern ini, bandar udara atau bandara tak bisa dipungkiri merupakan pintu gerbang masuk ke suatu negara. Oleh karena itu, tak heran bila setiap negara berlomba-lomba membangun bandaranya sebesar dan secantik mungkin karena itu merupakan pemandangan pertama yang dilihat orang-orang asing ketika datang ke suatu negara. Bila kesan pertama yang terlihat itu baik, tentu hal itulah yang diharapkan terus terpatri di benak para wisatawan.

Demikian pula dengan Bandara Husein Sastranegara Kota Bandung yang dibenahi dan diperluas sejak 29 September 2014 dan diperkirakan selesai Maret 2016, agar semakin cantik dan mampu menampung lebih banyak penumpang. Dengan perluasan ini, nantinya Bandara Husein Sastranegara akan mampu menampung 3,4 juta per tahun.

Seiring dengan perluasan area bandara dan untuk mewujudkan jumlah penumpang hingga 3 juta orang per tahun, pihak berwenang di Bandara Husein Sastranegara meminta sepuluh maskapai di bandara kebanggaan warga Kota Bandung ini untuk membuka penerbangan baru ke luar negeri.

Hal itu diungkapkan GM PT Angkasa Pura II Bandara Husein Sastranegara Bandung, Dorman Manalu, Kamis (4/2/2016). Menurut Dorman, pihaknya sudah menyampaikan permintaan itu kepada semua maskapai di Bandara Husein Sastranegara melalui surat, dan mereka sudah menyampaikan ketertarikannya. Namun, hingga saat ini pihak maskapai masih mempertimbangkannya.

Pembukaan rute penerbangan ke beberapa kota di luar negeri sangat mungkin dilakukan. Hal itu pun semakin potensial untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Kota Kembang sehingga akan sangat menguntungkan secara ekonomis.

Jalur Penerbangan ke Thailand
Salah satu negara yang dibidik untuk membuka jalur penerbangan baru ini adalah Thailand. Seperti sudah diketahui, Thailand adalah salah satu negara di Asia Tenggara yang tingkat kunjungan wisatanya sangat tinggi. Turis asing dari banyak negara senang menghabiskan waktu atau berlibur di Negeri Gajah putih ini.

Dorman mengatakan, dengan adanya penerbangan dari Bandung menuju Thailand dan sebaliknya, akan membuka peluang wisatawan asing dari Thailand juga mengunjungi Kota Bandung. Apalagi seperti kota-kota di Thailand, Bandung merupakan salah satu destinasi wisata favorit. Menurutnya, wisatawan Eropa yang sedang berlibur ke Thailand, bisa tertarik datang ke Bandung bila ada rute Bandung-Thailand.

Pihak Angkasa Pura sangat beralasan dengan pembukaan penerbangan baru dari Bandara Husein Sastranegara. Apalagi setelah perluasan terminal, akan semakin banyak penumpang yang bisa ditampung. Bandara Husein Sastranegara saat ini masih memiliki slot yang dapat melayani sepuluh pasang penerbangan tambahan dalam satu hari.

Sekitar 100 hingga 110 penerbangan dapat dilayani Bandara Husein Sastranegara dalam satu hari. Sementara saat ini baru ada 80 penerbangan komersial dan 10 slot penerbangan untuk lanud.  Jadi masih ada slot sekitar sepuluh pasang penerbangan untuk jalur baru.

Masih memungkinkannya penambahan rute penerbangan di Bandara Husein Sastranegara tentu saja perlu dimanfaatkan sebaik-baiknya. Apalagi bila hal itu akan semakin menyegarkan atmosfer wisata di Kota Bandung dan sekitarnya. Akan sangat sayang sekali bila peluang itu dibuang begitu saja dan justru diambil negara lain.