Review

Kemeriahan Reuni Akbar Fakultas Sastra Unpad 2016




Reuni Akbar Alumni Sastra Unpad 2016

Sabtu, 6 Februari 2016, area kampus Fakultas Sastra Unpad, Jatinangor ramai didatangi para alumni. Fakultas yang kini berubah menjadi Fakultas Ilmu Budaya Unpad tersebut memang sedang menggelar acara reuni akbar. Para alumni dari angkatan jadul sampai angkatan '2000-an tumpah ruah di kampus yang dikenal dengan "kampus biru" ini. Reuni Akbar kali ini mempertemukan alumni Fakultas Sastra Unpad "Pantai Sastra" saat masih di Dipatiukur‎ juga alumnus Fakultas Sastra "Anak Gunung" saat sudah di Jatinangor.

Beberapa spot di area ajang reuni ini diisi oleh ragam kegiatan. Tentunya juga mereka anjangsana sesama teman seangkatan juga para junior dan senior. Acara juga diisi dengan pembentukan Carier Development Center (CDC), pameran buku, museum Sadaya, pemutaran film, hingga penampilan Orkes Km 21,5, Sastra All Star, Bintang Kehidupan, dan De Galih n Folks. Pada event ini, tampak hadir pula Gol A Gong, penulis novel berseri Balada Si Roy.

Hadirnya Bus Damri
Para alumni pertama masuk area langsung melakukan pendaftaran di lapangan parkir Gedung B. Mereka mengisi formulir biodata; mendapatkan pin dan stiker identitas nama dan tahun angkatan; serta langsung melakukan pencoblosan untuk pemilihan ketua IKA Sastra Unpad. Di area parkiran  ini tersedia juga photo booth dengan background reuni Fakultas Sastra. Beranjak ke arah halaman parkir Gedung Dekanat, di sana berjejer stand-stand dari setiap jurusan. Di dekat area Gedung Pusat Studi Bahasa Jepang (PSBJ), para alumni pun seakan membangkitkan kenangan akan masa-masa kuliah. Dimana di tempat ini sengaja dipajang bus Damri. Bus Damri memang menjadi salah satu "saksi" perjuangan para alumni jaman baheula dimana banyak kisah tersendiri selama naik bus ini.

Beberapa titik seperti di area depan perpustakaan, Gedung C, dekat tangga Gedung Dekanat, juga area PSBJ tampak beberapa alumni bergerombol. Bahkan di dekat "pangkalan" Damri menjadi area pembacaan puisi. Di sekitaran, suasana kekeluargaan begitu terasa. Maklum saja berbagai angkatan, jurusan, juga program (S1, S2, Ektensi, dan D3) hari itu berkumpul di area kampus yang dulu tempat mereka menimba ilmu.

Blue Stage Fakultas Sastra Unpad
Salah satu spot yang menjadi pusat acara adalah di Blue Stage, sebuah panggung amphitheather yang biasa dipakai untuk ajang pertunjukan para mahasiswa Fakultas Sastra Unpad. Tempat ini pula yang menjadi kenangan tersendiri bagi para mahasiswa yang pernah merasakan atmosfer di kuliah di Fakultas Sastra. Salah satu gelaran rutin yang kerap diadakan di sini adalah event Hari-Hari Sastra (H2S). Namun hari itu, panggung ini tampak lain. Joe P Project dan Oni SOS menghangatkan suasana.

Keduanya menjadi pembawa acara (MC). Keduanya merupakan alumni Fakultas Sastra Unpad. Joe adalah alumni Jurusan Sejarah dan Oni SOS alumni Jurusan Dokumentasi Budaya (Dokbud). Paduan kekocakan keduanya mampu membuat para alumni terpingkal-pingkal. Belum lagi dengan ragam pengisi acara yang hadir memeriahkan reuni akbar ini. Para penampil unjuk kebolehan dari sajian musik Blue Hikers, Nasyid Mupla, hingga pertunjukan Teater Djati. Bahkan para dosen pun yang sama-sama alumni beberapa di antaranya turut menjadi pengisi acara. Acara lainnya yang digelar adalah penghargaan lifetime achievement kepada para dosen purnabakti.

Kolaborasi Personel Band Terkenal
Sore hari, walau gerimis sempat turun, acara yang ditunggu-tunggu menyedot perhatian penonton. Penampilan group band Alumnsi Sastra Unpad membuat area Blue Stage langsung penuh. Kehadiran kolaborasi Arief Pure Saturday, Trisno Pas Band,  dan Magi /rif menjadi magnet tersendiri dalam acara ini. Dengan sistem saling mengisi, mereka begitu asyik menyajikan pertunjukan musik berkelas. Joe P Project menjadi vokalis utama yang bikin suasana makin meriah dengan improvisasinya.

Namun Arief Pure Saturday yang berposisi memainkan gitar pun malah sesekali jadi vokalis. Begitu pula rotasi dilakukan pada yang lainnya, Trisno Pas Band pun bermain bergantian dengan Noey Java Jive. Malah Magi RIF yang kebagian menyanyikan lagu "Radja" pun turun dari posisinya sebagai drummer dan menjadi vokalis dadakan. Adik Andy /RIF ini posisinya digantikan dulu oleh salah satu dosen Sastra, Rasus Budhyono. Bukan hanya itu, Joe pun tak segan menarik para penonton untuk mengisi posisi vokal. Maka, lagu "Sweet Child O' Mine", "Friday I'm in Love", "Honky Tonk Women", "Enter Sandman", "Kesepian Kita", "Radja", hingga lagu parodi "Lampu Neon" dari P Project sukses menggetarkan Blue Stage. Penonton gembira dan berjingkrak bersama dalam kemeriahan reuni kali ini.

Pada event kalin ini juga diadakan pemilihan Ketua Ikatan Alumni Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Unpad. Calon yang bersaing dalam pemilihan ketua IKA kali ini Iwan Gunawan dan Ardhi Lufti Siregar. Iw‎an Gunawan ialah alumnus Jurusan Sastra Indonesia dan aktif sebagai pengurus Kadin Jabar. Sedangkan Ardhi Lufti Siregar adalah alumnus Sastra Rusia, aktif sebagai Chief HRO PRT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia. Ardhi Lufti Siregar.Ardhi mengumpulkan 657 suara dan Iwan meraup 461 suara. Ardhi pun didapuk sebagai Ketua IKA Sadaya periode 2016 - 2020.

Info lainnya:
- Foto-foto reuni lihat di sini 
- Video-video kegiatan reuni tonton di sini
- Official Website: www.alumnisastra.or.id