Review

Kerja Sama Pemkot Bandung dan Facebook untuk Memajukan UMKM





Sebagai kota yang terus berkembang, Bandung menyimpan potensi pertumbuhan ekonomi masyarakat yang salah satunya dari Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Para pelaku ekonomi berbasis kemasyarakatan ini terdiri dari berbagai bidang. Untuk itu perlu adanya pembinaan juga pengembangan dari berbagai pihak. Salah satu pemberdayaan yang dilakukan adalah dengan jaringan global. Tak tanggung-tanggung, Pemkot Bandung menjalin kerja sama dengan salah satu raksasa media sosial, Facebook bertajuk "Boost Your Business".

Potensi UMKM Bandung memang sudah dikenal hingga mancanegara. Salah satunya dari perkembangan ekonomi kreatif. UMKM Bandung telah menjadi kiblat dalam urusan produk-produk berbasis ekonomi kerakyatan. Hal itu contohnya produk fashion (kaos, topi, jaket, sepatu), produk kuliner, dan produk lainnya.

Bertempat di pendopo Kota Bandung pada Minggu, 14 Februari 2016, ada 300 pelaku usaha usaha mikro kecil menengah (UMKM) hadir untuk mengikuti pelatihan pengembangan usaha. Inilah kerja sama antara Pemerintah Kota Bandung dengan perusahaan media sosial, Facebook.

Adapun UMKM yang telah dipilih dari multi sektor tersebut diprogramkan akan memperoleh pelatihan kewirausahaan selama satu tahun. Adapun peran situs media sosial tersebut nantinya akan membantu para pelaku UMKM di Bandung untuk mempromosikan dan memasarkan produk-produknya hingga level global.. 

"Melalui pelatihan ini, UMKM Kota Bandung dapat semakin berkembang. Apalagi pada era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) saat ini. Saya sangat bahagia kita dipilih Facebook untuk mengembangkan platform ini.  UMKM yang terkumpul dalam satu sistem dan ini jadi satu pintu gerbang bahwa kami siap bersaing dengan MEA," demikian kata pria yang akrab disebut Kang Emil ini.

Dengan adanya pelatihan, para pelaku UMKM diarahkan untuk lebih melek dunia online sekaligus mampu menjadikan media online tersebut sebagai media promosi dan marketing. Untuk itu, pihak Facebook sendiri akan menyediakan page khusus untuk memasarkan produk-produk dari UMKM Bandung. Ini dilatarbelakangi dengan semakin pesatnya perkembangan media online sebagai sarana komunikasi dan interaksi antara produsen dan calon konsumen dalam ranah dunia global. Untuk itulah, sudah saatnya produk-produk UMKM dari Bandung bisa lebih dikenal di dunia internasional.

"Bisnis sendiri apa perlu online atau tidak itu pilihan, tapi di Facebook peluang bisnis sangat terbuka. Lebih berhasil dan lebih kreatif dalam memaksimalkan Facebook," ujar Head of Economic Growth Initiatives, APAC for Facebook, Clair Deevy.

Adapun tujuan dari kerja sama antara Pemerintah Kota Bandung dan Facebook ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pelaku bisnis lokal untuk bersaing dengan produk dari luar negeri yang mulai masuk ke dalam negeri seiring pelaksanaan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA

Dalam hal ini, pihak Facebook akan membantu UMKM Kota Bandung mencapai kesuksesan. Ia melihat peluang sangat terbuka bagi kemajuan UMKM Bandung melalui media sosial Facebook. Sebelumnya 2015 lalu juga pernah diluncurkan di Jakarta, program "Boost Your Business" atau "Tingkatkan Bisnis Anda" yang diselenggarakan oleh Facebook.

Melalui program pelatihan antara pelaku UMKM dan Facebook tersebut, mereka dapat berinteraksi dengan sesama pelaku UKM dan ahli dari Facebook untuk belajar berbagi pengalaman seputar berbisnis online. Selain itu, terdapat juga sesi pelatihan yang meliputi bagaimana membangun bisnis online secara gratis, menggunakan platform mobile secara efektif, menjangkau konsumen internasional, dan meningkatkan brand secara online.

Sejauh ini, program tersebut dikatakan telah memberikan pelatihan kepada lebih dari 350 UKM di Indonesia ini dirancang untuk membantu bisnis di Indonesia dengan pengetahuan, keahlian, dan teknologi yang dibutuhkan untuk mengembangkan bisnis mereka dalam ekonomi global saat ini.