Review

Pedestrian Keren dan Nyaman Segera Hiasi Jalan Kota Bandung




Trotoar di Bandung

Setelah tahun lalu membangun sejumlah taman tematik yang berhasil menyedot perhatian masyarakat, maka pada tahun 2016 ini, Pemerintah Kota Bandung di bawah kepemimpinan Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil akan melakukan gebrakan baru, yaitu pedestrianisasi, alias pembangunan sejumlah pedestrian. Hal itu diungkapkan orang  nomor satu di Kota Kembang ini di Pendopo Kota Bandung, Jl. Dalem Kaum, Rabu (3/2/2016).

Emil  memastikan  trotoar  di beberapa jalan Kota  Bandung  akan menjadi pedestrian yang keren dan nyaman bagi para pejalan  kaki. Karena  itu, Pemerintah Kota Bandung pun menganggarkan dana yang cukup  lumayan,  Rp 200 miliar untuk membangun  pedestrian  dalam skala  besar ini. Dari jumlah itu, sekitar Rp 150 miliar  berasal dari  Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota  Bandung 2016,  sedangkan sisanya, Rp 50 miliar ditanggung Pemerinta  Provinsi Jawa Barat.

Lokasi Pembenahan Pedestrian
Jalan-jalan yang masuk ke dalam daftar pedestrianisasi ini adalah Jl.  Ir. H. Djuanda mulai dari Jl. Merdeka hingga  Simpang  Dago. Lalu  Jl. Sudirman mulai dari Jl. Asia Afrika hingga Jamika,  Jl. Cibadak,  Jln. Buahbatu, lanjutan Jl. Ibrahim Adjie,  Jl.  Ahmad Yani, Jl. Dipati Ukur, lanjutan Jl. Martadinata dari Taman Pramuka hingga Jl. Ahmad Yani, Jln. Kopo mulai jembatan tol sampai Jl. Soekarno-Hatta.

Selain membangun pedestrian yang baru, Pemerintah Kota Bandung pun akan menyempurnakan pedestrian Jl. Dalem Kaum  agar  semakin indah dan nyaman bagi warga yang hendak jalan-jalan. Emil menyatakan  akan ada air mancur, bangku-bangku, dan fasilitas  lainnya untuk memanjakan para pejalan kaki di jalan ini.

Menurut Emil, Jl. Dalem Kaum diperindah karena dulu belum selesai untuk  mengejar Konferensi Asia Afrika. Karena itu, dalam  pedestrianisasi  kali ini ia memasukkan kembali Jl. Dalem  Kaum untuk dibenahi. Sementara di Jl. Ahmad Yani, disebut Emil akan berbarengan dengan revitalisasi  Pasar  Kosambi yang akan  diarahkan  menjadi  pasar tematik.  Ia pun akan menyentuh trotoar di Jl. Buahbatu dan  Jl. Dipati Ukur  yang  semrawut. Emil pun  berjanji  akan  menyentuh daerah timur dengan akan membangun fly over Cibiru.

Inovasi  lain  yang akan dibuat Emil di Kota  Bandung  tahun  ini adalah menjadikan Jl. Cibadak sebagai area culinary night  secara permanen.  Siang hari jalan ini akan tetap dilewati  arus kendaraan,  namun pada malam hari berubah menjadi tempat kongkow  para  penggila  kuliner untuk memanjakan lidah. Jadi,  para wisatawan yang  penasaran ingin mencicipi kuliner kota Bandung yang  sudah terkenal, bisa menjadikan jalan ini sebagai salah satu  destinasi wisata makanan.