Review

Wisata Touring ke Pantai Rancabuaya Melalui Jalur Alternatif Perkebunan Teh Cukul, Pangalengan




Perkebunan Teh Cukul Pangalengan

Saat liburan kuliah atau sekolah, salah satunya bisa diisi dengan touring bareng teman-teman. Anda bisa ngabring (konvoi) menggunakan sepeda motor dan menjajal perjalanan untuk menikmati aneka tempat wisata. Salah satu jalur wisata yang kini menjadi trending adalah Perkebunan Teh Cukul di Pangalengan, Bandung selatan. Tempat ini bisa menjadi jalur alternatif bagi yang ingin berwisata ke Pantai Rancabuaya atau Pantai Santolo di Garut. Dibandingkan dengan menggunakan jalur biasa ke Garut, rute ini menjadi favorit karena lebih dekat dan bebas hambatan. Lebih dari itu, ke Pantai Rancabuaya via Pangalengan hanya berjarak kurang lebih 80 km. Selain pakai motor, bisa juga bareng-bareng menggunakan mobil. Untuk lamanya perjalanan kira-kira lebih dari dua jam.

Pesona keindahan Perkebunan Teh Cukul, Pangalengan menjadi objek wisata di Bandung selatan yang kini banyak diburu. Hawa di sini masih sejuk dengan pesona keindahan alam perkebunan teh yang terhampar luas. Kehijauan akan menjadi area pandang yang sangat bagus untuk pengambilan gambar. Bukan hanya itu, jalan aspal yang dilalui pun terhitung mulus dan sepi. Ya, yang lewat jalan ini biasanya hanya penduduk setempat atau para wisatawan yang mengambil jalur alternatif ini. 

Rute ke Perkebunan Teh Cukul Pangalengan
Jika Anda dan kawan-kawan berencana touring ke daerah wisata Pantai Rancabuaya, Garut, bisa mengambil rute dari Bandung masuk Jalan Terusan Buah Batu (Jln. Bojongsoang), ambil ke Dayeuhkolot terus ke Banjaran. Dari Banjaran ambil ke jalan arah Pangalengan (Situ Cileunca). Nah, di perbatasan Pangalengan dan Garut ini letaknya Perkebunan Teh Cukul, tepatnya dari Pangalengan belok kanan ke arah Situ Cisanti, lalu ikuti jalan sampai ke Perkebunan Teh Cukul. Sementara jika langsung melanjutkan perjalanan dari perkebunan teh ini, Anda akan memasuki wilayah Garut, tepatnya rute Cisewu - Rancabuaya - Santolo - Pameungpeuk. Tentunya ini akan menjadi pengalaman tersendiri bagi Anda yang merencanakan wisata sambil touring bareng teman-teman.

Namun yang pasti, siapkan kondisi fisik dan mental Anda. Termasuk juga cara Anda berkendara yang safety. Ya, walaupun jalan di Pangalengan ini lengang dan mulus namun Anda tetap dituntut ekstra hati-hati. Hal ini dikarenakan jalannya yang berbelok-belok dan naik-turun, kadang juga berkabut, dan memancing pengendara untuk manuver dan menggeber kendaraannya. Persiapan lainnya adalah kendaraan yang layak; bahan bakar yang cukup;  hingga persiapan kalau saja ban motor Anda kempes. Jalur jalan di Perkebunan Teh Cukul pun ada titik rawan longsor. Ini yang menuntut Anda dan kawan-kawan untuk lebih hati-hati. Namun kini titik longsor tersebut sudah dibenahi.

Untuk perjalanan, bawa santai saja sambil menikmati pemandangan alam tiada duanya di kawasan Pangalengan ini. Di sepanjang perjalanan pun bisa berhenti sejenak untuk ngopi bareng di warung-warung yang ada pinggir jalan. Hal lainnya, untuk bisa menikmati perjalanan touring Anda, sebaiknya susun jadwal (misalnya perjalanan dua hari). Jadi, Anda bisa menikmati perjalanan wisata ke berbagai lokasi, baik di Pangalengan maupun di Garut. Selepas berwisata pantai di Garut selatan, pulangnya Anda bisa mengambil jalur ke Pangalengan lagi atau lewat biasa ke Garut kota - Nagreg - Cileunyi - Bandung.

Pesona Keindahan Pangalengan
Pangalengan merupakan daerah penghasil susu sapi. Peternakan dan pengolahan susu di daerah Pangalengan dan daerah Bandung Selatan lainnya dikelola oleh Koperasi Peternakan Bandung Selatan Pangalengan (KPBS Pangalengan). Anda bisa membeli aneka produk olahan susu di sini (susu cup/kemasan, permen susu, kerupuk susu, dsb.) Seperti diungkap sebelumnya, bahwa perjalanan melintasi Pangalengan ke Garut ini lebih baik lebih dari satu hari.

Sebelum ke Perkebunan Teh Cukul, Anda dan kawan-kawan terlebih dahulu bisa menikmati wisata Situ Cileunca. Anda bisa rehat sebentar di sini untuk mengisi perut atau bisa saja berkemah atau wisata rafting di sekitaran Situ Cileunca. Di Situ Cileunca pula, Anda bisa menikmati keindahan danau ini yang menyajikan pesona alam ala Bandung selatan. Tempatnya pun menyajikan suasana romantis, apalagi jika Anda berjalan-jalan di Jembatan Cinta.

Anda bisa juga mencoba naik perahu sewa, memancing, atau melihat bangkai perahu besi. Perahu yang memiliki panjang 2,8 meter, lebar 1,8 meter dan berat sekitar 500 kilogram tersebut, ditemukan sekitar 50 meter dari tower buka tutup air Situ Cileunca di sebelah utara pada 19 November 2015 lalu. Anda bisa berfoto dengan bangkai perahu peninggalan zaman kolonial ini di Camping Ground Citere yang masih berlokasi di area Situ Cileunca.

Setelah dari Situ Cileunca, perjalanan bisa dilanjutkan ke Perkebunan Teh Cukul. Perkebunan teh ini berada di ketinggian sekitar 1600 mdpl. Jadi, Anda diwajibkan pakai jaket tebal. Hawanya lumayan tiris pisan. Anda bisa meminggirkan motor untuk berfoto-foto mengabadikan keindahan alam pegunungan khas Bandung selatan. Di sini pun Anda bisa mengunjungi Situ Cukul atau ke villa gaya Eropa. Villa ini telah dipugar setelah mengalami kerusakan berat akibat gempa tahun 2009. Sekarang villa tersebut dimiliki oleh salah satu perusahaan teh.

- Foto-foto di Perkebunan Teh Cukul lihat di sini
- Video touring via jalur Perkebunan Teh Cukul tonton di sini