Review

15 Proyek Keren Tahun 2016 yang Membuat Emil Betah di Bandung




Proyek Ridwan Kamil 2016

Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil menyatakan, tahun ini ia sangat bersemangat karena banyak urusan Kota Bandung yang  keren-keren. Hal itu dikatakan Emil di Pendopo Kota Bandung, Jl. Dalem Kaum, Selasa  (15/3/2016), menyinggung 15 proyek inovasi  infrastruktur yang akan dilaksanakan di Kota Bandung. Dan, semua proyek itu akan dikawal oleh Wali Kota.

Menurut  Emil, proyek yang paling rumit adalah pembangunan  light rapid transportation  (LRT) dan cable car. Setelah pengumuman pemenang lelang pada Juni 2016 ini, Emil menyatakan akan terus mengawal  proye  ini. Disusul dengan Trans Metro  Bandung  (TMB) yang akan menghadirkan bus listrik.

Proyek lainnya adalah Creative Center di Jl. Laswi, innovation center di Jln. Anyer, innovation center di gedung Perusahaan Gas Negara (PGN) Jl. Braga. Dengan  proyek creative center dan innovation center, kata  Wali  Kota, akan berkumpul banyak orang kreatif yang akan melahirkan produk-produk kreatif.

Pemerintah Kota Bandung tahun ini juga menggenjot revitalisasi empat  pasa  tradisional, yaitu Pasar Cijerah, Pasar Sarijadi, Pasar Kosambi, dan Pasar Sukajadi. Emil menargetkan revitalisasi yang dananya ditanggung PD Pasar tersebut beres tahun ini juga.

Untuk mengatasi masalah banjir yang pada musim hujan ini melanda beberapa tempat di Kota Bandung, Pemerintah Kota Bandung saat ini sedang  malakukan  tahap lelang proyek pembangunan reservoir di daerah Gedebage. Dengan dana sekitar Rp 40 miliar hingga Rp 60 miliar, reservoir ini nantinya akan menjadi  tempat  penampungan air pada musim hujan.

Pemerintah kota Bandung juga akan menuntaskan pembangunan  pedestrian di sepuluh jalan, yaitu di Jl. Kopo, Cibaduyut, Buahbatu, Oto Iskandar Di Nata, Cibadak, Ahmad Yani, Dago, dan Dipati Ukur. Pedestrian-pedestrian  itu  nantinya menggunakan trotoar  dari granit dan beton berpola.

Melanjutkan sukses sebelumnya, tahun ini  Pemkot Bandung akan menggelar proyek Teras Cikapundung jilid dua dengan  memperpanjangnya  hingga  Sasana Budaya Ganesha (Sabuga). Lokasi  lainnya akan dipilih antara Pasirluyu, Cidurian, atau Babakan Dese.

Emil juga mengungkapkan renovasi kawasan Tegallega, Babakan Siliwangi, Taman Maluku, Gasmin Antapani, dan dimulainya pembangunan  Destinasi Budaya Sunda Kaulinan Cai di daerah Pasirkunci atau Pasanggrahan.

Emil pun menyebutkan akan dilakukannya pengumuman lelang gedung parkir di Gelap Nyawang yang menggunakan eskalator, lelang bike sharing dengan menggunakan docking, dan lelang Apartemen Rancacili. Ia menargetkan semua tuntas pada saat hari jadi Kota Bandung, sekitar Agustus atau September. Kalaupun agak molor, Emil  menyebut Desember sesuai tahun anggaran semuanya sudah hadir.

Semua kesibukan dan urusan keren-keren inilah, ungkap Emil, yang membuatnya enggan meninggalkan Kota Bandung.