Review

Inilah Wajah Baru Bandara Husein Sastranegara, Bandung




Tampilan terbaru Bandara Husein Sastranegara

"Bandara  Bandung yang baru. Seperti Chelsea Islan.  Mungil  tapi nyeni."
Itulah postingan Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil dalam akun Facebooknya, Rabu (30/3/2016). Postingan itu tentu saja merujukkepada terminal baru di Bandara Internasional Husein Sastranegara yang rampung dibangun.

Terminal baru yang akan diresmikan pada Jumat (1/4/2016) ini dibangun untuk menampung para penumpang di Bandara Husein Sastranegara yang semakin membeludak. Seperti kata Emil dalam postingannya, Bandara Husein memang mungil, tapi setelah dibangun kini menjadi bandara yang "camperenik" dan unik.

Ciri Khas Sunda
Sebagai seorang arsitek, Emil pun turut berperan dalam  mendesain bandara  ini.  Sejak  awal ia memang  ingin menampilkan Bandara Husein berbeda dengan bandara lainnya di Indonesia, namun tetap menampilkan  ciri  khas kesundaan. Tak mengherankan para calon penumpang pesawat di bandara ini akan melihat ciri khas  bangunan Sunda yang disebut "julang ngapak" dan pada tiang penyangga atap, ada aksen dengan bentuk senjata khas masyarakat Tatar  Parahyangan, yaitu kujang.

Galeri Seni
Kecantikan lain pada terminal baru ini adalah bertebarannya karya seni di setiap bagian dindingnya. Untuk semester ini Bandara Husein akan menampilkan lukisan karya seniman John Martono.  Hal ini sesuai dengan keinginan Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, yang  sebelumnya menyatakan Bandara Husein Sastranegara harus tampil bak galeri.

Dan uniknya, setiap karya seni ini bisa dibeli siapa pun yang menyukainya, sehingga bisa menghasilkan keuntungan tambahan. Emil pun meminta karya seni itu diganti setiap tiga bulan sehingga penumpang tidak bosan.

Di ruang tunggu, para penumpang dipastikan tidak akan jenuh menanti kedatangan pesawat karena  tersedia  kursi-kursi  yang didesain khusus, sehingga bisa dijadikan tempat untuk rebahan dan rileks sebentar sebelum bepergian. Di lantai dua, ruang tunggu boarding selain tersedia kursi-kursi yang nyaman juga terdapat satu box berwarna orange sebagai tempat untuk mengisi baterai ponsel.

Pembenahan juga terlihat pada toilet, tempat sampah, hingga penyediaan arena bermain anak. Untuk belanja pengunjung ada tenant-tenant, dari tenant pakaian hingga kuliner. Bahkan, bagi yang senang selfie atau wefie di sini pun telah disediakan spot khusus.

Terminal baru Bandara Husein Sastranegara yang luasnya 17  ribu meter  persegi  ini dibangun dengan biaya Rp 174 miliar ini dan digadang-gadang bisa menampung 3 juta orang setiap tahun. Sebagai pintu gerbang  ke wilayah Bandung Raya, bandara  ini  diharapkan semaikn diminati wisatawan sehingga sektor pariwisata  di  Kota Bandung lebih bergeliat lagi.

Bandara Husein Sastranegara
Jln. Pajajaran No. 156, Husein Sastranegara, Cicendo, Bandung, Jawa Barat, Indonesia
[Lihat peta lokasi]
Webiste: http://huseinsastranegara-airport.co.id
Telp: +6222500138
Email: contact.center@angkasapura2.co.id

Office PT Angkasa Pura IILantai 3 Bandara Husein Sastranegara - Bandung
Telp: 022-6033971
Fax: 022-6033971
Email: bdo_ap2@angkasapura2.co.id