Review

Kualitas dan Keunikan Desain Karpet Buatan Cilame, Kab. Bandung Barat




Pabrik Karpet CIlame Ngamprah Kabupaten Bandung Barat

Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) digadang-gadang bakal memunculkan sengitnya persaingan produk. Kesiapan dari produk lokal pun patut menjadi hal penting dalam menghadapi era pasar bebas di Asean ini. Namun, untuk karpet buatan Desa Cilame, Kec. Ngamprah, Kab. Bandung Barat rasanya sudah siap untuk kondisi persaingan usaha tersebut. Adalah  PT Opus Mekar Indah (OMI) di Desa Cilame RT 02 RW 06, Kecamatan Ngamprah yang lama dikenal sebagai pembuat karpet berkualitas.

Awalnya, perusahaan ini membuka pabrik di kawasan Bekasi. Bertahun-tahun proses produksi dilaksanakan di sana, kemudian memilih untuk membuka pabrik di kawasan Bandung. Pertama pindah ke Bandung, yakni di Padalarang lalu pindah ke Cilame. Dipilih lokasi di Bandung karena hampir semua bahan baku didapat dari Bandung. Mulai kanvas, leno, benang, hingga lateks didapat di Bandung. Adapun di Bekasi dijadikan kantor pemasaran.

Produksi karpet dari PT OMI ini memiliki kualitas terbaik. Tak hanya dikirim untuk hotel, kantor pemerintahan dan Istana Negara, tapi juga dikirim ke berbagai kabupaten/kota di Indonesia mulai dari Yogyakarta, Jambi, Solok Sumatera Barat, Aceh, Semarang, Pati, Cilacap, Lombok, Ternate, Tidore hingga Sorong Papua. Kelebihan produk karpet di sini yakni memiliki bahan yang halus dan tebal. Bahkan, karpet yang diproduksi di sini sudah melalui tahap uji coba oleh Balai Besar Tekstil yang merupakan lembaga pemerintah dalam menguji kualitas bahan karpet.

Hasil produksinya dipesan para pengurus masjid, hotel-hotel bintang lima, hingga lembaga-lembaga dan kantor pemerintahan. Bahkan pada Januari lalu, red carpet pesanan Presiden Jokowi pun dikirim ke Istana Negara, Jakarta. Karpet harga yang dijual  di sini sebanding dengan kualitasnya. Karpet di sini dijual mulai dari Rp 500 ribu per meter hingga jutaan bergantung keinginan pemesan. Salah satu inovasi dari produk PT OMI adalah karpet dengan desain motif batik.

Proses pembuatan karpet di sini dengan cara handmade tufting (manual tangan dengan bantuan alat rajut tufting). Adapun secara umum proses membuat karpet itu ada beberapa cara. Pertama, dengan cara handmade (manual tangan), handmade tufting (manual tangan dengan bantuan alat rajut tufting), custom (merujuk pada ukuran dan pesanan dengan model bebas yang dikerjakan dengan tangan dan alat perajut tufting) dan menggunakan khusus mesin.

PT Opus Mekar Indah
Jln. Cibatu RT 02 RW 06 Cilame, Ngamprah
Kab. Bandung Barat
Telepon Marketing: 0853 1818 8489