Review

Pemkot Rancang Peringatan Bandung Lautan Api Tahun Ini Lebih Meriah




Peringatan Bandung Lautan Api Maret 2016

"Melalui Peringatan Peristiwa Bandung Lautan Api ke-70 Kita Kobarkan Semangat Juang untuk Membangun Bandung Smart City menuju Kota Juara yang Unggul Aman dan Sejahtera". Itulah tema yang akan diangkat pada peringatan peristiwa Bandung Lautan Api (BLA),  24 Maret  2016 mendatang. Melalui tema ini, Pemerintah Kota Bandung bertekad memperingati peristiwa bersejarah di Kota Kembang ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

Melibatkan Ribuan Peserta
Sekitar 7.000 orang  akan dilibatkan  pada  peringatan Bandung Lautan Api yang akan dipusatkan di Taman Tegallega, Kel. Ciateul, Kec. Regol, Kota Bandung ini. Para peserta berasal dari  berbagai kalangan, antara lain pelajar, karang taruna, dan berbagai  komunitas.

Menurut Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Kota  Bandung, Tatang  Muchtar,  dalam suatu kesempatan,  beberapa  waktu  lalu, Pemerintah  Kota Bandung ingin menghadirkan peringatan tahun  ini lebih  meriah dan lebih baik. Oleh karena itu, tahun ini  peserta yang dilibatkan dipastikan akan lebih banyak.

Diharapkan selain menjadi peringatan tentang pengorbanan warga Bandung pada masa perjuangan  kemerdekaan,  peringatan Bandung Lautan Api yang lebih meriah pun bisa menarik wisatawan ke  Kota Bandung untuk menikmati berbagai acara yang telah disiapkan. Apalagi persiapan panitia untuk menyelenggarakan  kegiatan  ini sudah mencapai 80 persen.

Rute Pawai Obor Peringatan BLA ke-70
Kegiatan yang akan digelar antara lain upacara peringatan Bandung Lautan Api dan pawai obor yang akan menempuh rute Lapangan Tegallega - Mohamad Toha - BKR - Mohamad Ramdan - Karapitan - Asia Afrika - Cikapundung - Braga - Suniaraja - Viaduct - Wastukancana - Balai Kota Bandung.

Pemerintah Kota Bandung saat ini sedang menyiapkan acara yang didanai APBD Kota Bandung ini agar lebih baik  dari  tahun-tahun sebelumnya. Salah satunya yang paling menarik dari kegiatan  ini adalah  pawai obor.

Dengan  pengemasan yang lebih baik, acara ini diharapkan  menjadi salah  satu item kepariwisataan seperti Konferensi Asia Afrika. Peringatan Bandung Lautan Api yang susunan kepanitiaannya ditangani semua  unsur  satuan kerja perangkat daerah ini ke depan diharapkan menjadi agenda resmi kepariwisataan. Kalau  sudah begitu,  nantinya pengelolaan akan diambil alih oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung.